Tuesday 17 November 2015

10 Kebiasaan Kita yang Dianggap Aneh Orang Asing




Indonesia dikenal sebagai salah satu negara tujuan wisata yang banyak diminati turis asing. hal ini tidak terlepas dari keindahan alam dan keragaman budaya yang tak banyak dimiliki oleh negara-negara lain. Seringkali kita menganggap 'aneh' kebiasaan orang asing atau turis yang kebetulan sedang berkunjung ke Indonesia. Akan tetapi, beberapa kebiasaan orang Indonesia juga sering dianggap aneh oleh orang asing. Sebagaimana yang dialnsir dari  penulispro.net, berikut ini 10 kebiasaan orang Indonesia yang dianggap aneh oleh orang asing:


1. Orang menyeberang jalan di sembarang tempat

Banyak bule atau orang asing yang geleng-geleng kepala saat melihat kebiasaan orang Indonesia, menyeberang di seberang tempat. Bagi orang asing, perbuatan melanggar lalu lintas dan menyeberang sembarang tempat adalah hal yang paling 'aneh' yang masih bisa ditemui di Indonesia.


2. Orang berjalan tanpa alas kaki

Bagi sebagian besar masyarakat luar negeri, terutam negara-negara dengan 4 musim, memakai alas kaki saat berjalan adalah hal yang wajib. Maka mereka akan merasa aneh saat melihat sebagian masyarakat di pedesaan maupun di pegunngan berangkat ke ladang atau kebun dengan bertelanjang kaki.


3. Pedagang kaki lima memenuhi badan trotoar

Bagi orang bule atau masyarakat luar fungsi trotoar adalah murni untuk para pejalan kaki beraktivitas dan menikmati keinadahan kota dengan bebas tanpa terganggu lalu lalang kendaraan berrmotor. Akan tetapi, di Indonesia, para pedagang kaki lima memanfaatkan badan trotoar untuk membuka lapak dan berdagang. Inilah yang juga dirasa aneh bagi para turis yang baru datang atau mengunjungi Indonesia untuk pertama kalinya.


4. Sampah berserakan di sembarang tempat dan fasilitas umum

Bagi masyarakat negara-negara maju, ketertiban dan kebersihan sudah menjadi budaya mereka. Maka tumpukan sampah atau sampah yang berserakan di sembarang tempat, yang sering dijumpai di taman, jalan-jalan, terminal dan tempat umum lainnya adalah hal yang aneh yang masih dapat mereka saksikan di Indonesia.


5. Orang Indonesia mandi dua kali sehari

Karena kita telah terbiasa mandi dua kali sehari, maka jika kita menengetahui seseorang yang hanya mandi sekali sehari, pasti kita akan menganggapnya orang jorok. Akan tetapi bagi masayarakat yang berdiam di wilayah yang dingin, seperti Eropa  dan Amerika, mereka hanya mandi di pagi hari. Sedangkan di Jepang, mereka hanya mandi pada malam hari.


6. Orang Indonesia gemar minum jamu atau obat-obatan herbal

Dengan teknologi medis yang sudah demikian modern, orang semakin menuntut kepraktisan dalam mengonsumsi obat. Begitu juga dengan orang-orang Barat yang telah terbiasa mengonsumsi obat dalam kemasan yang praktis. Itulah sebabnya, mereka merasa aneh terhadap sebagian masyarakat kita yang masih sangat mempercayai khasiat jamu dan obat-obatan herbal liannya dalam menyembuhkan beraneka ragam penyakit


7. Masih terdapat moda transportasi bertenaga manusia

Dengan berbagai kemajuan teknologi otomotif, orang dapat melakukan perjalanan dengan moda transportasi yang cepat dan aman. Bahan bakar yang digunakan juga semakin beragam, mulai bahan bakar minyak, gas, listrik dan sebagainya. Itulah sebabnya orang-orang Barat banyak yang merasa aneh ketika masih terdapat moda transportasi bertenaga manusia, seperti becak di Indonesia


8. Masih banyak ditemui pengemis

Banyak turis asing merasa aneh, atau tepatnya risih dengan masih banyaknya para pengemis yang berkeliaran di jalan-jalan dan tak segan-segan meminta sedekah dengan cara yang agak memaksa kepada siapapun yang dijumpainya


9. Masih menjumpai suku pedalaman yang minim busana

Beberapa turis mersa aneh, ketika berkunjung ke suatu daerah pedalaman, dimana para warganya berpakaian sangat minim dan hidup sangat sederhana.


10. Selalu molor saat hendak rapat atau janjian

Kebiasan molor alias 'jam karet' ala Indonesia, masih sangat sulit dicari tandingannya. Bukan hanya dalam ketepatan waktu saat hendak rapat, saat mengadakan pertunjukan, saat janjian, bahkan dalam hal ketepatan waktu keberangkatan kendaraan atau fasilitas umum yang banyak dikeluhkan oleh orang-orang asing yang tengah berkunjung di Indonesia.

Apakah anda memiliki hal aneh lain yang bisa ditambahkan dalam daftar ini ?










































No comments:

Post a Comment