Sunday 4 October 2015

Cari Uang Pakai Blog Anda




Jika Anda seorang blogger, pasti Anda telah mengetahui, bahwa aktivitas nge-blog sudah sangat populer di Indonesia saat ini. Melalui aktivitas dengan modal jari ini, Anda dapat mencurahkan aspirasi atau berbagi ilmu dan informasi dengan orang lain. Jumlah orang yang dapat membaca tulisan Anda juga tak terbatas. Bukan hanya dalam cakupan lokal, tapi bahkan sampai lintas negara.

Selanjutnya, Anda dapat mempertimbangkan untuk memonetisasi blog Anda. Bukankah lebih bersemangat jika Anda selain menghasilkan tulisan, juga dapat menghasilkan uang ? Lalu bagaimana caranya ? Okey, mari kita bahas satu-persatu:
  1. Menjual jasa dari keahlian yang Anda miliki. Ini bisa dilakukan dengan cara menulis atau mempromosikan keahlian Anda melalui web blog. Artinya, selain sebagai media untuk menuangkan ide dan tulisan, blog Anda juga dapat berfungsi sebagai media periklanan Anda sendiri. Contoh keahlian yang dapat dijual (marketable) adalah: Jasa pembuatan logo, web programming, web design, copy writing, blog review, dan sebagainya.
  2. Menjual produk digital buatan sendiri. Ini bisa dilakukan dengan cara Anda membuat sebuah karya digital, misalnya e-book atau sebuah aplikasi yang dapat Anda tawarkan untuk bisa diunduh oleh pengunjung dengan membayar sejumlah uang kepada Anda.
  3. Menjual produk fisik buatan sendiri. Ini bisa dilakukan dengan cara Anda membuat karya secara fisik, seperti:  kaos, cindera mata, tas, meubeler dan lain-lain. Selanjutnya tinggal Anda promosikan melalui web blog Anda.
  4. Menjadi perantara bagi jasa orang lain. Ini bisa dilakukan dengan cara Anda menawarkan jasa travel dari sebuah biro perjalanan, menawarkan harga spesial untuk hunian kamar dari sebuah hotel yang ternama, dan lain sebagainya. Tentu saja, Anda harus menjalin kerja sama dengan pihak yang Anda promosikan tentang profit sharing yang akan Anda terima, dari setaip order yang melalui Anda.
  5. Mendaftar sebagai anggota iklan PPC (Pay-Per-Click) lokal. Ini bisa dilakukan dengan cara mendaftarkan diri Anda pada para pelaku bisnis PPC lokal. Anda akan mendapatkan fee dalam jumlah tertentu untuk setiap iklan yang di-klik secara valid oleh pengunjung blog Anda. Adapun PPC lokal yang dapat Anda ikuti seperti: KlikSaya.com, KumpulBlogger, PPCIndo, IndoFad, IdBlognetwork dan SITTI.
  6. Mendaftar sebagai anggota iklan PPC (Pay-Per-Click) asing. Ini bisa dilakukan dengan cara mendaftarkan diri Anda pada para pelaku bisnis PPC asing. Anda akan mendapatkan fee dalam jumlah tertentu untuk setiap iklan yang di-klik secara valid oleh pengunjung blog Anda. Adapun PPC asing yang dapat Anda ikuti seperti: Google Adsense dan lain sebagainya.
  7. Menampilkan banner program affiliasi asing. Ini bisa dilakukan dengan cara menampilkan banner link affiliasi berukuran 125 X 125 pada bagian Sponsor blog Anda. Cara kerjanya adalah: Anda akan mendapat sejumlah komisi dari setiap iklan yang ditindaklanjuti pembelian dari banner link tersebut.
  8. Menampilkan banner program affiliasi lokal. Ini bisa dilakukan dengan cara menampilkan banner link affiliasi lokal berukuran 125 X 125 pada bagian Sponsor blog Anda. Cara kerjanya adalah: Anda akan mendapat sejumlah komisi dari setiap iklan yang ditindaklanjuti pembelian dari banner link tersebut. Contohnya adalah affiliasi dari GoBlog Wordpress Premium Theme, yang akan membayar komisi sebesar 50 % kepada Anda selaku affiliater.
  9. Menulis review produk affiliasi. Ini bisa dilakukan dengan cara Anda menuliskan review tentang produk affiliasi yang hendak Anda promosikan di blog Anda. Cara kerjanya adalah: Anda akan mendapat sejumlah komisi dari setiap iklan yang ditindaklanjuti pembelian dari banner link tersebut.adapun contohnya adalah: program affiliasi Amazon.com dan Commision Junction.
  10. Mengikuti program Paid Review asing. Ini bisa dilakukan dengan cara Anda sebagai publisher, diminta menulis review produk atau jasa tertentu dalam bahasa Inggris. Program tersebut seperti: SponsoredReviews.com, ReviewMe, Blogsvertise, BuyBlogReviews.com.
  11. Mengikuti program Paid Review lokal. Ini bisa dilakukan dengan cara Anda sebagai publisher, diminta menulis review produk atau jasa tertentu dalam bahasa Indonesia. Program tersebut seperti: ReviewMu.com
  12. Menjual Spot Iklan Mandiri. Ini bisa dilakukan dengan cara Anda memuat iklan secara langsung kepada mereka yang tertarik memasang iklan pada blog Anda. Akan tetapi ini tentu memerlukan strategi khusus untuk dapat menarik pengiklan.
  13. Menampilkan Google Adsense for Search. Ini bisa dilakukan dengan cara Anda menampilkan Adsense for Search pada blog Anda. Untuk melakukannya, pergunakanlah layanan Google Custom Search Engine, untuk mendapatkan hasil pencarian sesuai kata kunci dan alamat situs yang Anda inginkan.
  14. Menjual Text Link Ads. Ini bisa dilakukan dengan cara menjual link di blog Anda. Dengan cara menjual link, maka Anda harus menyediakan spot text link situs-situs yang beriklan dan sekaligus mendapatkan link back dari blog Anda. Cara kerjanya adalah: semakin tinggi link ranking, ranking Alexa, ranking Technorati dan Page Rank blog Anda, maka akan semakin mahal pula harga link yang dapat Anda tawarkan. Adapun program text link yang dapat Anda coba adalah: Text-Link-Ads.com, TNX.net, LinkWorth.com dan TextLinkBrokers.com

No comments:

Post a Comment