Wednesday 25 November 2015

Beberapa Penyebab Nyeri Pinggang




Nyeri pinggang bisa menjadi gangguan yang menyiksa bagi beberapa orang. Terutama yang telah berusia lanjut. Nah berikut ini beberapa peneyebab nyeri pinggang menurut dr Mahdian Nur Nasution, SpBS, sebagaimana dilansir detikhealth.com (25-11-2015):


1. Karena kurang minum air putih

Jika Anda sering mengalami nyeri pinggang, maka hal pertama yang harus Anda periksa adalah pola minum Anda. Sangat mungkin nyeri pinggang yang Anda alami karena kekurangan air minum. Menurut dr. Mahdian, air sangat penting untuk tubuh karena merupakan cairan yang diperlukan, terutama bagi bantalan tulang, otot dan sendi, yang membutuhkan cairan. Apabila kekurangan cairan, maka memiliki resiko sakit pinggang.


2. Karena gerakan atau postur tubuh yang salah

Cidera ini biasanya dialami oleh para pegawai kantoran yang setiap hari duduk di depan komputer selama selama berjam-jam dan tidak merubah posisi duduknya. Akibatnya, gerakan tubuh yang manaoton tersebut sangat berpotensi memunculkan gejala nyeri pinggang


3. Karena membungkuk atau posisi yang keliru saat mengangkat beban 

Hal ini, disebabkan saat Anda membungkuk atau melakukan gerakan dengan posisi yang keliru saat mengangkat beban yang melebihi kemampuan tulang belakang Anda, maka sangat mungkin terjadi rasa nyeri pada area pinggang.


4. Karena terkena trauma atau aktivitas tubuh yang berlebihan

Jika nyeri pinggang terjadi setelah Anda menagalami benturan, trauma, atau melakukan aktivitas yang berlebihan, maka dapat dipastikan beberapa hal tersebut menjadi penyebab nyeri pinggang Anda. Penyakit nyeri pinggang dapat dikategorikan serius, jika telah berlangsung dalam beberapa hari atau dalam hitungan minggu.


5. Karena adanya gangguan pada struktur pembentuk pinggang, termasuk diantaranya tulang belakang, otot, diskus intervertebralis, dan persarafan.


Tips menghindari penyakit nyeri pinggang

  • Bagi para pegawai kantoran, sangat dianjurkan untuk merubah posisi duduk agar terbebas dari gejala nyeri pinggang
  • Apabila Anda sudah merasa tidak nyaman, maka ubahlah posisi duduk Anda
  • Sangat dianjurkan untuk banyak berdiri sekitar lima menit di sela-sela aktivitas duduk Anda, agar terhindar dari nyeri pinggang
  • Olahraga yang sangat baik untuk mencegah nyeri pinggang adalah bersepeda atau berenang.


















No comments:

Post a Comment