Sunday 11 October 2015

10 Istana Termegah di muka bumi

Berbicara mengenai istana, pasti Anda akan paham, bahwa istana adalah tempat tinggal seorang raja atau kaisar beserta keluarganya. Dalam konteks masa kini, istana identik dengan kediaman seorang pemimpin negara atau presiden. Sebut saja kediaman presiden Republik Indonesia, yaitu Istana Negara.

Tentu saja karena istana merupakan tempat tinggal pimpinan negara, maka bisa dipastikan menjadi simbol kemegahan dan keindahan bagi suatu bangsa. Di dalamnya terdapat perabotan mewah dan fasilitas yang super komplit, untuk memanjakan penghuninya. Maka tak salah jika berjuta-juta orang memimpikan dapat tinggal di dalam istana. 

Nah, berikut adalah 10 istana termegah di muka bumi:

1. Istana Yihe Yuan, Beijing RRC.



Yihe Yuan dalam bahasa Indonesia berarti Istana Musim Panas (Summer Palace). Istana ini terletak 15 km dari pusat kota Beijing. Pertama kali dibangun pada dinasti Jin. Pada awal pembuatannya, taman ini dinamakan taman Qingyi. Adapun alamat lengkapnya: 19 Xin Jian Gong Men Lu, Haidian,  Beijing, China. Istana ini dibangun pada tahun 1750 dengan ketinggian 60 meter.

2. Istana Musim Dingin (Winter Palace), St. Petersburg, Rusia



Winter Palace merupakan kediaman resmi para penguasa monarkhi kerajaan Rusiadari tahun 1732 hingga tahun 1917. Istana ini sangat populer, karena letaknya yang strategis di Saint Petersburg Rusia. Istana ini dibangun di tepian sungai Neva, antara tahun 1754 dan 1762. Kemegahan istana ini ditunjukkan dengan gaya Baroque Elizabeth, yaitu dengan warna hijau dan putih, dengan memiliki bentuk persegi dan melebar. 

Di dalamnya, Anda akan merasa takjub dengan jumlah pintu sebanyak 1.786 buah, 1.945 jendela, 1.500 kamar dan 117 tangga. Bahkan panjang koridor utamanya sepanjang 250 meter dengan ketinggian 30 meter.

3. Istana Schonbrunn, Wina Austria




Istana ini merupakantempat tinggal musim panas mantan kekaisaran di Wina. Karenanya, istana ini menjadi monumen kebudayaan Austria terpenting sejak tahun 1860-an. Selanjutnya istana tersebut telah berkembang menjadi objek wisata dunia, saat dibeli oleh Maximilian II, Kaisar Suci Roma pada tahun 1569.

Dengan gaya arsitektur Rokoko,istana ini disebut-sebut sebagai saingan terbesar bagi istana Versailiies, Perancis di daerah Baroque.

4. Tokyo Imperial Palace, Chiyoda, Jepang

 


Merupakan tempat tinggal utama bagi kaisar Jepang dan keluarganya, istana ini merupakan sebuah area mirip taman yang dibangun di wilayah tertutup Chiyoda, Tokyo sampai stasiun Tokyo dan memiliki beberapa bangunan termasuk istananya.


5. Istana Potala, Tibet




Istana ini diberi nama dari tempat ia berada, yaitu Gunung Potala. Merupakan istana musim dingin Dalai Lama sejak abad ke-7, dan melambangkan Buddhaisme Tibet yang merupakan sentral dalam administrasi tradisional Tibet. Kemegahan istana ini ditunjukkan dengan kompleks istana yang megah terdiri dari Istana Putih dan Istana Merah dengan bangunan tambahannya. Istana ini terletak pada ketinggian 3.700 m di Gunung Merah di pusat lembah Lhasa.

6. Istana Taj lake Palace, Udaipur, India



Istana ini dulunya dikenal dengan Jaguar Niwas, yang merupakan sebuah hotel mewah dan hanya membatasi jumlah kamarnya sebanyak 83 buah, dengan keseluruhannya bertipe suite room yang amat mewah. Kemewahannya ditunjukkan dengan dinding kamar berupa marmer putih serta dibangun di dasar batuan alamiseluas 4 hektar.

Lokasinya yang berada di daerah Udaipur, yang disebut sebagai permata dari wilayah Rajasthan. Secara historis, istana ini terletak di pulau pribadi di tengah danau Pichola. Hebatnya lagi, hotel ini mengoperasikan sebuah kapal yang mengangkut para tamu ke hotel dari sebuah dermaga di istana kota.

7. Istana Versailles, Perancis




Istana dengan luas 700 ha ini dinamai Versailles, karena terletak di daerah Versailles Perancis. Pada saat dibangun, Versailles hanyalah sebuah wilayah pedesaan , namun kini Versailles merupakan sub urban Paris.

8. Istana Dolmabahce Palace, Istanbul, Turki




Istana Dolmabahce terletak di distrik Besiktas, Istanbul Turki. Istana ini dalam sejarahnya merupakan pusat administrasi utama dari kekaisaran Ottoman. Kemewahan istana ini terlihat dari tiga bagian yang memiliki fungsi masing-masing, yaitu ruangan khusus untuk pria, aula seremonial dan apartemen bagi keluarga sultan

9. Istana Blenheim Palace, Inggris




Istana ini merupakan rumah tempat tinggal bagi Duke dan Duchess of 11 Marlborough yang juga bertepatan sebagai tempat kelahiran Sir Winston Churchill. Kemegahannya ditunjukan dengan letak istana ini pada arela 2100 hektar taman yang indah, serta dikelilingi padang rumput yang hijau. tak cukup sampai di situ, istana Blenheim juga memiliki danau yang besar.

10. Istana Buckingham, London 



Isatan Buckingham atau Buckingham Palace adalah tempat tinggal resmi Raja Inggris di London, ibu kota Inggris. Isatan ini terletak di kota Westminster. Pada saat ini, istana Buckingham memegang peranan penting, yaitu sebagai tempat diselenggarakannya acara resmi kerajaan Inggris. Bahkan pada waktu-waktu tertentu, istana ini menjadi pusat keramaian dan kemeriahan bagi penduduk Inggris.





















No comments:

Post a Comment