Friday 16 October 2015

Blogging sebagai Bisnis Sampingan PNS




Penghasilan Pegawai Negeri Sipil di Pusat dan di Daerah tidaklah sama. Jika di Pusat PNS-nya telah lama menikmati tunjangan kinerja, tidak demikian halnya dengan PNS di Daerah. Bahkan jika dihitung, penghasilan (gaji + tunjangan) PNS Daerah hanya berkisar seperempat dibanding penghasilan PNS Pusat, yang telah menikmati remunerasi.

Memang sebagai abdi negara, PNS selalu dituntut untuk tetap profesional, meski kesejahteraan di antara mereka tidak sama. Bagi PNS yang telah menikmati tunjangan kinerja, tak masalah berbicara profesionalisme kerja. Lha, yang belum menikmati tunjangan kinerja bagaimana ? Daripada pusing tak mendapatkan solusi, coba pertimbangkanlah mencari bisnis atau pekerjaan sampingan. Tentu saja pekerjaan tersebut tidak melanggar aturan dan dikerjakan di luar jam kerja.

Jika Anda seorang PNS, maka ada banyak opsi untuk memilih bisnis sampingan. Anda bisa bisnis jualan pulsa, membuka warung kopi malam hari, dan masih banyak lagi lainnya. Salah satu yang patut Anda pertimbangkan adalah blogging, sebagai bisnis sampingan. Kenapa blogging bisa direkomendasikan untuk PNS ? Berikut beberapa keuntungannya:

1. Aktivitas blogging mempunyai waktu yang fleksibel

Menulis sebuah artikel pada web blog tak harus dilakukan sampai selesai dalam satu kali kesemptaan. Anda dapat menyimpan draf tulisan, jika belum selesai, dan ada pekerjaan lain yang harus dikerjakan. Sederhananya: blogging dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun, menyesuaikan keadaan dan waktu luang yang Anda miliki.

Jika Anda seorang PNS, maka Anda pasti paham betul, ada waktu-waktu luang yang bisa dimanfaatkan untuk kegiatan lebih bermanfaat daripada hanya dihabiskan untuk ngobrol, membuka Facebook, atau bahkan tidak melakukan aktivitas sama sekali. Akan sangat sayang, jika waktu luang PNS tidak dapat dimanfaatkan untuk blogging.

Jika pada jam kantor, Anda sudah sangat sibuk, maka Anda dapat melakukan blogging saat telah berada di rumah sepulang kerja. Anda hanya cukup meluangkan waktu sekitar 30 menit hingga 1 jam untuk blogging. Selanjutnya Anda dapat menghabiskan waktu bersama keluarga. Jika sepulang kerja Anda sudah terlalu lelah, maka Anda dapat melakukan blogging menjelang jam tidur malam.

Blogging dengan cara seperti ini, hanya bisa Anda lakukan jika Anda memiliki tekad dan keinginan yang kuat untuk melakukannya. Buatlah aktivitas blogging menjadi menyenangkan dengan menulis tema dan judul yang Anda sukai, sehingga Anda tidak merasa terbebani.

2. Aktivitas blogging tak perlu banyak modal

Dalam hitungan nominal, blogging bisa dikatakan tak perlu banyak modal, bahkan jika Anda telah memiliki komputer atau laptop, Anda bisa mendapatkan jaringan internet secara gratis, jika berada dalam area hot spot atau free wi-fi. Selanjutnya, Anda bisa memilih akun web blog dengan domain gratisan atau domain berbayar.

Prinsip bisnis ini cukup sederhana, Anda diharuskan membuat tulisan artikel atau postingan yang berkualitas dan mampu menarik pengunjung pada blog Anda. Setelah traffic pengunjung banyak dan layak untuk dimonetisasi, daftarkanlah blog Anda pada layanan "Bayar per klik" atau BPK. Maka blog Anda akan dipasangi iklan, dan Anda akan mendapatkan penghasilan dari jumlah iklan yang di-klik secara valid oleh pengunjung.

3. Melatih dan mengasah kemampuan Anda dalam menulis

Bagi setiap PNS, aktivitas mengetik atau menulis adalah pekerjaan sehari-hari. dari aktivitas menulis inilah, pengetahuan dan pemahaman kita terhadap segala sesuatu ikut terasah. Dengan menulis, kita dipaksa untuk banyak membaca. Karena apa yang kita baca akan menjadi landasan dan bahan apa yang kita tulis.

Lebih dari itu, Anda dapat berbagi ilmu dan pengetahuan melalui web blog yang Anda tulis. Apa gunanya ide dan pengetahuan jika hanya tersimpan di dalam otak, dan tak pernah disebarkan bagi orang lain ? Bukankah lebih bermanfaat, jika orang lain ikut tahu dan ikut mempraktekkan ilmu yang Anda sebarkan ?






























No comments:

Post a Comment