Sunday 11 October 2015

15 Aplikasi Portable yang Wajib Anda Miliki




Bagi Anda yang bekerja atau memiliki hobi yang berhubungan dengan komputer dan internet, kini tak perlu pusing untuk mendownload berbagai aplikasi. Hidup Anda telah dipermudah dengan kehadiran software atau aplikasi portable (portable application). 

Apa itu Software / Aplikasi Portable ?

Aplikasi Portable adalah sebuah program komputer yang dapat dioperasikan tanpa perlu adanya proses intalasi dan membutuhkan operasi komputer. Berbeda dengan aplikasi pada umumnya, yang memerlukan proses install terlebih dahulu pada komputer, seperti: lembar kerja elektronik, pengolah kata, browser dan sebagainya.
Bagian yang paling menyenangkan adalah Anda bisa menyimpan program-program portable ke dalam media yang praktis, seperti: flash disk (USB drive), mobile hard disk, smart phone, iPod, dan banyak media lainnya.
Nah, karena sifatnya yang praktis inilah Anda tak perlu khawatir dan repot membawa komputer PC atau laptop Anda saat bepergian. Cukup dengan membawa flash disk yang tersimpan program-program portable di dalamnya, maka Anda tinggal menggunakan di tempat yang Anda tuju.


Okey, inilah program-program portable tersebut:


 

  1. AbiWord Portable (Word Processor) - Program pengganti Microsoft Word ini amat familiar  digunakan di kalangan netter portable. 
  2. ClamWin Portable (Antivirus) - Antivirus portable yang satu ini amat disukai kalangan pemakai komputer portable. Selain sifatnya yang cuma-cuma, antivirus open source ini cukup mumpuni dan dapat diandalkan. Enaknya lagi ia juga dapat diintegrasikan ke program antivirus lain seperti PCMAV. 
  3. CoolPlayer+ Portable (Audio Player) - Program yang fungsinya mirip WinAmp ini, adalah program portable yang dipakai memutar program audio. Dengan user interface yang sederhana, program ini sangat mudah untuk dioperasikan.
  4. FileZilla Portable (FTP Client) - Full fitur FTP client portable ini cocok digunakan oleh blogger atau publisher yang suka travelling. Cukup membawa flash disk, program ini bisa dijalankan dimana saja Anda berada.
  5. GIMP Portable (Image Editor) - Ini adalah program untuk mengedit foto atau gambar yang bersifat open source. Simpel sekali untuk dioperasikan di dalam flash disk.
  6. KeePass Portable (Password Manager) - Free/open-source password manager ini amat bermanfaat dalam memproteksi flash disk Anda dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Terdapat beberapa bahasa yang dapat digunakan untuk melindungi dan mengamankan flash disk Anda.
  7. Mozilla Firefox, Portable Edition (Web Browser) - Ini merupkana program browser yang amat terkenal di berbagai platform, dan hadir dalam bentuk portable yang bisa dibuka dengan flash disk dan tidak perlu di-install ke dalam komputer maupun laptop Anda.
  8. Mozilla Sunbird, Portable Edition (Calender & Task) - Ini adalah program untuk kalender dan task schedule. Cocok digunakan bagi netter yang kerjanya suka bepergian atau travelling, cukup bawa flash disk saja atau laptop untuk menggunakan program ini. Bisa di install juga ke dalam PDA atau HP juga, tentu yang memiliki Windows mobile.
  9. Mozilla Thunderbird, Portable Edition (E-mail) - Ini merupkana program e-mail yang amat terkenal setelah Outlook Express. Bisa diintegrasikan dengan browser Firefox ataupun dipisah. Dengan program ini, Anda dapat mengecek e-mail di komputer manapun yang ada internet, cukup bawa flash disk Anda saja.
  10. Notepad++ Portable (HTML Editor) - Ini merupakan pengganti Notepad Windows yang memiliki fitur-fitur yang umumnya dipakai untuk mengedit HTML atau program berbasis Web.
  11. OpenOffice.org Portable (Office Suite) - Writer (word processor), Calc (spreadsheet), Impress (presentations), Base (database utility), Draw (drawing).
  12. Pidgin Portable (Messenger) - Instant Messaging gratis ini bisa mengoperasikan search engine AOL Instant Messenger, ICQ, MSN Messenger, Yahoo! - Cocok digunakan oleh netter yang males meng-install program Messenger atau yang hobi nge-chat di warnet.
  13. Sumatra PDF Portable (PDF reader) - Program pembaca file PDF gratis ini cukup ampuh dan aksesnya lumayan cepat dibanding PDF buatan Adobe (Adobe Reader), mungkin karena sifatnya yang tidak perlu di-install.
  14. VLC Media Player Portable (Audio Video Player) - Pemutar Audio Video ini sangat familiar di kalangan netter portable. Ia mampu memutar video dengan ekstension MPEG-1, MPEG-2, MPEG-4, DivX, XviD, WMV, mp3, ogg,  dan masih banyak lagi. Ia juga mampu dioperasikan untuk memutar DVD, VCD, dan video yang digunakan untuk streaming.
  15. Application Suite Standard - Aplikasi portable dengan AutoRun ini berisi bundel software Mozilla (FireFox, Thunderbird, SunBird), OpenOffice (Word, Calc, Impress, Base, Draw), ClamWin, Pidgin, Sumatra PDF dan 2 buah games - Download 113MB - Total Instalasinya adalah 350 MB.
  16. Application Suite Light - Aplikasi portable dengan AutoRun ini berisi bundel software Mozilla (FireFox, Thunderbird, SunBird), AbiWord, ClamWin, Pidgin, Sumatra PDF dan 2 buah games - Download 35MB - Total Instalasinya adalah 100 MB.
Jika program portable di atas, masih dirasa kurang, silahkan Anda download sendiri aplikasi portable lainnya di www.portable.apps.com

No comments:

Post a Comment