Tuesday 13 October 2015

10 Kota Terbaik di Dunia untuk Tempat Tinggal


Hal pertama yang akan Anda bayangkan adalah tinggal di sebuah kota di negara maju adalah identik dengan biaya hidup tinggi. Contohnya jika Anda tinggal New York, maka Anda harus membayar USD 7  untuk secangkir kopi. Lalu bagaimana dengan biaya kebutuhan hidup lainnya ? Akan tetapi jika Anda berada pada level 'Mapan secara Finansial', maka Anda dapat mempertimbangkan 10 kota terbaik di dunia untuk tempat tinggal di bawah ini:

1. Kota Copenhagen



Banyak orang akan mngernyitkan dahi, jika mendengar Copenhagen disebut sebagai kota terbaik untuk tempat tinggal. Bagaimana tidak, warga Copenhagen adalah salah satu penanggung pajak tertinggi di dunia. Anda dapat bayangkan bagaimana sulitnya mereka tersenyum saat akan melangkahkan kaki menunju bank. Akan tetapi, kehidupan selalu memiliki sisi yang berbeda bagi setiap orang. Jika dilihat secara statistik, kota ini merupakan tempat tinggal bagi orang-orang paling bahagia.

Setidaknya versi majalah Monocle, kota Copenhagen adalah kota terbaik untuk tempat tinggal di dunia, pada edisinya tahun lalu. Penduduk Copenhagen dikenal selalu melalui hari-harinya dengan tertawa. Anda akan menjumpai banyak tempat pembuatan bir, dan hebatnya memiliki fasilitas 2.000 unit sepeda gratis bagi siapapun yang ingin menikmati keindahan Copenhagen, tanpa harus naik trem atau bus.

2. Kota Berlin



Yang ini, lebih banyak memiliki sisi historis dan keunikan tersendiri. Keunikannya, Berlin populer sebagai kota yang memiliki banyak wanita lajang dan muda. Akibatnya, Berlin identik dengan kota yang memiliki sektor kreatif dan gairah hidup. Di dalamnya terdapat berbagai budaya, banyak jiwa muda dan bernuansa kreatif. Anda akan takjub dengan banyaknya tempat untuk bertemu dengan orang-orang baru.

Beberapa tempat mungkin akan mengejutkan Anda, seperti layanan spa yang memperbolehkan pengunjungnya, baik laki-laki maupun perempuan tanpa memakai busana sehelai benangpun alias telanjang bulat. Rupanya bagi Berlin yang merupakan kota liberal, hal ini adalah sesuatu yang biasa. Lalu bagaimana gaya hidup warga Berlin ?

Bisa dibilang warga Berlin sangat memperhatikan kesehatan dan kebugaran tubuh. Mereka mengonsumsi makanan organik, aktif bersepeda dan menyukai pilates serta yoga. Soal, ruang terbuka hijau, Berlin merupakan primadona-nya Eropa. Kota ini boleh bangga karena banyak memiliki taman, danau dan hutan di area perbatasn kota. Lalu bagaimana soal akomodasi ?

Kota yang pernah menjadi tuan rumah olimpiade ini, terbilang murah soal tarif biaya sewa penginapan. Anda akan dengan sangat mudah menemukan apartemen yang nyaman dengan harga 'bersahabat'. Indikasinya adalah Anda akan menemukan apartemen dengan dua kali lipat ukuran flat di London, tapi hebatnya, dengan harga dua kali lebih murah.

3. Kota New York



Bagi kaum Adam, New York City adalah bagaikan surga. Kota ini identik dengan sex, budaya dan kekuasaan. Secara statistik, jumlah wanita lajang 200.000 lebih banyak ketimbang pria lajang di sana.Sudah menjadi lifestyle, bahwa wanita profesional selalu berambisi untuk menaklukan Big Apple dengan ambisi karir yang menyebabkan mereka tak terlalu berminat segera menikah. Lalu bagaimana soal fashion ?

New York City telah bermetamorfosis menjadi kiblat fashion bagi Amerika Serikat. Di jalanan kota Anda akan menjumpai banyak supermodel cantik dibalut fashion dari desainer ternama, menenteng tas branded, keluar masuk mall, dan menghabiskan waktu di bar atau kafe-kafe yang bertebaran di seantero kota.  Lalu bagaimana dengan pria di sana ?

Anda akan menemukan, jika seorang pria tidak sibuk menganga mulutnya memandang wanita cantik, maka pastilah mulutnya sedang sibuk dijejali burger atau menikmati bir. Bagi penggemar wisata kuliner, New York adalah pilihan wisata yang amat mengesankan. Dengan jutaan kaum imigran, Anda akan mudah menemukan cita rasa makanan seperti masakan ibu di rumah Anda.

4. Kota Sidney



Jika mengacu pada angka statistik, maka Sidney adalah surga yang indah bagi pria bujangan yang tinggal di sana. Bagaimana tidak, 100 orang perempuan memperebutkan 82 pria di sana. Bisa dibilang kota pelabuhan Sidney juga merupakan surga bagi kaum gay. Jumlah populasi gay-nya nomor besar kedua setelah kota pelabuhan San Fransisco.

Alasan kenapa Sidney merupakan salah satu dari 10 kota terbaik untuk ditinggali, adalah karena di sana terdapat rasa kepedulian yang tinggi bagi warganya. Sidney juga menyediakan layanan perawatan kesehatan universal dan tunjangan bagi kaum pengangguran. Lalu Anda dapat menambahkan daftar alasan tersebut menjadi lebih panjang, yaitu:

  • Memiliki sumber air yang melimpah, yang dapat menunjang kulitas hidup warga di sana. Ini dibuktikan dengan Australia, menjadi negara peringkat keenam dalam pengharapan hidup terpanjang di dunia
  • Memiliki 37 pantai yang indah, yang kebanyakan diantaranya dapat ditempuh hanya dalam 30 menit berkendara dari pusat kota
  • Sebagai kota dengan peringkat ke-15 dengan biaya hidup rumah tangga termahal di dunia, pendapatan per kapita warga Sidney telah mencapai lebih dari USD 42, 56.
  • Bisa dibilang sejajar dengan rumah fashion Eropa, yaitu Milan dan Paris. 


5. Kota Paris



Banyak yang bilang tak ada kota lain di dunia yang mempunyai reputasi glamour dan romantis seperti Paris. Akan tetapi ternyata Paris menawarkan hal yang lebih dari sekedar suasana glamour. Kota ini layak menjadi tempat tinggal terbaik karena kekayaan landmark-nya yang menakjubkan. Anda akan terkagum-kagum saat mengunjungi berbagai galeri seni dan musem serta banguan dari sejarah masa lampau yang telah berusia lebih dari satu milenium

Tak heran jika sejak dahulu, kota Paris telah tahbiskan sebagai kiblat-nya seni dan budaya dunia. Di kota ini bercokol para penulis, komposer, seniman, artis dan budayawan yang telah melewati periode aktif dalam hidup mereka di tanah ini. Anda akan mendapatkan gaya hidup dan status sosial yang dapat dibandingkan dengan apapun, sebagai kompensasi atas biaya hidup yang sangat tinggi di Paris.

6. Kota Hong Kong



Kota ini identik dengan kota super sibuk, kota tanpa berhenti berdegup dan kota kosmopolitan, dimana terjadi akulturasi buadaya Timur dan Barat. Anda akan mengenang Hong Kong sebagai kota yang dipenuhi cahaya lampu, cuaca hangat dan selalu menawarkan harapan pada setiap partikel udara yang Anda hirup.

Di kota ini Anda dapat menyaksikan bertemunya berbagai ras, agama dan bangsa yang hanyut dalam irama kehidupan kota Hong Kong. Jika Anda seoarang traveller sejati, Anda akan merasa happy karena akan bertemu banyak orang dari segala penjuru bumi.

Alasan kenapa Hong Kong menjadi kota terbaik untuk ditinggali adalah, ia menawarkan sistem transportasi teraman di dunia. Selain dikenal memiliki banyak wanita cantik, Hongkong juga memiliki banyak restoran kelas dunia. Restoran-restoran ini takkan asing bagi Anda, karena dikelola oleh 'chef selebriti' macam Jean - Georges dan Alain Ducasse.

7. Kota London



Samuael Johnson, sang novelis dan penyair Inggris pernah berujar, "Jika seorang pria merasa lelah akan London, maka ia akan lelah akan dunia." Ucapan Samuel tersebut dapat menggambarkan betapa London merupakan tempat menarik dan berkelas untuk ditinggali oleh setiap warga dunia. Akan tetapi, pastikan dulu kekuatan finansial Anda cukup untuk bertahan dari biaya hidup yang super mahal di kota kosmopolitan tersebut.

Rekor kota London, adalah selalu menduduki peringkat 'tiga besar' dalam kategori kota termahal di dunia. Kompensasi yang dapat diperoleh dari kota ini adalah besarnya kesempatan berkarir dan kesempatan meraup dollar bagi para profesional untuk hidup di sini.Kota London juga identik dengan miniatur dunia karena terdapat lebih 300 bahasa yang digunakan di sini. Ia juga dikenal sangat friendly dalam menyediakan akses bagi budaya dan istiadat dari sdeluruh penjuru bumi.

Soal daya tari, jangan khawatir. Kota ini menjadi magnet bagi para pria lajang dari seluruh penjuru dunia karena 7,5 juta populasi di kota ini mayoritas adalah perempuan. Bahkan, statistik mencatat terdapat 78.000 lebih wanita dibanding pria. Itu artinya populasi wanita memiliki surplus satu persen lebih banyak dari warga pria.

8. Kota San Fransisco



Di kota ini Anda akan dimanjakan dengan pemandangan jalan berbukit dan gedung-gedung pencakar langit yang melindungi teluk yang sangat menakjubkan. Pemandangan kota ini bagaikan drama kehidupan yang sangat memikat hati siapapun. Pada kenyataannya panorama kota telah merasuki gaya hidup para warganya.

Tak hanya politisi dan selebriti, bahkanmasyarakat awam-pun sangat dimanja dengan berbagai fasilitas seperti:

  • Memiliki lebih dari 3.480 taman kota
  • Memilik 3 lapangan golf yang berkelas dunia
  • Memiliki 2.870 bar bagi para penikmat kehidupan malam
  • Terdapat satu restoran bagi 279 orang populasi warga San Fransisco
  • Memiliki ladang anggur dengan produksi beberapa minuman anggur terbaik di dunia
Dengan berbagai layanan di atas, san Fransisco menjelma menjadi kota dengan budaya bar dan minum minuman keras terbesar di Amerika Utara. Seain itu San Fransisco juga menawarkan sensasi belanja bagi para penggila belanja. Kota ini dijejali oleh toko pria klasik, termasuk favorit penduduk lokal, Cable Car Clothies dan The Hound.


9. Kota Chicago



Kota ini memadukan keseimbangan sempurna anatar kosmopolitan kenyamanan. Sebagai kota terbesar di wilayah Mildwest, Chicago menawarkan kombinasi seluruh budaya, hiburan dan kepuasan duniawi dari tujuan wisata internasional yang berkelas dengan gaya hidup yang elegan. Didalamnya para warga Chicago dikenal sebagai pekerja keras sekaligus penggila pesta.

Anda akan menjumpai sarana dan prasarana budaya kelas dunia seperti Chicago Symphony Orchestra, Art Institute, Chicago International Film Festival dan tempat pertunjukan teataer yang mempertontonkan festival yang populer, seperti festival jazz, blues, film dan Second City.

Chicago juga menawarkan sensasi kuliner yang akan memanjakan lidah Anda. Di kota ini banyak berdiri restoran yang paling populer di dunia, mulai sajian yang terkenal seperti Charlie Trotter, Grant Achatz and Rick Bayless hingga beragam sajian kuliner yang umum bagi kelas bawah.

10. Kota Barcelona



Kota ini terkenal karena panorama yang indah. Selama ratusan tahun, ibu kota catalunya ini membatasi jarak dengan daerah-daerah Spanyol lainnya dengan kebudayaan, kesenian dan bahasa. Akan tetapi justru inilah daya pikat Barcelona. Kesan keterpisahan ini malah membuat Barcelona memiliki ciri dan karakter kuat  yang cukup menonjol dibanding dengan kota-kota lain di Spanyol.

Berlokasi di dekat perbatasan Selatan Perancis, perbatasan catalunya di laut Mediterania, yang menyediakan iklim sejuk sepanjang tahun dan suasana pantai sepanjang musim panas, Anda akan merasa takjub menjumpai suasana pantai yang sangat kental di Barcelona. Pemandangan lain yang tak kalah memanjakan mata, adalah banyaknya perahu layar di dermaga, burung camar yang terbang bebas, cafe outdoor dan ornamen khas pantai lain yang akan memenuhi sepanjang jalan dengan iringan hempasan ombak dan matahari pantai yang hangat.




















No comments:

Post a Comment