Monday 2 November 2015

Biar Anak-anak Nggak Gampang Sakit




Apabila Anda seorang ayah, atau seorang bunda, pasti ingin sang buah hati selalu sehat. Kebiasaan bolak-balik ke dokter, karena sakit, akibat daya tahan tubuh anak menurun, jika bisa harus terus dihindari. Nah, berikut ini adalah  5 tips agar anak Anda nggak gampang sakit:


1. Jagalah asupan gizi yang seimbang

Untuk meningkatkan daya tahan tubuh (imunitas) anak, pastikan Anda selalu menyajikan menu makanan berisi buah dan sayur yang beraneka warna. Misalnya, brokoli, strawberi dan jeruk terbukti banyak mengandung vitamin C. Anda dapat menambahkan juga tuna, susu dan sereal untuk mendapatkan banyak dosis vitamin D. Alternatif lain untuk meningkatkan imunitas anak, Anda dapat memanfaatkan probiotik yang terkandung di dalam yoghurt


2. Biasakanlah anak Anda selalu bergerak aktif

Dalam berbagai studi dan penelitian, terbukti bahwa anak yang berolah raga dan beraktivitas rutin, akan lebih kebal dan imun terhadap paparan pilek dan flu hingga mencapai 50 %. Ini diakibatkan karena aktivitas olah raga dapat meningkatkan sirkulasi sel yang sangat berguna untuk memerangi infeksi pada tubuh anak.


3. Pastikan anak selalu mencuci tangan dengan bersih

Sangat dianjurkan membiasakan anak untuk mencuci tangan dengan benar, yaitu digosok-gosok hingga sela-sela jari, atau minimal memakai hand sanitizer sepulang sekolah, setelah bermain, sebelum makan dan setelah buang air. Dengan jalan ini, maka kemungkinan tertular penyakit, dapat diminimalisir pada anak.

Untuk hasil yang optimal, sebaiknya tangan digosok sekitar 20 detik. Usahakanlah aktivitas mencuci tangan ini dilakukan dengan suasan gembira, agar anak merasa senang untuk melakukannya. Jika si anak senang melakukannya, maka akan mudah untuk membiasakannya.


4. Jangan sering menyentuh kulit muka

Dalam banyak kasus, virus flu masuk ke dalam tubuh melalui hidung, mata dan mulut. Inilah area yang rentan terhadap penularan penyakit. Maka dari itu, biasakanlah anak Anda untuk mencuci tangan. tanamkan pada diri anak, agar tidak berbagi gelas, sedotan, ataupun sikat gigi.


5. Pastikan anak Anda mendapatkan istirahat yang cukup

Kesimpulan para ahli, bahwa kurang istirahat atau kurang tidur pada anak, akan meningkatkan kemungkinan sakit flu dan pilek. Maka dari itu, ajarilah anak Anda untuk membiasakan diri tidur pada waktu awal. Sebagai ukuran, pada umumnya bayi memerlukan sekitar 14 jam tidur sehari. Sedangkan untuk untuk anak di bawah lima tahun (balita) membutuhkan waktu tidur selama 11 hingga 13 jam dalam sehari.














No comments:

Post a Comment