Tuesday 20 October 2015

Anda Bingung Mau Posting Apa ?




Adakalanya seorang blogger merasa bingung mau posting apa hari ini. Sudah banyak judul yang ditulis, sekarang bingung mencari judul baru. Mau cara gampang dengan copas blog tetangga, takut 'ditendang' dari Search Engine Result Page (SERP)-nya Google. Mau bikin posting asal-asalan, takut ditinggal pengunjung. Belum lagi usaha branding selama ini akan sia-sia.

Benar, bahwa internet dipenuhi konten blog yang dangkal-dangkal. Lha, kalau kita juga bikin konten blog yang dangkal, ngapain bikin blog ? Nah, saat Anda bingung, dan tak mau membuat postingan yang dangkal dan "biasa-biasa saja", cobalah beberapa cara di bawah ini:


1. Melihat tools Google Trends

Agar Anda tetap mendapatkan bahan artikel atau posting yang tidak basi, up date, dan tentu saja sedang 'ramai' dibicarakan orang, maka Anda dapat menggunakan tools:
  • www.google.com/trends/hottrends untuk mengetahui apa yang sedang populer di dunia
  • www.google.co.id/trends/hottrends untuk mengetahui apa yang sedang populer di Indonesia
Maka setelah mengetahui topik apa yang sedang populer saat ini, Anda dapat memikirkan materi artikel berdasarkan topik tersebut.


2. Carilah referensi pada blog-blog yang selalu up date dan sesuai niche blog Anda

Mencari referensi kepada blog tetangga, bukan berarti Anda boleh copy paste kontennya. Ini hanya sebagai pemancing ide, untuk pnulisan artikel Anda. Bisa jadi, walaupun topik yang akan Anda tulis sama, tapi ditulis dengansudut pandang yang berbeda, maka tentu menghasilkan produk yang berbeda. Bahkan tak peduli jika topik itu sudah basi. Jika Anda mampu 'mengemas' dengan gaya bahas menarik, tentu akan menghasilkan artikel yang berkualitas.


3. Tulislah pengalaman Anda yang paling heboh

Sepanjang artikel yang Anda tulis merupakan curahan ide dan pemikiran pribadi, sah-sah saja Anda tuliskan. Bahkan bisa jadi, karena artikel tersebut orsinil, maka akan terlihat beda dengan artikel lainnya. Bagi pengunjung yang sudah jenuh dengan artikel-artikel 'berat', maka jenis artikel ini bisa menjadi alternatif untuk bahan bacaan mereka.


4. Langsung saja tumpahkan apa yang adadi dalam kepala Anda

Pekerjaan blogger adalah menulis. Maka cara paling praktis adalah memaksa diri sendiri untuk menulis. Silahkan tulis apa saja ke dalam draft artikel. Kemudian daimkanlah beberapa waktu agar pikiran Anda kembali jernih. Selanjutnya, review lagi draft tadi. Perbaiki jika ada kekurangan-kekurangan. Susunlah ulang, jika artikel tersebut belum terstruktur. Dan akhirnya, Anda telah punya satu artikel untuk diposting !

Jadi, apakah Anda masih bingung ?

No comments:

Post a Comment