Friday 16 October 2015

10 Alasan Orang Menjadi Blogger




Banyak alasan bagi seseorang untuk menekuni dunia blogging. Aktivitas bermodal jari ini semakin populer di kalangan anak muda, dengan berbagai motivasi yang beragam dalam menjalaninya. Nah, apabila Anda kebetulan juga seorang blogger, sangat mungkin Anda juga menjadikan 10 alasan sebagai berikut untuk menjalani aktivitas blogging:


1. Agar bisa dapat uang atau penghasilan

Benar kata seorang motivator terkenal, bahwa uang tidak akan dibawa mati. Tapi kalau tidak punya uang, rasanya setengah mati. Nah, motivasi penghasilan atau earning inilah yang banyak menjadi alasan seseorang menjadi blogger. Hampir semua blogger bercita-cita untuk meraup dollar dari aktivitas blogging. 

Salah satu penyedia layanan yang menghubungkan blogger atau publisher dengan pelaku bisnis yang akan beriklan adalah Google Adsense (GA). Di kalangan blogger, GA ini merupakan layanan paling populer karena terbilang besar dalam memberikan earning kepada blogger dibanding layanan situs lainnya yang sejenis. Cara kerjanya sederhana, Anda akan dibayar GA untuk setiap iklan yang di-klik secara valid oleh pengunjung blog. Maka setiap blogger akan berlomba-lomba untuk menjaring pengunjung, untuk memperbesar peluang 'klik' tersebut.


2. Melatih ketrampilan menulis

Bagi seorang blogger, aktivitas memposting sebuah artikel pada blog dapat meningkatkan ketrampilannya untuk menulis. Aktivitas blogging akan memaksa Anda untuk berlatih menyusun kata, merangaki kalimat dan menuliskannya secara terstrutur dan sistematis, agar mudah dipahami setiap orang yang membaca artikel Anda.


3. Agar banyak membaca

Bagi sebagian orang, aktivitas blogging dapat dijadikan sebagai alat untuk memaksanya banyak membaca. Jika Anda termasuk orang yang malas membaca, maka menulis artikel pada blog ini akan memaksa Anda rajin membaca. Kenapa ? Karena Anda tak mungkin menghasilkan tulisan yang bagus, jika tak punya cukup bahan untuk ditulis. Nah, cara mendapatkan bahan tulisan tersebut adalah dengan banyak membaca.


4. Agar memiliki waktu yang bermanfaat

Aktivitas blogging bisa menjadi alasan bagus, bagi seseorang yang memiliki waktu luang tapi kurang produktif. Daripada waktu Anda terbuang percuma, akan lebih baik Anda mengungkapkan apa yang Anda lihat, apa yang Anda dengar, Apa yang dapat Anda simpulkan atau analisa ke dalam sebuah artikel utuk diposting pada web blog Anda. Siapa tahu bisa bermanfaat bagi orang lain.


5. Agar selalu mengikuti perkembangan jaman

Untuk menghasilkan tulisan yang selalu up to date, maka mau tidak mau, Anda juga tak boleh ketinggalan perkembangan jaman. Ini menjadi alasan yang bagus bagi seorang blogger untuk memaksa dirinya sendiri agar selalu up to date. Pastinya ada kebanggan tersendiri bagi seorang blogger atau publisher, jika termasuk orang yang selalu mendapatkan info terbaru, sebelum kebanyakan orang tahu.


6. Agar memiliki hobi positif

Bagi sebagian besar blogger, aktivitas menulis ini bukanlah sebuah beban, akan tetapi mereka justru menganggap aktivitas blogging sebagai hobi yang menyenangkan. Akan selalu ada keasyikan tersendiri, saat Anda mencoba merumuskan topik, membuat judul dan merangkai fakta dan analisa yang dapat disajikan kepada para pembaca blog Anda.


7. Agar selalu 'eksis'

Kemampuan Anda dalam menulis dan mempublikasikan tulisan sehingga banyak dibaca orang, akan membuat eksitensi Anda semakin kuat, meski hanya di dunia maya. Akan tetapi eksistensi Anda ini juga akan berpengaruh positif terhadap kualitas kehidupan Anda sehari-hari. Betapa indahnya jika keberadaan kita masih bermanfaat bagi orang lain.






8. Agar populer

Jangan heran, jika beberapa orang blogger justru sukses meraih popularitasnya dari dunia maya. Setelah puluhan ribu orang menikmati karya tulisnya, maka akan terbuka peluang bagi seorang blogger untuk menjadi nara sumber bagi pelatihan blogging untuk pemula. Semakin sering Anda diundang sebagai nara sumber, maka otomatis semakin populer pula nama Anda.


9. Agar memiliki jiwa peneliti

Secara alamiah, setiap penulis, baik itu on line maupun off line, akan melalui tahap 'penelitian' sebelum menuangkan pemikiran dan analisanya terhadap suatu obyek penulisan. Dengan demikian, seorang blogger yang baik, tentu merupakan peneliti yang baik. Ini karena data yang ia sampaikan valid atau setidaknya paling mendekati pada kebenaran.


10. Agar dapat 'bertemu' banyak orang, terutama sesama komunitas blogger

Adalah penting bagi kita untuk merasa bahagia dan senang jika dapat bertukar pikiran dan 'bertemu' komunitas blogger lain. Dalam komunitas ini, kita bisa saling bertukar link, sharing tips-tips dalam SEO, salin bertanya mengenai aktivitas blogging masing-masing, dan banyak hal lain lagi. Semakin banyak kita 'bertemu' orang-orang baru, maka semakin luas pemahaman dan pengetahuan kita dalam menjalani kehidupan ini. Lalu, apa alasan Anda untuk menjadi blogger ?





















No comments:

Post a Comment