Saturday 10 October 2015

7 Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan




Jambu biji (Psidium Guajava), atau sering disebut juga dengan jambu batu, jambu siki, atau jambu kluthuk, adalah buah tropis yang berasal dari negara Brasil, dan disebarkan di Indonesia melalui Thailand.

Secara fisik, jambu biji sangat mudah untuk dikenali, yaitu:
  • Memiliki kulit berwarna hijau agak kekuningan
  • Memiliki daging buah berwarna putih atau merah
  • Terdapat banyak biji di dalam daging buahnya
Sebagian besar nutrisi yang dibutuhkan manusia ada pada buah ini, antara lain: vitamin, protein, sumber serat dan mineral. Sehingga jambu biji merupakan salah satu buah yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari. Berikut 7 manfaat menakjubkan jambu biji bagi kesehatan Anda:

1. Pencegah Kanker

Jambu biji mempunyai kandungan antioksidan yang sangat diperlukan tubuh manusia. Kandungan antioksidan tersebut berupa likopen yang memiliki manfaat untuk mengurangi resiko terkena kanker payudara, kanker prostat dan kanker mulut. Ini disebabkan oleh kemampuan jambu biji untuk menghambat pertumbuhan  serta metastasis sel kanker.

2. Nutrisi untuk Mata

Salah satu manfaat yang paling utama dari jambu biji adalah sebagai nutrisi mata, karena banyak mengandung vitamin A. Dengan vitamin A organ mata kita akan menjadi sehat serta akan memperlambat munculnya gangguan kesehatan pada mata seperti katarak, degenerasi makula atau penurunan penglihatan ketika usia bertambah.

3. Sebagai Obat Sembelit

Sembelit atau problem suasah buang air besar, dapat menjadi masalah serius jika tidak segera mendapatkan penanganan. Sumber serat dalam jambu biji dapat membantu meningkatkan kesehatan sistem pencernaan dan sistem pembuangan pada tubuh (ekskresi). Fungsi inilah yang akan membantu Anda memudahkan proses buang air besar dan menghindarkan diri Anda dari keluhan sembelit.

4. Penurun Berat badan

Pengalaman menunjukkan bahwa jambu biji juga terbukti efektif dalam menurunkan berat badan. Ini dikarenakan jambu biji memiliki khasiat:
  • Bersifat mengenyangkan perut dalam waktu lebih lama
  • Jambu biji berperan dalam memasok kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan tubuh manusia
  • Rendah kolesterol
  • Rendah karbohidrat
5. Mencerdaskan Otak

Kandungan di dalam jambu biji antara lain adalah vitamin B3 (niasin) serat vitamin B6. Kedua vitamin ini berperan dalam hal meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh organ tubuh Anda, termasuk ke dalam otak. Oleh sebab itu, jambu biji dapat menjadi salah satu alternatif yang dapat meningkatkan kesehatan otak dan membuat Anda mampu untuk lebih faokus atau berkonsentrasi

6. Menghindarkan Diabetes

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa ternyata jambu biji dapat mencegah timbulnya penyakit diabetes tipe 2. Kelebihan yang lainnya adalah bahwa mengonsumsi jambu biji bagi penderita diabetes sangat dianjurkan. Hal ini dikarenakan kandungan serat alami pada jambu biji dapat mengontrol penyerapan gula di dalam tubuh Anda.

7. Menangkal Hipertensi

Fungsi lain yang tak dapat diremehkan pada buah ini  adalah kemampuannya dalam menangkal penyakit tekanan darah tinggi (hipertensi). Ini dimungkinkan, karena jambu biji yang kaya akan serat sangat berperan dalam mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah dan meningkatkan sirkulasi darah pada pembuluh darah, dan pada akhirnya mampu untuk mencegah hipertensi.
















No comments:

Post a Comment