Thursday 5 November 2015

Pasien yang Telah Menikah Lebih Cepat Sembuh




Menjadi impian setiap orang, bahwa saat ia sakit, ada sosok spesial yang selalu mendukung dan membantunya dalam proses penyembuhan. Keadaan ini akan terasa sangat dibutuhkan penderita, ketika ia harus menjalani serangakian perawatan dan pemulihan dari sakit.

Lalu benarkah setiap pasien yang telah menikah akan lebih cepat sembuh ? Jawabannya adalah 'Ya'. Sebagaimana dilansir oleh BBC News, Kamis (5-11-2015), hasil penelitian yang dipublikasikan oleh Journal of American Medical Association, ditemukan bahwa pasien yang sudah menikah akan lebih cepat menjalani proses penyembuhan, daripada pasien yang single.

Fakta yang sama juga ditemukan oleh para peneliti dari University of Pennsylvania. Mereka telah melakukan penelitian terhadap 1.576 orang dewasa berusia lebih dari 50 tahun, yang pernah atau sudah menjalani operasi jantung. Para peneliti mengobservasi keadaan pasien pasca operasi dan bertanya tentang status mereka: apakah lajang, bercerai atau masih menikah.

Hasil yang diperoleh dari rangkaian penelitian tersebut adalah: para pasien yang telah menikah menunjukkan proses penyembuhan yang lebih progresif dibanding pasien yang tidak menikah. Masih dalam laporan yang sama, ditemukan fakta bahwa orang-orang yang belum menikah memiliki resiko 40 % lebih besar untuk meninggal. Disebutkan juga dalam laporan tersebut, bahwa pada orang yang belum menikah, memiliki resiko lebih besar menagalmi kecacatan dua tahun setelah menjalani perawatan.

Lebih lanjut, dr. Ashish Shah, selaku Kepala Transplantasi Jantung di Vanderbilt University Medical Center, menyatakan: "Selalu merasa memiliki seseorang yang mendukung, akan membuat pasien beupaya melakukan hal terbaik untuk kesembuhannya." Sebagian besar ahli bedah jantung setuju, bahwa stress yang dialami pasien, juga akan mempersulit proses operasi.

Shah menyimpulkan bahwa hubungan antara pasien yang menjalani operasi dan menikah akan mengalami penyembuhan lebih cepat, karena berhubungan dengan dukungan moral yang didapat pasien dari orang terkasih. Jadi, jika Anda memiliki keluarga yang selalu ada untuk membantu Anda, pastilah Anda akan melakukan segalanya untuk membuat mereka bahagia dan hidup lebih lama bagi kebahagiaan mereka.

Bagaimana pendapat Anda ?



















No comments:

Post a Comment