Saturday 28 November 2015

Penyakit Jantung Dapat Diketahui Dari Rambut Anda





Metode paling umum yang dilakukan untuk mendeteksi penyakit jantung adalah dengan memeriksa kondisi darah dan tekanan jantung pasien. Akan tetapi, penemuan terbaru menyimpulkan bahwa terdapat cara yang lebih sederhana dan efisien dari dua metode di atas, yaitu dengan cara melihat rambut kepala seorang pasien.

Hasil riset membuktikan bahwa rambut Anda menyimpan berbagai informasi penting mengenai kondisi kesehatan tubuh Anda. Dengan memeriksa kondisi rambut, peneliti juga dapat mengetahui tingkat stress seseorang, yaitu berdasarkan kadar kortisol dari rambut. Kadar kortisol juga bisa digunakan untuk menentukan resiko penyakit seseorang.

Seorang peneliti dari Erasmus MC di Rotterdam, Belanda, dr. Laura Manenschijn, menjelaskan bahwa kadar kortisol yang tinggi merupakan sinyal penting bahwa seseorang berpotensi terkena penyakit jantung. Hal ini mengingat bahwa rambut dan kulit kepala dapat memberikan informasi tentang perubahan dari kadar kortisol.

Untuk mendapatkan kesimpulan ini, riset dilakukan terhadap 285 orang partisipan dengan rentang usia 65 hingga 85 tahun selama 3 bulan. Peneliti melakukan penelitian terhadap kadar kortisol mereka melalui sampel rambut kepala sepanjang 3 cm.

Hasil riset menunjukkan partisipan yang mempunyai kadar kortisol tinggi pada rambutnya, ternyata memiliki riwayat penyakit jantung, stroke dan diabetes. Inilah yang memperkuat keyakinan para peneliti, bahwa rambut seseorang dapat menyimpan berbagai informasi tentang kesehatannya, termasuk untuk menentukan resiko penyakit jantung yang mungkin dimilikinya.

No comments:

Post a Comment