Saturday 3 October 2015

Personality Plus, Anda termasuk yang Mana ?

Artikel saya kali ini adalah sebuah resensi buku Personality Plus, karangan Florence Littauer  yang pertama kali dicetak tahun 1983 dan telah beberapa kali mendapatkan predikat Best Seller. Kenapa buku ini menjadi kesukaan banyak orang ?  Karena lewat buku ini, Florence Littauer mencoba membantu kita untuk memahami 4 macam watak dasar manusia yang memiliki sifat dan sikap tertentu. Harapannya adalah dengan mengenal berbagai sifat orang lain, maka kita juga dapat dengan mudah mengenali sifat dan watak diri kita sendiri.
Sebagai ilustrasi, saya ingin gambarkan bahwa setiap manusia akan sering menghadapi bermacam-macam  situasi yang berbeda. Ini dikarenakan karena kita saling berinteraksi dengan tipe-tipe manusia yang berbeda-beda pula. Contoh:
  • Jika Anda seorang pimpinan perusahaan, maka tahukah Anda bagaimana membakar semangat dan motivasi  masing-masing karyawan Anda ?
  • Jika Anda seorang ayah, pernahkah Anda bingung untuk memahami karakter dan sifat masing-masing anak Anda ?
  • Jika Anda seorang suami, mampukah Anda memahami perasaan dan kebiasan istri tercinta Anda ?
  • Pernahkah Anda terpikir bahwa ada semacam pola tertentu yang mengiringi beberapa jenis watak dan sifat masing-masing manusia ?
 Nah, Littauer mencoba memaparkan kepada Anda bahwa sifat dan watak manusia itu dapat digolongkan ke dalam 4 macam, yaitu:
  1. Golongan Koleris, yang bercirikan selalu ingin tampil ke depan dan bersifat keras seperti sikap seorang komandan pasukan di medan tempur
  2. Golongan Sanguin, yang bercirikan periang, hampir tak pernah merasa susah, namun pelupa dan selalu ingin mendapat perhatian orang lain
  3. Golongan Melankolis, yang bercirikan serius, sistematis dan selalu mempertimbangkan setiap tindakannya secara matang, sebelum ia melakukannya
  4. Golongan Plegmatis, yang bercirikan pasrah, tak suka bertengkar dan menurut saja apa yang termudah baginya.
Okey, mari kita mengenalinya satu-persatu:


1. Golongan Koleris 


Golongan ini memiliki kebiasaan jika ingin menyelesaikan sebuah pekerjaan, maka ia akan melakukan dengan caranya sendiri (my way). Pribadi Koleris adalah pribadi yang kreatif, kadang bahkan tidak menuruti prosedur atau manual dari tahapan pekerjaan yang harus dilalui. Mereka memiliki semangat yang kuat untuk menuntaskan sebuah pekerjaan dengan cara yang mereka yakini kebenarannya. Positifnya adalah ia akan menerjang setiap hambatan apapun  yang menghalangi tujuan. Sedangkan negatifnya adalah ia suka sekali mengatur orang lain, tapi dirinya sendiri tidak mau diatur atau dipaksa melakukan sesuatu.



2. Golongan Sanguin

Berkebalikan dengan golongan Koleris, orang sanguin menyelesaikan pekerjaannya dengan kesan seenaknya. Padahal mereka hanya ingin melakukan pekerjaan tersebut dengan cara yang paling menyenangkan (fun away). Tapi kesan yang timbul adalah mereka ini gampangan. Akan tetapi, jika sebuah pekerjaan tersebut menyenangkan baginya, maka ia bisa lupa waktu. 

Kelemahan yang menonjol adalah mereka melaksanakan pekerjaan dengan bertele-tele, suka menunda-nunda, bahkan kadang melupakan apa yang harus dikerjakan. Ini dikarenakan orang Sanguin cenderung menganggap remeh apa yang ia kerjakan.

Selain itu, pribadi sanguin sangat menyukai keramaian. Bila ada acara yang melibatkan banyak orang, ia ingin selalu  tampil paling menonjol, baik dari segi pakaian, perilaku maupun ucapa-ucapannya. Sekilas, golongan Sanguin mirip sekali seperti seorang anak yang terkurung dalam tubuh orang dewasa. Itulah sebabnya orang Sanguin terlihat selalu awet muda dan suka bermain-main.

3. Golongan Melankolis

Golongan ini memiliki tipe pekerja yang teratur. Mereka sangat senang terhadap kerapian. Dalam hal pekerjaan, pribadi Melankolis akan melakukan dengan cara terbaik (best way), apapun dan bagaimanapun caranya. Jika dalam penyelesaian pekerjaan tersebut terdapat petunjuk manualnya, maka ia akan mengikuti manual tersebut secara keseluruhan dan 100 % benar. 

Kelompok Melankolis juga terkenal sangat tekun dan serius dalam bekerja. Akibatnya, ia akan 
menuntut hal yang sama terhadap semua staf dan rekan-rekan kerjanya. Ketika ada yang tak berjalan sesuai rencananya, maka ia akan cepat sedih dan murung sepanjang hari. Ini dikarenakan golongan Melankolis adalah yang paling mudah tersentuh perasaannya. Adapun ciri yang menonjol adalah ia selalu berpakaian rapi dan terlihat charming

3. Golongan Plegmatis

Golongan inilah yang paling menyenangkan bagi semua orang, karana orang Plegmatis tidak pernah marah. Mereka akan selalu tersenyum secara tulus. Pribadi Plegmatis juga bukan pribadi ambisius. Orangnya tenang dan tak suka bertengkar denga orang lain. bahkan orang ini cenderung pemalu dan tak ingin terlihat menonjol dalam suatu keramaian.

Seorang Plegmatis pasti akan menghargai pendapat orang lain, meski belum tentu ia melakukannya. Pada golongan satu ini, mereka akan melaksanakan pekerjaan dengan cara paling mudah (easy way). Akibatnya tak jarang mereka menempuh jalan pintas dalam mencapai tujuannya.

Nah, silahkan nilai sendiri. Termasuk pribadi manakah Anda ?








No comments:

Post a Comment