Wednesday 21 October 2015

7 Jenis Blog yang Dapat Bermanfaat bagi Orang lain




Siapapun Anda, sebelum memtuskan untuk ber-blogging-ria, Pikirkanlah satu hal: Apakah Web blog yang kita buat akan bermanfaat ? Artinya, blog yang kita buat dapat membawa manfaat bagi diri kita sendiri, dan orang lain yang akan membaca blog kita.

Indikatornya sangat jelas: 

  • Bermanfaat bagi orang lain, indikatornya adalah postingan kita banyak dibaca orang lain
  • Bermanfaat bagi diri sendiri, indikatornya adalah meningkatnya kualitas pribadi kita juga peningkatan penghasilan, tentunya.
Berikut 7 jenis blog yang bermanfaat bagi orang lain, yaitu:


1. Blog dapat menceritakan beberapa hal dari suatu topik

Jenis blog ini adalah yang paling umum dibuat oleh para blogger. Dengan latar belakang keimuan dan keahlian dalam suatu topik, maka seorang blogger dapat menceritakan atau menyenaraikan beberapa hal penting dari topik tertentu. Misalnya seorang Marketer. Maka ia dapat berbagi ilmu melalui blog dengan niche marketing. Diantaranya: cara mempromosikan suatu produk, meningkatkan minat konsumen, dan lain sebagainya.


2. Blog yang memberikan review atau ulasan

Jenis blog ini memang membutuhkan keahlian khuisus, karena sang blogger pada posisi menilai baik buruknya suatu produk atau layanan jasa. Tentu, Anda dapat me-review apa saja, baik itu blog dari teman Anda sendiri, me-review sebuah buku, me-review sebuah film, dan sebagainya. Pada dasarnya, ada dua macam review yang dibuat:
  • Review yang dibayar (biasanya untuk kegiatan promosi)
  • Review pribadi (tidak mendatangkan keuntungan apapun, sehingga lebih obyektif)

3. Blog yang menyampaikan cara melakukan sesuatu

Blog jenis ini, sering disebut sebagai blog tutorial. Intinya adalah penjelasan bagaimana Anda dapat melakukan atau membuat sesuatu (how to). Blog tutorial sangat populer dan banyak dicari orang, karena berupa pengetahuan praktis. Sebaiknya, sebelum Anda membuat blog khusus tutrrial, Anda telah memahami atau mencobanya terlebih dahulu.


4. Blog yang menceritakan kisah sukses (Success Story)

Blog jenis ini, banyak bercerita tentang kesuksesan para tokoh dan pemimpin dunia. Harapannya adalah kisah sukses tersebut dapat menginspirasi para pembaca untuk mengikuti sukses yang telah mereka raih. 


5. Blog yang berisi wawancara

Blog jenis ini banyak menyampaikan reportase atau hasil wawancara dengan orang-orang terkenal maupun para tokoh yang berpengaruh. Selain dapat memberikan inspirasi bagi para pembaca, sang tokoh atau nara sumber dapat menyampaikan opini-opininya. Dengan opini yang bermanfaat, diharapkan dapat membuat oarang lain menjadi pribadi yang lebih baik.


6. Blog yang berisi postingan link

Blog jenis ini banyak menampilkan atau membahas secara singkat seluruh poin-poin penting dari suatu topik yang diambil dari tulisan blog lain. Ini sangat bermanfaat bagi para blogger, disamping menambah silaturahmi, juga sebagai ajang share dan berbagi ilmu.


7. Blog yang berisi konten personal

Blog jenis ini biasanya menampilkan profil seseorang secara detail, mengenai profesi, latar belakan pendidikan, pengalaman dalam hidup, dan sebagainya. Apabila Anda menuliskan posting dengan jenis ini, harus hati-hati agar tidak terjebak ke dalam kesan narsis.

































No comments:

Post a Comment