Wednesday 18 November 2015

Kondisi Kesehatan Anda Bisa Dilihat dari Kuku Anda



Bagi sebagaian orang, kuku adalah bagian dari tubuh yang sering diabaikan. Padahal, kondisi kuku Anda dapat menjadi indikator dari kesehatan tubuh Anda. Cukup dengan memperhatikan perubahan struktur dan warna yang terdapat pada kuku Anda, maka kondisi kesehatan Anda dapat diidentifikasi. 

Kondisi kuku dan penjelasannya (diolah dari berbagai sumber):


1. Kuku berwarna pucat

Jika kuku tangan atau kaki Anda tampak pucat, tak ada warna merah di bawah kulitnya, maka itu merupakan indikasi bahwa Anda mengalami kekurangan darah atau anemia. Jika benar demikian, maka perbanyaklah mengonsumsi makanan bergizi, seperti daging, kacang hijau dan sayuran. Kuku pucat juga dapat mengindikasikan Anda sedang terkena diabetes atau penyakit lever


2. Kuku bergaris putih

Jika pada kuku Anda muncul garis putih, maka bisa jadi Anda sedang mengalami kekurangan protein, atau sedang bermasalah pada kesehatan lever Anda. Jika benar demikian, maka perbaikilah pola makan Anda.


3. Kuku berwarna kekuningan

Jika kuku Anda tampak berwarna kekuningan, maka sangat mungkin Anda sedang terkena infeksi jamur. Hal ini dapat dipastikan lagi, jika warna kekuningan yang muncul juga disertai proses penebalan kuku.


4. Kuku mudah sekali patah

Perhatikan kondisi kekuatan kuku Anda. Jika ia terlihat rapuh dan mudah sekali patah, maka hal tersebut adalah gejala hormon thyroid Anda sedang bermasalah. Untuk memastikan kondisi tersebut, sangat dianjurkan agar Anda berkonsultasi ke dokter.


5. Kuku terasa sangat kasar

Jika Anda merasa kuku anda tumbuh kasar dan diiringi proses penebalan kuku, maka ini adalah indikasi bahwa Anda terkena penyakit psoriasis. Sebagaimana banyak diketahui, penyakit ini sering menyerang pada bagian kuku dan kulit manusia.


6. Kuku tampak menghitam

Coba, perhatikan sejenak warna kuku Anda. Jika sebelumnya kuku Anda tak mengalami benturan atau cidera apapun, tetapi tiba-tiba ia menghitam, maka sangat mungkin hal tersebut menandakan bahwa Anda mengalami melanoma.




















No comments:

Post a Comment