Saturday 21 November 2015

Resolusi Sehat untuk 2016




Membuat resolusi untuk diri kita sendiri adalah ide terbaik agar hidup kita well planned. Nah, karena tahun 2016 tinggal hitungan hari lagi, maka tak ada salahnya kita bikin resolusi. Tak perlu muluk-muluk, tetapkan saja rencana Anda agar dalam sepanjang tahun 2016 nanti, tubuh tetap sehat dan bugar. Berikut resolusi sehat untuk 2016 yang diolah dari berbagai sumber, untuk dapat Anda buat dalam menyambut tahun baru nanti.


1. Melakukan olah raga rutin

Resolusi pertama yang bagus untuk ditargetkan adalah berolah raga secara rutin tiga kali seminggu. Hal ini jadi prioritas pertama, karena dapat membuat Anda selalu tampil sehat dan bugar. Cukup luangkan waktu selama 20 hingga 30 menit setiap sesi, maka Anda dapat terhindar dari gampang sakit saat menjalankan aktivitas sehari-hari.


2. Membuat target dengan proyeksi yang jelas

Proyeksikan dengan jelas apa yang menjadi target Anda pada tahun 2016 nanti. Misalnya, Anda membuat target menurunkan berat badan 10 kilogram, maka bayangkan dari sekarang apa saja tindakan Anda untuk memenuhi target tersebut. Kemudian pegang teguh komitmen diri Anda sendiri agar pikiran dan fisik Anda secara otomatis mengondisikan pencapaian target.


3. Berjanji meninggalkan junk food dan minuman bersoda

Cobalah untuk berkomitmen untuk menghindari makanan tak bergizi alias makanan 'sampah' serta minuman bersoda di tahun depan. Anda tahu, minuman bersoda memiliki kadar gula dan kalori yang sangat tinggi. 

Bayangkan saja, dalam satu kaleng minuman bersoda terdapat 150 kalori. Maka, jika Anda minum soda sampai beberapa kaleng secara rutin, dipastikan kadar gula dan kalori  dalam tubuh Anda akan melonjak drastis. Yang terjadi selanjutnya adalah: resiko terkena obesitas dan diabetes. Sehingga sangat dianjurkan untuk mengganti minuman Anda dengan air putih, atau jika takut bosan dengan rasa tawar, Anda dapat menambahkan perasan air jeruk nipis pada air putih Anda.


4. Membuat resep makanan sehat sendiri

Dengan asumsi bahwa makanan yang Anda beli di 'luar' tidak diketahui nilai gizi dan keamanannya, maka alangkah bijaksana jika Anda dapat memperbanyak menu makanan sehat dengan resep buatan sendiri, memakai bahan-bahan yang masih segar. Sesuaikan kadar gula, garam dan lemak (GGL) pada menu masakan Anda, sesuai takaran yang diperbolehkan.


5. Melakukan lebih banyak aktivitas fisik

Seperti telah menjadi masalah yang umum ditemukan pada masyarakat perkotaan, bahwa para karyawan dan pegawai kantoran cenderung kurang bergerak atau melakukan aktivitas fisik. Oleh karena itu, untuk memastikan produktivitas Anda tak terganggu karena sering sakit, maka perbanyaklah aktivitas fisik.

Anda dapat mencoba pergi ke kantor dengan naik sepeda, berbelanja ke supermarket dengan berjalan kaki, dan mengunjungi pusat kebugaran atau gym secara rutin. Bagi ibu rumah tangga, cukup dengan mengoptimalkan pekerjaan-pkerjaan rumah, dapat membantu pembakaran lemak dan kalori pada tubuh yang dapat menyehatkan Anda.

Jadi, apa resolusi Anda ?























No comments:

Post a Comment