Thursday 8 October 2015

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Blogger


 
Secara umum, aktivitas blogging dapat dilakukan dari proses mendengar, melihat, memperhatikan, menganalisa sesuatu dan menuliskannya dalam sebuah situs atau web blog. Tipe-tipe dari blogger juga tidak sama. Ada yang lebih suka gratisan dan tinggal ngeblog. Ada juga yang melakukan dengan lebih serius, yaitu web blog atau web site-nya menggunakan space hosting dan domain berbayar.

Adapun hal-hal yang perlu Anda perhatikan dalam aktivitas blogging antara lain

1. Melakukan optimalisasi search engine

Mesin pencari (search engine) merupakan faktor yang sangat vital bagi seorang blogger atau publisher. Walaupun Anda telah menggunakan web blog yang cukup populer seperti Blogspot dan WodPress.com, namun jika Anda tidak melakukan optimasi mesin pencari, maka akan sangat sulit untuk segera di-index oleh mesin pencari yang terkenal seperti: Google, Yahoo, Ask dan Bing.

2. Rajin melakukan pengisian konten yang berkualitas

Faktor penentu tingginya jumlah traffic reader adalah konten yang di up date secara kontinyu dan berkualitas. Anda dapat mempertimbangkan beberapa hal sebelum mengisi konten blog Anda:
  • Usahakan konten yang paling banyak diminati atau dicari para netizen
  • Konten pada blog harus ringkas dan padat. Jika isinya bertele-tele dan tidak jelas, maka orang akan cepat bosan dan meninggalkan blog Anda
  • Putuskanlah, apakah Anda akan mengangkat tulisan yang bersifat umum (campur-campur) ataukah yang bersifat spesifik, dengan niche tertentu ?
  • Akan lebih bagus jika Anda mampu menulis sebuah artikel dalam bahasa Inggris. Kenapa ? Karena jumlah potensi pembaca artikel bahasa Inggris, tentu lebih banyak daripada yang berbahasa Indnesia. Maka semakin banyak pembaca, semakin cepat pula blog Anda menjadi populer





3. Rajin mempromosikan web blog Anda

Dengan promosi web blog yang optimal, maka sangat mudah untuk segera mendapatkan banyak follower dan kunjungan pada blog Anda. Adapun cara-cara berpromosi dapat Anda lakukan dengan:
  • Promosi langsung ke mesin pencari. Caranya adalah: Anda tinggal mengikuti petunjuk dari aplikasi-aplikasi yang ditawarkan oleh banyak situs di interet. Silahkan Anda browsing sendiri ke situs Google dengan mengetikkan kata kunci: "website submission".
  • Promosi referal dengan menggunakan web site bookmarking. Caranya adalah dengan mengikuti media bookmarking paling populer di dunia maya: Digg.com. Tentu saja ini akan berfungsi efektif jika Anda menggunakan bahasa Inggris pada konten Anda. Sedangkan bagi artikel berbahasa Indonesia< Anda bisa menggunakan situs: Infogue.com atau LintasBerita.com. Dengan membuat traffic referal yang ramai yang tinggi, maka Anda juga akan mendapat banyak kunjungan pada blog Anda.
  • Memasang iklan pada situs Google. Caranya adalah dengan menggunakan program periklanan AdWords. Ini akan sangat membantu Anda untuk mendapatkan kunjungan melalui mesin pencari.
  • Melakukan Blogwalking. Caranya adalah: Anda sering-sering berkunjung pada web blog milik, orang lain dan meninggalkan komentar yang positif dan friendly. Dengan begitu, si empunya blog akan penasaran terhadap Anda dan sangat mungkin melakukan kunjungan balasan pada blog Anda.
4. Melakukan optimasi pada artikel-artikel yang dipublikasikan

Adalah sangat kurang bijaksana, jika Anda hanya ingin cepat-cepat menyelesaikan tulisan dan segera mempublikasikannya, tanpa mau mengoptimalkan artikel yang telah dipublikasikan. Adapun cara yang bisa ditempuh adalah:
  • Masukkanlah URL web blog Anda ke mesin pencari terkenal seperti Yahoo, Google dan Bing
  • Lakukanlah PING setiap kali Anda selesai mempublikasikan artikel baru
  • Buatlah file peta situs web blog Anda
5. Terus Belajar dan belajar

Kegiatan Blogging adalah kegiatan yang berproses menuju kesempurnaan, Semakin banyak Anda belajar, maka akan semakin baik pula web blog Anda. Semakin sering Anda belajar, maka semakin sempurna web blog Anda. Semoga.

































No comments:

Post a Comment