Sunday 18 October 2015

7 Penyebab Blog Sulit Mendapatkan banyak Pengunjung



Sudah menjadi cita-cita setiap blogger untuk mendatangkan banyak pengunjung (traffic reader) pada blognya. Dengan banyaknya pengunjung, maka sebuah web blog akan menjadi populer. Blog yang populer akan lebih mudah sukses daripada yang kurang populer. Kenapa ? Karena sebagian besar pengunjung blog kita datang melalui indeks search engine. Semakin eksis blog kita pada search engine, maka semakin mudah pula orang mengarahkan kunjungannya pada blog kita.

Jadi, apa penyebab sebuah blog sulit mendapatkan banyak kunjungan ? Berikut adalah penyebabnya:


1. Niche blog tidak mengandung kata kunci yang dibidik

Saya asumsikan Anda telah menetapkan niche (topik) blog. Maka langkah selanjutnya adalah 'membidik' key word (kata kunci) untk niche blog Anda. Kesalahan banyak blogger pemula seperti saya, adalah: Niche blog tidak mengandung kata kunci yang hendak kita bidik. Bayangkan apa jadinya, bila Anda 'membidik' kata kunci food art, namun URL yang Anda pilih adalah simbahdukun.blogspot.com ?


2. Blog Anda tidak SEO friendly

Blog yang tidak SEO friendly dapat dilihat dari title blog  atau judul blog yang tidak nyambung dengan content atau artikel yang Anda tulis. Untuk mengetahui 'nyambung-tidaknya' tittle tag dan content adalah dengan cara sebagai berikut: 

  • Bukalah menu homepage dari blog dan perhatikan bagian tab dari blog. Apakah sudah dapat menampilkan judul blog Anda ?
  • Jika sudah dapat menampilkan judul blog, cobalah untuk membuka salah satu artikel Anda, dan lihat tab pada browser Anda, apakah sudah menampilkan judul artikel Anda. Jika judul blog dan judul artikel sudah ditampilkan di halaman artikel, itu berarti 'sudah nyambung'.

3. Meta description blog kurang SEO friendly

Untuk membuat meta description blog Anda lebih SEO friendly, caranya adalah:
  • Bukalah menu SETELAN > PREFERENSI PENELUSURAN dan perhatikanlah bagian paling atas halaman
  • Klik EDIT pada TAG META DESCRIPTION, dan pilih 'YA'
  • Masukkanlah 150 karakter yang Anda anggap sudah mengandung key word yang tepat dalam menggambarkan isi dari judul blog Anda. Perlu diketahui, tempat ini merupakan tempat memasukkan meta description untuk homepage.
  • Klik SIMPAN Perubahan.
  • Ini berarti Anda telah mengaktifkan meta description di blog Anda.

4. Mengambil topik atau niche blog yang kurang populer

Topik atau niche blog menjadi hal yang paling mendasar saat Anda membangun sebuah web blog. Jika Anda kurang tepat mengambil niche blog, maka tentu saja tak banyak orang yang tertarik mengunjungi blog Anda. Usahakanlah mengambil niche blog yang paling banyak dicari orang. Untuk membantu penentuan niche blog yang populer, Anda dapat meamanfaatkan Tools Google Trends.


5. Artikel yang disajikan kurang jelas dan bertele-tele

Penyebab lain blog sulit mendapatkan banyak pengunjung adalah artikelnya yang kurang jelas dan bertele-tele. Anda tahu, saat ini orang semakin terbatas waktunya untuk browsing dan mencari artikel yang diinginkan. Ada berjuta artikel dengan topik yang sama, yang dapat mereka pilih. 

Maka, jika artikel yang Anda tulis kurang berkualitas dan hanya membuang-buang waktu mereka, tentu akan membuat mereka kapok untuk kembali berkunjung di masa yang akan datang. Tipsnya adalah: buatlah artikel dengan pembahasan ringkas dan bantulah dengan pointer-pointer untuk menghindari uraian yang terlalu panjang


6. Salah dalam melakukan promosi blog

Bagi blogger pemula seperti saya, biasanya sangat bersemangat untuk membagi-bagikan link blog kita melalui media sosial seperti facebook dan twitter. Ini bukan berarti cara tersebut tidak benar. Namun cobalah menggunakan cara ini dengan teknik yang bijak, yaitu hanya membagikan pada grup facebook yang member-nya memiliki minat yang sama.


7. Blogger mencari jalan pintas dengan cara 'copy paste'

Ketika seorang blogger sedang kehabisan ide, maka cara yang paling mudah adalah menyalin (copy paste) artikel dari blogger lain. Hal ini sebetulnya sangat beresiko jika ia menyadarinya. Ada dua kemungkinan yang akan terjadi jika seorang blogger terbiasa copy paste:
  • Pengunjung akan kapok kembali berkunjung, karena kemungkinan telah membaca artikel yang sama persis dari situs atau web blog lain
  • Blog Anda akan 'ditendang jauh-jauh' oleh Google karena sama persis dengan milik orang lain. Akibatnya blog Anda tak akan muncul dalam Search Engine Result Page (SERP)-nya Google. dan itu berarti blog Anda tidak nampak (invisible) lagi di dunia maya.
Demikian, 7 penyebab blog sulit mendapatkan banyak pengunjung yang dapat saya sampaikan. Akan banyak penyebab lain yang bisa masuk daftar ini. Tapi setidaknya hal-hal di atas dapat Anda  hindari agar traffic reader blog Anda dapat stabil dan bertambah banyak. Semoga.
























No comments:

Post a Comment