Friday 16 October 2015

5 Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Memilih Domain




Artikel saya kali ini, mengasumsikan bahwa Anda telah memiliki akun atau alamat situs web blog. Maka tentu saja, langkah berikutnya adalah Anda menentukan niche web blog Anda. Selanjutnya silahkan berpikir untuk membuat key word yang hendak dibidik. Kalau sudah, maka Anda dapat memilih domain untuk web blog Anda.

Nah, berbicara soal domain, tentu sobat blogger hanya punya dua pilihan:

  1. Domain gratisan (wordpress, blogspot, dan sebagainya)
  2. Domain berbayar (.com, .net, .org dan sebagainya)
Jika Anda memang punya kemampuan modal atau finansial yang cukup dan ingin serius dalam aktivitas blogging, maka tak perlu bingung dalam memilih domain. Pilih saja domain yang berbayar. Kenapa ? Karena selain terlihat profesional (tidak murahan), juga niche web blog berbayar akan sangat mudah dijual di kemudian hari.

Okey, anggap saja Anda telah membeli domain berbayar.  Lha, terus ngapain lagi ? Berikut ini ada 5 hal yang sangat patut dipertimbangkan dalam memilih domain berbayar untuk niche web blog Anda:

1. Domain dapat 'menggambarkan' key word yang akan dibidik

Coba bayangkan, jika niche web blog Anda menggunakan key word Lifestyle, akan tetapi domain yang Anda pilih kutukupret.com ?  Maka yang akan terjadi adalah:
  • Niche web blog Anda akan kesulitan menembus halaman pertama Google untuk key word tersebut
  • Bisa saja Anda, mampu menempatkan niche web blog pada halaman pertama Google, dengan syarat Anda harus mempunyai modal besar untuk membuat banyak link.
2. Domain dengan ekstensi .com, .org, dan .net

Jangan sekali-kali membuat pengunjung kecewa sehingga kapok berkunjung di web blog Anda. Banyak blogger 'nakal' yang membeli banyak ekstensi .info karena murah harganya. Tentu saja web blog yang mereka buat berkualitas rendah. Akibatnya pengunjung tak menemukan apa yang mereka cari pada situs yang dikunjungi. Bisa ditebak, di kemudian hari mereka enggan mengunjungi situs atau web blog yang sama.

Maka pertimbangkanlah untuk memilih ekstensi .com, .net atau .org. Contohnya jika Anda memilih key word most popular artist in Indonesia, maka Anda harus memilih mostpopularartistinIndonesia.com/.net/.org.

3. Domain menggunakan akhiran atau awalan

Saat ini sangat sulit memperoleh domain yang sama persis dengan key word atau yang populer disebut exact match domain (EMD). Tapi jangan bingung dulu, karena hal ini dapat diatasi dengan menmbahkan akhiran atau awalan pada domain yang hendak Anda beli. 

Contohnya, bila mostpopularartistinIndonesia.com tidak tersedia, maka gunakan saja:
  • Domain dengan akhiran. Misalnya: mostpopularartistinIndonesiacenter.com
  • Domain dengan awalan. Misalnya: giveyoumostpopularartistinIndonesia.com
Akan tetapi jika key word mengandung paling banyak tiga kata, Anda dapat menambahkan kata sambung di antara key word tersebut. Contoh: key word healthy diet programs, yang bila ditambahai kata sambung akan menjadi:
  • healthy-diet-programs.com
  • healthy-dietprograms,com
Apabila key word Anda mengandung lebih dari tiga kata, maka hindarilah penggunaan kata sambung. Akan lebih baik jika Anda menggunakan/menambahkan akhiran atau awalan.

4. Domain yang 'menggambarkan' nama produk dan nama perusahaan

Anda dapat dengan mudah menemukan contoh key word yang mengandung nama produk dan perusahaan. jadi, sebaiknya hindarilah untuk membeli domain yang mengandung dua nama tersebut. Contoh: panasonicledtvs.com atau toyotasmallcars.com. Menghindari pemakaian domain tersebut bertujuan agar di kemudian hari And terhindar dari tuntutan hukum dari produk maupun perusahaan yang bersangkutan.

5. Pertimbangkan penyedia domain yang sesuai kebutuhan Anda



Mungkin Anda juga pernah bingung dalam memilih layanan penyedia domain. Maka carilah referensi sebanyak-banyaknya sebelum membeli domain. Pilihlah penyedia domain yang berkualitas dalam layanannya. jangan sampai domain Anda dicuri atau dibajak oleh penyedia domain itu sendiri. Setidaknya, carilah penyedia domain dengan kriteria:
  • Telah memiliki reputasi yang cukup baik
  • Harga domain masih dalam kategori 'wajar' dan tidak terlalu mahal
  • Memiliki sistem proteksi terhadap para user-nya
  • Mampu transfer DNS dengan cepat (tidak lebih dari 24 jam)
  • Berkategori SEO friendly
  • dan sebagainya.
Ok, semoga 5 hal tersebut dapat membantu Anda dalam memilih domain berbayar bagi niche web blog Anda. 












No comments:

Post a Comment