Thursday 1 October 2015

Cara Ampuh Promosikan Blog Anda





Kepuasan setiap blogger adalah salah satunya dengan banyaknya kunjungan atau traffic yang tinggi pada blog-nya. Ada banyak cara untuk mempromosikan blog Anda. Akan tetapi tidak semua cara yang Anda tempuh, mampu mempromosikan blog secara ampuh. Berikut ini saya akan coab ulas tentang cara ampuh untuk mempromosikan web site atau web blog Anda:

1. Mempromosikan blog Anda melalui Mesin Pencari (Search Engine)

Teknik ini bersifat wajib Anda lakukan, karena search engine merupakan sumber paling utama traffic blog Anda. Melalui search engine inilah Anda akan mendapatkan direct traffic atau kunjungan yang langsung menuju alamat blog Anda. Mekanismenya adalah: ketika seorang pengunjung atau viewer mengetik URL dari perambah searh engine, maka otomatis ia akan mendapat tampilan halaman blog pemilik URL tersebut. Untuk itu sangat penting blog Anda dapat dikenali search engine terbesar di dunia maya, antara lain:
  • Google
  • Yahoo
  • AOL
  • ODP Dmaz (Web directory)
Adapun untuk mendaftarkan blog Anda ke search engine tersebut di atas, adalah dengan menggunakan auto web summit yang paling praktis. Selain itu ada banyak sekali layanan gratis yang menyediakan fitur pendaftaran. Silahkan Anda mencari sendiri ke search engine Google, dengan mengetikkan keyword: free auto web summit.

Untuk memudahkan dalam mendaftar ke search engine, akan lebih efektif Anda menggunakan layanan Mypagerank. Atau Anda juga dapat menggunakan fitur lain yang memang diperuntukkan bagi pencairan blog diantaranya adalah Google Blog Search dan Blog Digger. Kedua fitur ini adalah alat pencarian blog yang paling populer saat ini. Disamping itu hampir semua penyedia layanan blog memiliki fasilitas PING yang dapat memudahkan Anda dalam mempromosikan blog Anda.

2. Mempromosikan blog Anda ke directory ODP DMOZ

ODP DMOZ (Open Directory Project Directory Mozilla) adalah directory search engine terbesar untuk saat ini. Ada kurang lebih 37.000 karyawan volunteer yang menjalankan tugasnya sebagai editor pada directory tersebut. Hampir semua search engine saat ini mengacu pada directory DMOZ. Adapun beberapa search engine yang mengacu pada DMOZ daiantaranya adalah:
  • Yahoo
  • AOL
  • Lycos
  • Teoma
  • Askleevess
  • Netscape
  • Hotbot dan yang lainnya


 
Berbahagialah blogger yang situs blognya dapat ter-index ke dalam directory mereka, karena blog yang dapat masuk harus mengalami seleksi yang sangat ketat. Ini dibuktikan banyaknya situs atau web blog yang mendaftar ditolak tanpa konfirmasi sama sekali.

3. Mempromosikan blog Anda melalui media sosial seperti Twitter, Instagram, Facebook dan lainnya

Walupun jumlah follower atau banyaknya like pada media sosial tidak berpengaruh langsung pada traffic atau pengunjung blog Anda, akan tetapi berdasarkan pengalaman, situs blog yang populer di media sosial juga akan meningkatkan popularitasnya di search engine.

4. Mempromosikan blog Anda ke blog directory dan RSS Search Engine

Cara ini sangat populer dilakukan para blogger sebagai dasar utama dari SEO untuk mempromosikan blog-nya Dengan telah terdaftarnya blog Anda ke directory RSS Search Engine, tentunya akan membuat blog Anda lebih cepat "ditemukan" di dunia maya. Adapun situs-situs layanan submit RSS yang paling banyak dipergunakan blogger untuk mendaftarkan blognya ke directory RSS adalah:
  • Technocati pada URL: http://www.technorati.com
  • Blog Pulse pada URL: http://www.blogpulse.com
  • Blog Digger pada URL: http://www.blogdigger.com
  • Myblogblog pada URL: http://www.myblogblog.com
  • Digg pada URL: http://digg.com
  • Del.ico:http://www.del.icio.us
5. Mempromosikan blog Anda ke Technorati

Cara lain yang paling umum untuk meningkatkan traffic atau kunjungan pada blog Anda adalah dengan cara mendaftarkan blog atau situs Anda ke BookMark ternama seperti Technorati. Beberapa blogger bahkan memfavoritkan Technorati karena efektifitasnya dalam upaya promosi blog.

6. Mempromosikan RSS FEED Blog Anda

Untuk meningkatkan traffic reader pada RSS FEED Blog Anda, maka dapat juga memanfaatkan situs layanan RSS Submit. Keuntungannya adalah Anda bisa mendaftarkan RSS FEED secara massal ke berbagai RSS search engine. Dengan menggunakan bantuan tools RSS Submit, Anda sudah melakukan submit ke 80 directories sekaligus. Hasilnya FeedCount Anda akan mengalami peningkatan sebanyak 80 readers dan ini belum termasuk pembaca di dalamnya.

Dengan submit feed ke situs Alscoop RSS Submit Feed Pro, Anda bisa menikmati fitur RSS Submit gratisan alias cuma-cuma. Selain feed Anda akan tersimpan secara permanen di situs mereka, Anda akan lebih gampang bersaing dalam posisi perebutan SERP, karena web mereka termasuk yang memiliki Pagerank dan peringkat Alexa yang tinggi.

7. Mempromosikan blog Anda dengan cara bertukar Link Feed dan Friendfeed

Frienfeed adalah feed agregator layanan online yang memungkinkan Anda menyimpan halaman web, RSS FEED, foto, musik dan video milik keluarga atau teman-teman Anda, saat mereka membagikannya. Kelebihan lain Frienfeed adalah:
  • Memiliki layanan dengan menawarkan cara unik untuk mengetahui dan mendiskusikan informasi terbaru dengan teman-teman Anda
  • Anda dapat mengamati setiap perubahan yang terjadi pada banyak situs dan blog teman Anda secara real time, tanpa harus blogwalking (mengunjunginya)
  • Friendfeed juga dapat dihubungkan dengan layanan Facebook dan Twitter sehingga memudahkan Anda untuk meningkatkan traffic reader
  • Kelebihan lain daripada RSS FEED standart, adalah Frienfeed memiliki kemampuan menampilkan musik dan video mirip dengan layanan milik Google feedburner
Bagi Anda yang tertarik, bisa mendaftarkan diri pada: http://www.friendfeed.com

8. Mempromosikan blog Anda menggunakan PING

PING adalah pemberitahuan ke sebuah situs, bahwa blog telah dibuat atau diperbaharui. PING biasanya berupa pesan XML yang berisi URL blog. Situs pelacak blog biasanya memiliki alamat PING sendiri. Pada prakteknya, sebagian besar blogger telah memanfaatkan layanan PING untuk meningkatkan Pagerank-nya.

Kenapa PING dapat digunakan untuk promosi blog Anda ? Karena PING dapat memberitahu situs lainketika blog Anda diperbaharui, sehingga bisa mengarahkan dan meningkatkan traffic reader. Selain itu PING juga digunakan ketika sebuah blog A mengirimkan pelacakan ke blog B untuk memberitahukan pada blog B (lewat PING dan mengakibatkan pelacakan komentar)bahwa blog A mempunyai link ke blog B.

9. Mempromosikan blog Anda dengan bertukar link ( Banner Exchange)

Metode ini telah terbukti ampuh untuk meningkatkan back link dan banyak dipraktekkan oleh para blogger. Caranya adalah bertukar link dengan blog yang topiknya sama dengan blog Anda. Jika memungkinkan, bertukarlah dengan blog yang Pagerank-nya lebih tinggi.

10. Mempromosikan blog Anda dengan melakukan Blogwalking dan meninggalkan komentar

Berkunjung ke blog milik orang lain (blogwalking) dan meninggalkan komentar yang baik adalah salah satu metode yang ampuh dalam mempromosikan blog Anda. Hampir semua blogger menyukai comment yang friendly atau yang bersahabat. Karenanya, saat Anda melakukan kunjungan ke blog orang lain, biasakanlah meninggalkan kesan yang baik dengan komentar yang baik pula. Adapun tips dalam memberikan komentar adalah:
  • Usahakan komentar apapun dari Anda tetap bersifat positif pada blog orang lain
  • Anda dapat memberikan masukan, tapi jangan terkesan menggurui
  • Isilah buku tamu atau online chat atau tag board jika memang tersedia
  • Jika memberikan pujian, jangan berlebihan. Karena pujian berlebihan bisa menimbulkan persepsi lain bagi pemilik blog
  • Usahakanlah komentar Anda yang berbobot dan jangan terlalu bercanda
  • Jangan pernah melakukan spam pada blog orang lain berupa paksaan membeli suatu barang atau jasa berlebihan
11. Mempromosikan blog Anda melalui Shoutbox / Tag Board

Biasanya kotak pesan (shout box atau tag board) diletakkan pada halaman utama pada beberapa blog. namun jangan sekali-kali membuat spam dan buatlah komentar yang bersahabat. Dengan mengisi kotak pesan secara singkat dan friendly, maka Anda otomatis telah mempromosikan blog Anda

12. Mempromosikan blog Anda dengan cara bergabung dengan sebuah forum / mailing lists

Cara paling mudah untuk mempromosikan blog Anda dan menarik minat orang lain berkunjung ke blog Anda, adalah dengan meninggalkan link blog atau web site pada bagian sigature, disertai keterangan yang singkat tapi berbobot mengenai isinya.

13. Mempromosikan blog Anda melalui e-mail (Signature e-mail)

Metode promosi blog melalui e-mail ini sangat efektif, sepanjang tidak sampai dianggap spam. Misalnya Anda mengirimkan signature e-mail kepada saudara atau teman, rekan kerja  atau lainnya, cukup berikan alamat blog Anda tanpa melakukan paksaan kunjungan

14. Mempromosikan blog Anda dengan cara menggunakan template yang elegan

Beberapa blogger terjebak pada pola pemikiran yang kurang tepat. Mereka menambahkan fasilitas periklanan yang berlebihan dan berfikir untuk menjadikan blog atau web sitenya sebagai monetize blog. Bahkan web blog dalam bentuk CMS juga dioptimasi agar dapat mendatangkan traffic ikalan sebanyak-banyaknya, akan tetapi justru blog menjadi terlalu lamban saat dibuka pengunjung.




























































No comments:

Post a Comment