Saturday 7 November 2015

Kulkas Ini Hanya Bisa Terbuka Jika Anda Tersenyum







Saat Anda lapar dan haus, dan ingin membuka lemari es (kulkas), maka sebaiknya Anda tersenyum. Lho kok ?
Ya, karena kulkas 'Happines Counter Refrigerator' ini hanya dapat dibuka, jika orang yang membukanya tersenyum kepada sang kulkas.
Aneh ya?

Seperti yang pernah dilansir www.sidomi.com, para peneliti dari Universitas Tokyo, Jepang, mengembangkan sebuah kulkas (refrigerator) yang hanya bisa terbuka, jika orang  yang membukanya dalam keadaan tersenyum. Para peneliti tersebut menyebut proyek mereka dengan istilah 'The Counter Happines'.




Salah seorang juru bicara penelitian ini mengungkapkan bahwa tujuan proyek mereka adalah untuk mendorong setiap orang tersenyum secara alami dalam aktivitasnya sehari-hari. Untuk mewujudkan sistem tersebut, pada kulkas ditanam bult-in cybershot camera yang mempunyai sensor cahaya yang dapat memindai sebuah senyuman.

Tantangannya adalah, bagaimana membuat seseorang yang dalam keadaan lapar dan haus, mau tersenyum saat akan membuka kulkasnya. Bukankah itu di luar kelaziman ? Tapi, justru dengan 'paksaan' itulah orang akan terbiasa melakukannya dengan senyuman.

Serangkaian uji coba telah dilakukan untuk menyempurnakan kinerja kulkas tersebut. Pada hari-hari pertama, relawan cenderung memaksakan senyumannya untuk membuka kulkas. Tapi setelah melewati hari kesepuluh, senyuman mereka telah berubah, cenderung alami dan ikhlas tanpa ada rasa terpaksa.

Latar belakang pembuatan proyek ini, didasari keyakinan para peneliti, bahwa dengan semakin meningkatnya gairah orang untuk tersenyum, maka akan bertambah pula gairah hidup mereka, dan berdampak sangat signifikan dalam peningkatan produktivitas kerja. Dengan kata lain, jika Anda semakin sering tersenyum, maka semakin besar peluang Anda mendapatkan ide-ide baru di tempat kerja. 

Anda sependapat ?




















No comments:

Post a Comment