Tuesday 10 November 2015

Terlalu Banyak Nonton TV Bikin Depresi ?




Bagi Anda penggemar acara-acara TV, agaknya harus berhati-hati. Sebab, terlalu banyak nonton TV, bukan hanya akan membuat mata Anda lelah, akan tetapi juga dapat mengganggu kesehatan mental Anda. Lho kok ?

Sebagaimana hasil penelitian yang dilakukan oleh Dr Monika Kamarkar dari University of Toledo, sebagaimana dilansir Detik Health. com, menyimpulkan bahwa menonton TV selama 2 jam sehari saja, dapat membuat orang gelisah. Lebih dari 2 jam, maka dapat memicu depresi dan gangguan ansietas.

Sejatinya Karmakar tak dapat memastikan, mana yang muncul terlebih dahulu, Depresi dengan gangguan ansietas membuat orang menonton TV 2 jam sehari, ataukah Menonton TV 2 jam atau lebih yang mebuat orang menjadi depresi. Akan tetapi, satu hal yang telah dipastikan: Kedua hal tersebut memang berkaitan, sebagaimana dikutip Medical Daily (9-11-2015).

Masih menurut Karmakar, kesimpulan ini berdasarkan penelitian yang dilakukan terhadap 406 orang dewasa. Kemudian 77 % mengaku menonton TV selama 2 jam tiap malam dan merasa gelisah. Adapun 35 % lainnya menonton TV lebih dari 2 jam dan terbukti tingkat stress, ansietas dan depresinya meningkat.


Kenapa terlalu banyak menonton TV dapat memicu stress ?

Melalui serangkaian penelitian, disimpulkan juga bahwa tayangan-tayangan menarik di TV membuat orang merasa malas bergerak, yang pada akhirnya memicu naiknya tekanan darah. Maka yang terjadi selanjutnya adalah meningkatnya resiko gangguan kesehatan lainnya seperti penyakit kardiovaskular serta penyakit diabetes miletus.

Kesimpulan yang sama juga didapat dari penelitian yang dialkukan oleh Osaka University. Dalam study tersebut, terungkap fakta bahwa jika Anda menonton TV lebih dari 5 jam, maka Anda telah meningkatkan resiko pembekuan darah  (deep vein trombosis). Ini diakibatkan karena saat Anda menonton TV, maka Anda hanya eduduk seharian, sehingga aliran darah di kaki menjadi tidak lancar. hal inilah yang akan berakibat pada penyumbatan aliran darah.

Bagaimana pendapat  Anda ?























No comments:

Post a Comment