Sunday 4 October 2015

Tips Memilih Kursus Sesuai Karakter

 
Pernahkah Anda sebagai orang tua merasa bingung memilihkan jenis kursus yang cocok untuk  buah hati Anda ? Jika pernah, ada baiknya Anda mempertimbangkan dulu keseuaian antara karakter si anak dengan jenis kursus yang akan diberikan kepadanya. Hal ini bertujuan agar materi dalam kursus benar-benar membantu pengembangan diri si anak secara optimal.

Nah, berikut ini saya akan coba berikan tips dalam menentukan jenis kursus yang sesuai dengan karakter dan sifat anak. 




1. Anak yang bersifat Egois
  • Cirinya: Semua yang ia kerjakan hanya berfokus dan bertujuan kepada dirinya sendiri atau mengutamakan kepentingan dirinya.
  • Kursus yang sesuai: Kursus yang dapat melibatkan perasaannya, seperti olah raga tim (sepak bola, basket, volley ball dan sebagainya) yang bertujuan mengajari si anak untuk berbagi dan bekerjasama untuk kemenangan tim.


2. Anak yang bersifat Cuek
  • Cirinya: Anak tidak memiliki ekspresi, kurang empati terhadap lingkungan, tidak segera mengerjakan perintah orang tua dan tidak memiliki inisiatif
  • Kursus yang sesuai: Kursus yang berhubungan dengan dunia seni, seperti: melukis, menari, menyanyi dan kursus alat musik seperti biola, gitar atau piano                                                                



3. Anak yang bersifat Pemalu
  • Cirinya: Anak susah untuk beradaptasi dengan lingkungan dan situasi yang baru, pasif dalam merespon teguran sekelilingnya, jarang bersosialisasi dan tak banyak bicara
  • Kursus yang sesuai: Kursus yang melibatkan interaksi satu dengan yang lainnya, dengan begitu, si anak akan belajar bersosialisasi dengan orang lain serta belajar memainkan peran secara bergantian dengan orang lain. Dengan begitu si anak akan belajar secara interaktif dalam suatu lingkungan. Contoh: kursus atau kelas teater.

4. Anak yang bersifat Penakut
  • Cirinya: Anak tidak berani secara langsung menghadapi konflik, mudah cemas, gampang menangis, suka mengeluh dan kurang berusaha.
  • Kursus yang sesuai: Kursus yang memiliki resiko tinggi, seperti bela diri, berenang atau kegiatan pecinta alam


5. Anak yang bersifat Percaya Diri
  • Cirinya: Anak mudah sekali bersosialisasi dengan lingkunga, bersikap spontan dalam menyatakan pendapat serta menyukai tantangan.
  • Kursus yang sesuai: Kursus apapun sesuai minat dan bakat si anak

6. Anak yangbersifat Agresif
  • Cirinya: Gampang sekali marah dan cenderung memiliki rasa percaya diri yang berlebihan (over confident).
  • Kursus yang sesuai: Apabila si anak agresif secara fisik, maka arahkanlah pada kursus olah raga untuk menyalurkan energi dan kekuatan fisiknya. Apabila si anak agresif dalam hal perasaannya, maka arahkanlah pada kursus kesenian yang dapat melembutkan jiwa dan perasaannya.

Yang paling utama dalam mengarahkan kursus tertentu untuk buah hati Anda, adalah prosesnya yang bertahap. Pada saat pertama kali ia mengikuti kursus, tidak mungkin semuanya berjalan lancar dan mulus. Maka perhatikanlah reaksi anak Anda.

Jika semangat anak Anda yang pada mulanya tinggi, kemudian beberapa lama kemudian menurun, maka ajaklah berdiskusi untuk menentukan langak selanjutnya agar si anak merasa nyaman menjalani kursus tersebut. Hasil yang diharapkan adalah: dengan mengikuti kursus yang tepat, maka kemampuan dan bakat anak dapat diasah secara optimal. Semoga.


































No comments:

Post a Comment