Friday 2 October 2015

8 Jenis Makanan untuk Kesehatan Wanita




Setiap orang selalu mendambakan hidup sehat dan bugar dalam menjalani aktivitasnya sehari-hari. Tak terkecuali bagi kaum wanita, pastilah menginginkan kesehatan tubuh dan kecantikan yang dapat selalu terpancar pada dirinya. Salah satu cara untuk selalu sehat, adalah dengan menjaga asupan gizi dan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan wanita. Berikut ini akan saya  uraikan 8 jenis makanan yang kaya nutrisi, yang baik bagi wanita:

1. Mengonsumsi tomat untuk kecantikan kulit wajah wanita

Pada umumnya, wanita sangat khawatir dan perhatian terhadap kesehatan kulit wajah mereka. Mereka bahkan tak segan mengeluarkan banyak dana untuk perawatan dan pemulihan kecantikan kulit wajah. Nah, kandungan vitamin A dan vitamin C dalam buah tomat memberikan manfaat berupa:
  • Membersihkan wajah Anda dari jerawat.
  • Mengurangi kadar minyak pada kulit wajah
  • Membuat kulit wajah tampak segar dan bercahaya
  • Mampu menghilangkan komedo pada kulit wajah

2. Memakan buah apel untuk menjaga berat badan Anda tetap ideal

Masalah lain yang sering merisaukan kaum wanita adalah kelebihan berat badan. Msalah kelebihan berat badan ini juga paling banyak dikeluhkanoleh wanita atau ibu pasca melahirkan. Solusinya adalah Anda harus dapat mengontrol jumlah kalori dan asupan gizi lainnya agar tetap memiliki berat badan yang ideal. Buah apel telah terbukti khasiatnya selain sebagai antioxidant, juga mampu menjaga berat badan ideal Anda, karena saat mengonsumsinya, zat pemanis alaminya masuk ke dalam tubuh secara bertahap, sehingga mampu mengontrol nafsu makan.

3. Mengonsumsi sayur bayam untuk mencegah penyakit kanker

Bagi kaum wanita, penyakit kanker serviks dan kanker payudara saat ini menjadi pembunuh nomor satu di antara penyakit lainnya. Maka sangat dianjurkan bagi Anda untuk mengonsumsi sayur bayam karena bayam berkhasiat:
  • Mengandung antioxidant yang dapat meminimalisir radikal bebas yang memicu pertumbuhan dan perkembangan sel kanker di dalam tubuh manusia
  • Mengandung flavonoid, yang merupakan zat anti kanker. Flavonoid ini mampu memperlambat proses pembelahan sel kanker dalam tubuh
  • Sangat bagus untuk menambah imunitas atau kekebalan tubuh Anda
  • Sangat berguna bagi kesehatan penglihatan mata Anda
  • Sangat bermanfaat dalam menjaga tekanan darah Anda

4. Mengonsumsi biji gandum untuk pemulihan ibu pasca melahirkan

Ternyata, biji gandum utuh sangat berguna untuk membantu Anda dalam proses pemulihan pasca melahirkan.Vitamin B6 dan asam folat yang terkandung dalam gandum  juga merupakan nutrisi yang baik untuk kesehatan jantung Anda. Adapun manfaat yang lain, gejala PMS dapat diredakan dengan memgonsumsi biji gandum sebelum menstruasi atau datang bulan

5. Mengonsumsi kacang kenari untuk kesehatan organ reproduksi wanita

Bagi kaum wanita,kesehatan sistem reproduksi adalah hal yang paling penting dan menjadi prioritas utama. Dalam hal ini, kenari yang kaya akan zat omega-3 asam lemak, mampu meningkatkan kesuburan pada organ reproduksi Anda. Hal ini dikarenakan tubuh akan menggunakan omega-3 asam lemak untuk memproduksi hormonyang disebut eikosanoid.

Eikosanoid berfungsi meningkatkan aliran darah ke rahim wanita, sehingga meningkatkan kemungkinan kehamilan dan dapat memfasilitasi perkembangan janin. Manfaat lainnya, omega-3 juga dapat menurunkan resiko kelahiran preamtur dan berat lahir bayi yang rendah. Sebagai tambahan informasi, kemandulan pada wanita disebabkan antara lain:
  • Terdapat kelainan pada organ reproduksi wanita
  • Terjadinya perubahan hormon
  • Terdapat infeksi dan penyakit
  • Terdapat gangguan psikis, seperti stress pada wanita

6. Minum susu untuk menjaga kesehatan tulang

Salah satu sumber kalsium yang baik terdapat dalam susu. Kalsium ini berguna untuk menjaga kesehatan tulang. Selain itu, di dalam susu juga terkandung vitamin, protein dan mineral yang dapat membantu proses secara optimal dalam penyerapan nutrisi yang dibutuhkan tuang, sehingga menghindarkan diri Anda dari penyakit oestoporosis. bahkan kalsium juga dapat membantu Anda dalam menjaga berat badan ideal.

7. Mengonsumsi buah jeruk untuk kesehatan ibu hamil




Berbagai kandungan senyawa dalam buah jeruk sangat bermanfaat bagi ibu hamil. Kandungan vitanib C dapat juga meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh ibu hamil. Adapun asam folat pada buah jeruk juga sangat dibutuhkan bayi dalam rangka membantu membangun sel-sel baru

8. Mengonsumsi coklat untuk meredakan stress

Makanan penting yang terakhir bagi kesehatan wanita adalah coklat. Saat perubahan mood berlangsung menjelang menstruasi, Anda akan mengalami beberapa hal yang mengganggu aktivitas Anda sehingga timbullah stress. Nah, kandungan theobromin yang terkandung dalam coklat akan membantu mengaktifkan zat rasa senang, sekaligus mengatur zat stress, sehingga mampu mengatasi gejala PMS. Adapun manfaat lain dari coklat antara lain:
  • Dapat mengurangi berat badan
  • Mencegah penyakit diabetes
  • Flavonol yang terdapat pada coklat hitam mampu membuat otak kita lebih cerdas
  • Membantu meningkatkan daya konsentrasi.
















































No comments:

Post a Comment