Sunday 8 November 2015

Tusuk Gigi dan Kunyit untuk Menghindari Bakso Boraks




Apakah anda seorang penggemar bakso ? Jika iya, maka biasanlah membawa tusuk gigi dan kunyit saat akan menyantap bakso di warung kesukaan Anda. Pada beberapa kasus, telah ditemukan ulah para pedagang bakso nakal yang memberikan boraks pada adonan baksonya, hingga membuat si daging bulat tersebut menjadi sangat kenyal dan tahan lama.

Sebenarnya penggunaan boraks juga ditemukan pada berbagai jenis makanan, seperti pada mie basah, ketupat, lontong, kecap dan kerupuk. Pada kerupuk, boraks yang ditambahkan pada pembuatannya, akan membuat kerupuk cepat mengembang dan empuk, serta memiliki tekstur yang cantik dan renyah saat digigit.

Anda sebagai konsumen tentu tak ingin menjadi korban ulah para pedagang nakal bukan ? Penggunaan boraks oleh penjual makanan akan berdampak buruk pada kesehatan tubuh konsumennya. Boraks yang tidak semestinya menjadi campuran bahan makanan, 'terpaksa' dicampurkan para penjual makanan agar makanan mereka tetap awet dan tak mudah basi. Akan tetapi, konsekuensinya, zat racun tersebut akan merusak metabolisme tubuh manusia yang memakannya.



Cara mengetahui makanan yang mengandung boraks


Sebagaimana dilansir Detik Health.com, Penyabet medali emas dalam ajang kompetisi inovasi anak, atau International Exhibition for Young Inventors (IEYI), yaitu dua siswi SMAN 3 Semarang, Dayu dan Luthfia telah menemukan solusi mudah untuk mengetahui apakah suatu makanan mengandung boraks atau tidak,  Mereka menamakan hasil temuan tersebut dengan SIBODEX (stick of boraks detector).

Caranya cukup sederhana. Anda cukup menyediakan sebatang tusuk gigi dan kunyit. lalu tusukkan tusuk gigi terlebih dahulu, lalu tusukkan pada makanan yang hendak diuji. Setelah kira-kira 5 detik, maka akan terlihat apakah makanan tersebut mengandung boraks atau tidak.

Rahasianya adalah: kunyit akan bereaksi terhadap bahan kimia apapun, termasuk boraks. Reaksi tersebut akan terlihat dengan adanya perubahan warna pada tusuk gigi. Jika makanan, atau contohnya sebutir bakso tersebut mengandung boraks, maka tusuk gigi akan berubah warna menjadi merah. So, bagi Anda penggemar kuliner bakso, biasakanlah dari sekarang membawa selalu tusuk gigi dan kunyit.


















No comments:

Post a Comment