Saturday 31 October 2015

10 Jenis Makanan untuk Kesehatan Wanita


Setiap orang, termasuk kaum wanita, pasti ingin selalu tampil bugar dan sehat. Jika hari-hari Anda dihabiskan untuk pulang-pergi ke dokter, lalu apa enaknya hidup seperti itu ? Berikut ini, adalah 10 jenis makanan yang baik untuk kesehatan wanita, biar nggak gampang sakit:


1. Yoghurt berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan probiotik di dalam yoghurt, sangat baik dalam meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Dengan rutin berolah raga dan istirahat yang cukup, maka yoghurt akan menjadi pelengkap nutrisi Anda dalam mempertahankan daya tahan tubuh yang prima.




2. Kedelai berguna untuk mencukupi kebutuhan kalsium dan vitamin D

Setiap orang, termasuk kaum wanita, sangat dianjurkan mendapatkan asupan kalsium sebanyak 1.000 sampai dengan 1.200 mg. Sedangkan asupan vitamin D sebanyak 600 sampai dengan 800 IU. Selain dari makanan yang kaya kalsium, seperti susu, sayuran berwarna hijau dan ikan teri, sumber kalsium juga bisa Anda dapatkan dari kedelai dan berbagai olahannya.


3. Coklat berguna untuk mengusir stress

Kandungan theobromin yang terdapat pada sebatang coklat, dapat membantu mengaktifkan zat rasa senang, dan mengusir perasaan stress, sehingga mampu mengatasi gejala PMS pada wanita. Sebagai informasi tambahan untuk Anda, coklat juga mampu mengurangi berat badan dan mencegah diabetes. Sedangkan kandungan flavonol yang terkandung pada sebatang coklat, juga dapat membantu Anda untuk lebih fokus serta berkonsentrasi.


4. Buah Jeruk sangat baik untuk menambah imunitas ibu hamil

Dalam buah jeruk, terdapat senyawa alami dan vitamin C yang sangat baik untuk menambah imunitas (kekebalan) tubuh ibu hamil. Adapun asam folat yang juga terkandung di dalam buah jeruk, akan sangat dibutuhkan bayi dalam proses pembentukan sel-sel baru.


5. Buah Apel sangat berguna untuk mendapatkan tubuh yang ramping

Buah apel dipercaya sangat berguna untuk membantu kaum wanita mendapatkan berat badan ideal. Disamping kandungan antioksidan yang berguna sebagai kekebalan tubuh, ternyata buah apel juga dapat mempertahankan berat badan ideal Anda. Hal ini disebabkan karena pemanis yang terkandung di dalam buah apel, akan masuk secara bertahap, sehingga mampu mengontrol nafsu makan Anda.


6. Tomat bermanfaat untuk merawat kecantikan kulit wajah

Kandungan vitamin A dan vitamin C dalam tomat, dipercaya dapat membersihkan kulit wajah Anda dari jerawat. Sebagai informasi tambahan, tomat ini juga terbukti dapat mengurangi kadar minyak di kulit wajah Anda. Nah, bagi Anda penggemar tomat, kabar baiknya adalah: Jika tomat dikonsumsi secara teratur, maka dapat menghilangkan komedo dan membuat kulit wajah Anda lebih cerah dan bercahaya.


7. Biji gandum sangat berguan pada pemulihan pasca ibu melahirkan

Selain dikonsumsi sebelum menstruasi dapat meredakan gejala PMS, biji gandum juga terbukti ampuh dalam membantu proses pemulihan kondisi tubuh ibu pasca melahirkan. Adapun vitamin B6 dan asam folat yang terkandung di dalam biji gandum utuh merupakan nutrisi yang sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung Anda.


8. Sayur bayam berguna untuk menghindari timbulnya kanker

Flavonoid adalah zat anti kanker yang terdapat di dalam sayur bayam. Flavonoid berfungsi untuk memperlambat pembelahan sel pada kanker. Sebagai informasi tambahan untuk Anda, saat ini kanker serviks dan kanker payudara adalah pembunuh dengan peringkat teratas bagi kaum wanita. Adapun manfaat lain dari sayur bayam adalah:

  • Mengandung antioksidan, yang mampu meminimalisir radikal bebas yang memicu perkembangan sel kanker di dalam tubuh
  • Zat besi pada bayam juga diketahui bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh
  • Sayur bayam juga berguna untuk meningkatkan kesehatan  penglihatan Anda
  • Sayur bayam juga mampu mengontrol tekanan darah Anda

9. Kacang kenari sangat berguna untuk organ reproduksi wanita

Bagi Anda, kaum wanita, organ reproduksi adalah hal yang sangat penting. Adapun penyebab kemandulan pada wanita, antara lain:
  • Perubahan hormon
  • Kelainan pada organ reproduksi
  • Infeksi
  • Penyakit
  • Stress pada wanita.
Maka bagi kaum wanita, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang kaya omega-3 asam lemak, seperti kenari untuk meningkatkan kesuburannya. Adapun cara kerjanya adalah sebagai berikut:
  • Tubuh wanita akan menggunakan omega-3 asam lemak untuk memproduksi hormon yang disebut dengan eikosanoid
  • Eikosanoid bertugas meningkatkan aliran darah ke rahim
  • Aliran darah ke rahim yang lancar, dapat meningkatkan kemungkinan kehamilan dan mem fasilitasi perkembangan janin
  • Omega-3 juga dikenal ampuh dalam menurunkan resiko kelahiran prematur dan berat badan bayi yang lahir rendah.

10. Susu berguna untuk menjaga kepadatan dan kesehatan tulang

Selain mengandung vitamin, mineral dan protein yang mampu mengoptimalkan penyerapan nutrisi yang dibutuhka tulang, susu juga merupakan sumber kalsium yang dibutuhkan wanita dalam menjaga kesehatan tulang. Mengonsumsi susu dan berjalan pagi secara rutin pada jam 07.00 hingga jam 08.00, akan membantu Anda terhindar dari penyakit pengeroposan tulang (osteoporosis).
































No comments:

Post a Comment