Monday 26 October 2015

Cara Membuat Konten Blog Menjadi Viral




Bagi seorang blogger, efek viral pada konten web blog yang ditulisnya adalah merupakan tujuan utama. Dengan populernya sebuah konten pada blog Anda, maka otomatis semakin populer pula blog Anda, lantaran banyak dikunjungi orang. Bagi blogger yang sudah ahli dalam Search Engine Optimalization (SEO), tidaklah sulit membuat konten blog dikunjungi ribuan bahkan puluhan ribu reader.

Lalu bagaimana dengan blogger pemula yang tidak menguasai teknik SEO dengan baik ? Berikut, beberapa cara yang dapat Anda lakukan:


1. Jujur dalam membuat artikel atau konten blog

Jangan hanya karena ingin menaikkan rating blog, Anda membuat konten atau postingan yang berisi berita bohong (hoax). Atau untuk mendapatkan efek 'heboh', Anda membuat postingan yang berisi provokasi terhadap pemerintah, orang lain dan pihak-pihak yang tidak Anda sukai. Hal ini bukannya akan mendatangkan efek viral, tapi malah bisa-bisa Anda selaku pengelola web blog dilaporkan ke pihak yang berwajib.

Ada baiknya Anda sangat menghindari konten blog:

  1. Yang membahas masalah politik
  2. Yang membahas masalah SARA
  3. Yang berisi pornografi
  4. Yang berisi artikel tidak 'berisi' alias artikel sampah

2. Jangan suka meniru konten orang lain

Beberapa bloger masih menerapkan ilmu: Amati, Tiru dan Modifikasi (ATM). Dengan teknik ini, sang blogger hanya mengandalkan hasil blogwalking dan copas dari blog tetangganya. Kalau sudah begini, bagaimana konten Anda bisa berefek viral, jika mirip-mirip bahkan sama persis dengan konten blog orang lain ?

Bisa juga sang blogger berharap, dengan meniru konten orang lain yang telah lebih dulu menjadi viral, maka konten yang dibuatnya juga bisa ikut-ikutan viral. Lha, bagaimana ceritanya ? Konten yang terlebih dulu viral, pasti telah banyak dibaca orang. Kalau orang banyak sudah tahu, pasti ketahuan jika konten kita meniru konten yang telah ada sebelumnya. Begitu.


3. Buatlah judul artikel yang bikin pembaca penasaran terhadap isinya

Jangan pernah meremehkan kekuatan sebuah judul artikel. Karena, dengan membaca judul tersebut, seseorang akan memutuskan, apakah akan melanjutkan membaca isinya atau tidak. Maka dari itu, buatlah judul artikel yang menarik, yang dapat membuat orang penasaran dengan isi artikel. Tapi harap diingat, sebuah judul harus 'nyambung' dengan isi artikelnya. Jika tidak nyambung, pasti pembaca akan kecewa, dan kapok untuk berkunjung ke blog Anda lagi.


Saya akan contohkan judul artikel sebagai berikut:
  1. 'Manusia  Paling Aneh di Dunia'
  2. 'Melihat Manusia Paling Aneh di Dunia'
  3. 'Manusia yang Terlihat Aneh di Dunia'
  4. '10 Orang yang Masuk Daftar Manusia Teraneh di Dunia'
  5. 'Di Dunia ada Manusia Aneh'
Coba Anda pilih judul yang menarik dari ke-5 contoh tersebut. Jika pilihan Anda adalah nomor 4, maka pilihan tersebut sudah tepat.


4. Sertakan gambar yang menarik

Fungsi penambahan gambar pada artikel adalah:
  • Sebagai media menjelaskan tulisan pada artikel, Contoh: Artikel Anda membahas tentang pohon Akasia, maka tambahkanlah gambar pohon Akasia, agar pembaca tahu seperti apa wujud pohon tersebut
  • Sebagai aksesori, atau mempercantik tampilan artikel
  • Sebagai penambah kesan detail pada tulisan yang Anda buat
  • Sebagai lucu-lucuan atau humor belaka

5. Artikel harus ringkas dan jelas

Siapa sih yang betah membaca uraian panjang pada artikel, jika memang tidak diperlukan ? Boro-boro orang suka membaca uraian panjang Anda, malah yang terjadi, orang akan pindah ke 'blog sebelah' yang menampilkan artikel yang ringkas dan jelas. Maka yang terbaik adalah menulis artikel yang cukup informatif, tapi tidak berlebihan dalam uraiannya.


6. Paksa keluarga, teman dan sahabat untuk ikut membuka serta membaca artikel kita

Yang ini adalah jurus pamungkas dari seluruh jurus di atas. Dengan 'memaksa' orang-orang terdekat kita untuk membuka blog dan membaca artikel kita, maka akan tercipta efek viral yang cukup signifikan. Tapi, jangan lupa traktir makan, jika web blog Anda telah populer karena jasa mereka. Bukankah ini saling menguntungkan ?
















No comments:

Post a Comment