Thursday 15 October 2015

10 Gunung Paling Tinggi di Tata Surya

Apakah Anda termasuk orang yang menganggap bahwa gunung Everest adalah gunung tertinggi di dunia ? Jika jawaban Anda 'Ya', maka Anda harus membaca postingan ini dulu. 

Sejatinya, dalam daftar gunung tertinggi dalam tata surya, Ketinggian gunung Everest 'hanya' berada pada urutan ke-13. Atau perhatikan fakta ini: Gunung tertinggi di dunia adalah :

1. Gunung Mauna Loa / Mauna Kea




Gunung Mauna Kea terletak di utara pulau hawaii, dan berjarak 43 km Barat laut dari Hilo. Sebagai gunung aktif yang sangat besar, tak heran jika puncaknya selalu tertutup salju yang mengerucut dan sering digunakan untuk bermain ski. Sebagai informasi untuk Anda, bahwa puncak gunung Mauna Kea dimanfaatkan sebagai observatorium astronomi tertinggi di dunia.

Sebagian besar 'badan' Muna Kea berada di dalam laut. Ketika Muna Kea diukur dari dasar laut, maka tingginya adalah 10.100 meter (33, 100 kaki). Ini berarti ketinggian Muna Kea adalah dua kali ketinggian gunung Everest yang 'hanya' memiliki ketinggian dari dasar menuju puncaknya adalah 3.650 ke 4.650 meter (11,980 sampai 15,260 kaki).


2. Gunung Olympus Mons




Anda takkan pernah menjumpainya di bumi. Karena Olympus berada di planet Mars. Tercatat bahwa gunung Olympus Mons adalah gunung tertinggi  yang pernah ditemukan manusia dalam tata surya kita. Jenis gunung ini adalah gunung berapi perisai dengan ketinggian hampir 22 km atau 24 mil. Dengan begitu, Olympus mencatatkan ketinggiannya sebesar tiga kali ketinggian gunung Everest.


3. Gunung Makalu




Gunung ini tercatat sebagai gunung yang tertinggi kelima di dunia. Bentuknya yang menyerupai piramida empat sisi, menjadikannya sebagai gunung dengan bentuk yang unik. Ketinggian Makalu mencapai 8.481 meter di atas permukaan laut. Secara geografis Makalu terletak di perbatasan Nepal dan China. Jika dihitung jaraknya, maka gunung Makalu terbilang sangat dekat dengan gunung Everset, yaitu 'hanya' 19 kilo meter tenggara gunung Everest.


4. Gunung Lhotse




Masih dalam kawasan perbatasan Nepal dan China, gunung Lhotse masih terhubung dengan gunung Everest melalui wilayah selatan gunung. Lhotse tercatat memiliki ketinggian 8.516 meter di atas permukaan laut. Dalam sejarahnya, pendakian pertama atas gunung ini tercatat pada tahun 1956 oleh sebuah tim ekspedisi dari Swiss, Ernst Reiss dan Fritz Luchsinger.


5. Gunung Kangchenjunga




Ini merupakan gunung yang tercatat memiliki ketinggian ketiga tertinggi di dunia. Ketianggian Kangcenjunga mencapai 8.586 meter di atas permukaan laut. Secara geografis, gunung ini masuk daerah perbatasan Nepal-India di wilayah Himalaya. Populer dengan lima puncak gunung yang disebut "The Five Treasures of Snows", menjadikan Kangcenjunga menarik minat para pendaki untuk menaklukkannya.


6. Gunung Oberon 




Gunung yang juga populer disebut Limb Mountain, ini juga dikenal dengan Uranus IV, yang merupakan bulan utama terluar dari planet Uranus. Anda tahu, Oberon adalah bulan terbesar dan termasif dari bulan-bulan Uranian. Sedangkan dalam tata surya, ia tercatat sebagai bulan terbesar ke-9. Pesawat Voyager berhasil mendapatkan gambar sebuah puncak dengan ketinggian 11 km di sebelah tenggara Oberon. Kuat dugaan, itu mungkin puncak pusat cekungan besar dengan diameter 375 km.


7. Gunung Arsia Mons




Dengan ketinggian 11,7 km, gunung ini tergolong gunung besar yang berasal dari peristiwa vulkanik. Terletak di planet Mars, Arsia Mons memiliki diameter 270 mil atau sekitar 435 km. Jika dihitung-hitung, maka Arsia Mons memiliki besar 30 kali lipat dari gunung Mauna Loa di pulau Hawaii, yang tercatat sebagai gunung terbesar di muka bumi.


8. Gunung Euboea Montes




Terletak di planet Jupiter. Memiliki ketinggian 10,3 sampai 13,4 km atau setara dengan 6.4 sampai 8.3 mil dengan asal pembentukannya dari peristiwa tektonik. Tercatat bahwa Euboea Montes adalah sebuah gunung di lo planet Jupiter. Fitur ini dibentuk dengan memiringkan blok kerak yang dimodifikasi lanjutan oleh tanah longsaor yang besar.


9. Pegunungan Maxwell




Ini merupakan titik tertinggi di permukaan planet Venus yang ketinggiannya mencapai 11.000 meter. Pegunungan Maxwell terletak di dataran tinggi utara Ishtar Terra. Penemuan gunung ini juga cukup unik, yaitu ditemukan dengan memakai gelombang radio yang dibuat radar dan akhirnya mampu mengeksplorasi planet Venus. Peristiwa ini terjadi pada tahun 1967 yang dilakukan para ilmuwan Radio Telescope Amerika Arecibo di Puerto Rico.


10. Gunung Rheashilvia Central Peak





Memiliki ketinggian 22 kilo meter atau setara dengan 14 mil, gunung ini diduga berasal dari peristiwa tabrakan antar asteroid. Rheasilvia adalah fitur permukaan paling menonjol pada asteroid Vesta dan disimpulkan oleh para astronom sebagai sebuah kawah yang memiliki diameter sekitar 505 kilo meter. Secara jelas, fitur ini ditangkap dalam gambar Hubble pada tahun 1997.


































No comments:

Post a Comment