Sunday 8 November 2015

Pakai Sandal Jepit, Ada Bahayanya Lho ...

 

 
Siapa sih orang Indonesia yang tak pernah memakai sandal jepit ? Disamping harganya yang murah, sandal jepit sangat nyaman dipakai saat santai dan beraktivitas diseputar lingkungan rumah. Tapi tahukah Anda, pakai sandal jepit yang 'tidak pada tempatnya' dan keseringan, bisa bikin bahaya lho ! Mau tahu apa bahayanya ? Yuk simak 5 bahaya pemakaian sandal jepit, yang diambil dari berbagai sumber:





1. Sandal jepit berbahaya jika dipakai berkendara

Bahaya paling utama adalah pemakaian sandal jepit untuk berkendara, baik itu mengemudikan mobil maupun mengendarai sepeda motor. Bagi pengemudi mobil, sandal jepit yang memiliki permukaan tipis dan sangat longgar, dapat mengakibatkan slip saat menginjak pedal gas, kopling, maupun rem mobil. Sedangkan bagi pengendara sepeda motor, sandal jepit bukan alas kaki yang tepat untuk menjaga keselamatan Anda.


2. Sandal jepit lebih mudah 'mengundang' bakteri

Bagi Anda yang selalu beraktivitas menggunakan sandal jepit, maka resikonya adalah kaki Anda selalu dalam keadaan terbuka dan bisa 'mengundang' 15.000 jenis bakteri yang dapat menempel pada kaki dan kuku kaki Anda. Kalau sudah begitu, Anda harus berpikir ulang, kapan sebaiknya menggunakan sandal jepit pada saat dan kondisi yang tepat.


3. Sandal jepit tidak nyaman untuk berjalan jauh atau lama

Dengan bentuknya yang sangat rata (flat),  sandal jepit bukanlah pilihan yang tepat untuk dipakai berjalan jauh atau dalam waktu yang lama. Ini disebabkan, karena sanda jepit tidak memiliki lengkungan dan penyangga untuk tumit kaki. Maka Anda akan cepat merasa lelah dan tak nyaman memakai alas kaki dengan bentuk seperti ini. Sangat dianjurkan bagi kesehatan, pakailah alas kaki yang memiliki lengkungan sesuai anatomi kaki, plus penyangga bagi tumit kaki Anda.


4. Sandal jepit dapat memicu sakit punggung

Anda boleh percaya, atau boleh tidak. Akan tetapi fakta medis menyebutkan, bahwa sandal jepit yang tidak memiliki penyangga di lengkungan kaki dan tumit, dapat memicu timbulnya nyeri pergelangan kaki dan nyeri pinggul bagi pemakainya. Dalam pemakaian jangka panjang, nyeri pergelangan kaki dan nyeri pinggul dapat memicu sakit punggung.


5. Sandal jepit dapat memicu nyeri sendi (arthritis)

Nyeri sendi berawal dari overload-nya beban yang diterima persendian kita. Disamping itu, pemakaian sandal jepit yang flat, juga mengakibatkan tumpuan pada sendi yang berlebihan ketika Anda berjalan. Disamping timbul rasa tidak nyaman, pemakaian sandal jepit saat berjalan jauh juga dapat memicu arthritis.

Bagaiamana pendapat Anda ?
















No comments:

Post a Comment