Friday 2 October 2015

Cari Tahu Popularitas Blog Anda




Untuk mengetahui seberapa populer blog Anda, bisa dilihat dari beberapa indikator seperti Alexa rank, Traffic Reader, Jumlah Follower atau pengikut maupun Page rank (PR). Logikanya adalah, blog yang sukses dengan traffic tinggi, pastilah blog tersebut populer. Dan blog yang populer, biasanya adalah blog yang memiliki traffic tinggi.

Okey, kali ini saya ingin membahas salah satu tools untuk mengukur tingkat popularitas blog Anda, yaitu Page rank. Kenapa ? Karena Page rank adalah sebuah ukuran penting, setidaknya bagi web blog yang dibuat oleh Google. Intinya adalah: semakin banyak halaman web lain yang link ke halaman  web blog Anda, maka Page rank pada blog Anda juga akan semakin tinggi.

Apa itu Page rank ?

Page rank adalah sebuah algoritma yang telah dipatenkan, yang berfungsi menentukan situs web mana yang lebih penting atau populer. Page rank ini merupakan salah satu fitur utama search engine Google yang diciptakan oleh pendirinya, Larry Page dan Sergey Brin. Dua orang ini merupakan mahasiswa Ph.D. pada Universitas Stanford.

Dengan pengertian lain, Page rank adalah tingkat traffic yang berasal dari search engine Google. semakin tinggi angka Page rank pada suatu situs atau web blog, maka semakin tinggi pula kemungkinan pengunjung yang melihat halaman blog Anda. Semakin banyak halaman web lain yang link dengan web Anda, maka Page rank juga akan semakin tinggi. Ini dikarenakan Google mengkombinasikan jumlah link dan kualitas konten blog untuk mengurutkan peringkat web pada search engine. Skala yang dipakai untuk Page rank terendah adalah 0 dan yang tertinggi adalah 10.

Bagaimana cara kerja Page rank ?

Secara sederhana, dapat saya gambarkan cara kerja Page rank adalah: Blog Anda akan semakin populer, jika banyak situs lain yang meletakkan link yang mengarah pada blog Anda. Akan tetapi, dengan asumsi isi atau konten blog Anda lebih berguna daripada isi atau konten blog lain. Contohnya sebuah situs atau web blog yang memiliki Page rank 10 akan diurutkan terlebih dahulu dalam list pencarian Google daripada situs atau web blog yang memiliki Page rank 9, begitu seterusnya hingga pada urutan terkecil.

Bagaimana Konsep kerja Page rank ?

Ada banyak metode yang digunakan mesin pencari untuk menentukan kualitas atau rangking sebuah halaman web blog, antara lain melalui:
  • Penggunaan Meta Tags
  • Melihat konten atau isi halaman
  • Menghitung link masuk (inbound link)
  • Menghitung link keluar (outbond link)
  • dan masih banyak metode lainnya
Pada perkembangan berikutnya, lahirlah Link Popularity, yaitu sebuah teknologi yang dikembangkan untuk memperbaiki kekurangan dari teknologi sebelumnya, yaitu Meta Keyword dan Meta Description, yang dapat dicurangi dengan halaman yang khusus didesain untuk search engine, yaitu dengan pembuatan doorway pages. Karena dengan algoritma Page rank ini, dalam setiap halaman akan dihitung sebagai link masuk (inbound link) dan link keluar (outbond link) dari setiap halaman web site atau web blog.



Page rank memiliki konsep kerja yang sama dengan link popularity. Akan tetapi, ia tidak hanya memperhitungkan "jumlah" inbound dan outbond link saja. Pendekatan yang digunakan Page rank adalah bahwa halaman Anda akan dianggap penting, apabila halaman lain memiliki link ke halaman Anda. Bahkan halaman Anda juga akan semakin penting, apabila halaman lain yang memiliki Page rank tinggi mengacu pada halaman Anda.

Kesimpulannya, konsep kerja yang dipakai Page rank adalah dengan metode proses yang berulang (rekursif), dimana ranking blog Anda akan ditentukan oleh rangking blog yang lain yang memiliki link ke halaman blog Anda. Proses ini dinamakan proses yang berulang (rekursif). Di dunia maya, ada jutaan bahkan miliaran halaman web. Oleh sebab itu, sebuah rangking halaman web atau blog ditentukan oleh struktur link dari keseluruhan halaman di dunia maya. Ini merupakan proses yang amat sangat besar dan tentu saja kompleks.
















No comments:

Post a Comment