Friday 9 October 2015

Ini dia 10 Hewan Peliharaan Termahal di Dunia

Bukan tanpa alasan, jika hewan-hewan berikut ini masuk dalam jajaran 10 hewan peliharaan termahal didunia. Selain bentuk tubuh dan penampilannya yang eksotis, hewan-hewan ini termasuk spesies yang langka di pasaran. bagi Anda yang memang hobi memelihara hewan, Anda dapat mempertimbangkan hewan-hewan ini, baik sebagai penyalur hobi ataukah sebagai bentuk investasi. Hewan apa sajakah itu ? Mari kita lihat satu-persatu:

1. Monyet De Brazza (USD 700 - USD 10.000)





Monyet De Brazza (De Brazza Monkey) adalah spesies monyet purbakala yang mendapatkan namanya dari seorang pria penjelajah berkebangsaan Perancis, Pierre de Brazza Savorgnan. Habitat monyet ini tersebar di rawa-rawa, hutan bambu dan pegunungan kering di beberapa negara seperti: Papu Nugini, Ethiopia, Kenya, Sudan Kamreun, Kongo, Angola, Uganda dan Afrika Tengah.

Sayangnya, hewan ini sangat sulit dijumpai karena kemampuan kamuflase dan kepintarannya bersembunyi sangat baik. Inilah sebabnya, tak ada hitungan yang valid terhadap jumlah spesies De Brazza Monkey. Berikut beberapa fakta tentang spesies ini:
  • Kesukaannya adalah tinggal di daerah rawa-rawa dan lahan basah di daerah Afrika Tengah.
  • Bersifat pemalu dan cenderung defensif untuk mempertahankan koloninya
  • Mampu hidup sampai berusia 22 tahun
  • Lebih sering hidup dalam kelompok-kelompok sosial kecil
  • Setiap kelompok sosial kecil selalu dipimpin seekor pejantan yang terkuat
  • Pejantan terkuat bertugas melindungi koloninya

2. Kucing Bengal atau Blacan (USD 800 - USD 3000)
 

 
Kucing ini merupakan keturunan ketiga hasil persilangan dari kucing American Shorthair dengan kucing Asian Leopard. Kucing ini mulai populer pertama kali di California, Amerika Serikat. Sebagaimana sifat-sifat kucing keturunan, maka semakin jauh garis keturunan si kucing terhadap generasi pertamanya, akan semakin jinak dan friendly terhadap manusia. Harga termahal pada spesies ini adalah generasi ketiga dan kelima dari keturunan pertama.


3. Toucan (USD 5000 - USD 10.000)
 
 
 
 

Burung yang  memilik paruh besar ini merupakan hewan khas tropis yang hidup di hutan-hutan Amerika Tengah dan Selatan. Habitat aslinya berasal dari Selatan Meksiko, Amerika Selatan dan kawasan Karibia. Keindahan paruh dan warna bulunya memang sepadan dengan harga yang harus Anda bayar, jika ingin memilikinya.

Burung Toucan hidup dalam sekawanan kelompok kecil di puncak-puncak pohon. Burung ini tercatat memiliki 40 jenis spesies. Adapun nama Toucan daiambil dari nama kelompok burung yang berasal dari Tupi tucana dalam bahasa Portugal.



4. Snow Macaque (USD 3.500)



Dengan adanya perburuan liar dan semakin sempitnya lahan atau tempat bagi habitat Snow Macaque, maka hewan ini juga terancam akan segera punahi. Snow Macaque adalah primata (lebih kecil dari biasanya) dengan rentang umur lebih dari 25 tahun, dan memiliki ciri kas wajahnya yang merah dan tidak ditumbuhi rambut. 
 
5. Monyet Tupai (USD 4000)
 

 
Monyet ini dinamai monyet tupai karena ukuran badannya yang memang seperti tupai. Berat badan monyet tupai tak lebih dari 1 kilogram. Jenis monyet ini dikenal sangat sosial, penyayang dan tenang. Karakter ini membuatnya sangat diinginkan, meskipun beberapa negara bagian melarangnya.
 

6. Kucing Savannah (USD 4.000 - USD 10.000)

 
 

Kucing Sabana (Savannah cat) dihasikan dari persilangan yang prosesnya mirip sekali dengan proses persilangan pada kucing Bengali, kucing Sabana merupakan hasil percampuran antara kucing liar (serval) Afrika dengan kucing rumah. Kucing Sabana (Savannah cat) lebih sulit dibiakkan, mengingat serva Afrika memiliki berat 18 kg, bersifat liar, dan mengawinkannya dengan kucing rumah yang jinak dengan ukuran lebih kecil adalah problem tersendiri. Masa bunting 2 hewan ini pun berbeda. Karenanya, kucing Sabana lebih langka dan mahal. 
 
7. Striped Ball Python (USD 10.000)
 
 

Ahli pembiakan phyton, Bob Clark menyatakan bahwa dia mempunyai phyton bola-bergaris yang sangat eksklusif ini. Garis utamanya yang membuat binatang ini terlihat unik. Lebih jelas lagi, bola-bergaris ini menampilkan garis punggug warna kuning dengan tepi warna hitam. Sungguh, keistimewaan ini akan membedakannya dari ular-ular lain.

8. Chimpanzee (USD 60.000 - USD 65.000)

 
Primata yang dianggap paling dekat kekerabatannya dengan manusia ini, memiliki berat sekitar 52 kg, jenis jantan lebih besar dibanding betina. Simpanse (Chimpanzee) adalah nama umum untuk spesies yang masih hidup dari kera dalam genus Pan. Habitat aslinya di Afrika Tengah dan Afrika Barat. Meski terancam punah, binatang ini masih dilegalkan di beberapa negara bagian Amerika Serikat.
 
9. Burung Hyacinth Macaw (USD 6.500 - USD 12.000)
 

Faktanya adalah seluruh jenis burung macaws amat mahal. Hyacinth Macaw menampilkan warna indah yang begitu menggetarkan. Secara fisik, jenis burung ini memiliki panjang sekitar 1 meter dan memiliki warna biru terang. Sayapnya dapat mengembang sampai 1,2 meter. Tak heran, jika hewan eksotis ini menjadi hewan peliharaan yang mewah.  
 
10. White Lion Cubs (USD 138.000)



Dan dari hewan-hewan di atas, nilah yang paling mahal. Hebatnya, hewan yang memiliki gen yang resesif ini, ternyata tidak termasuk jenis albino. Adapun warna matanya hampir sama dengan singa umumnya, lapisan pigmen dan kulitnya yang tidak. Karena harganya yang mahal, permintaan yang tinggi, perawatan, dan kelangkaannya, singa putih ini, termasuk salah satu hewan di dunia yang paling sulit didapatkan.


















No comments:

Post a Comment