Monday 2 November 2015

Kaki Anda Sering Kram pada malam Hari ?




Pernahkah Anda merasakan kram pada kaki, bahkan ketika Anda sedang tertidur pulas ? Sebagaimana ditulis oleh Health.detik.com, kondisi kram nokturnal seperti ini telah dialami oleh     60 % orang dewasa, dimana ketika kram menyerang, maka bagian tubuh yang megalami kram akan terasa sakit, mengetat dan nyeri. 

Penjelasan secara medis dijelaskan oleh Scott Garrison, MD, PhD dari Departemen Kedokteran Olahraga di University of Alberta. Menurut Garrisaon, gangguan kram yang terjadi pada malam hari, disebabkan ketika saraf yang membawa sinyal dari otak ke otot-otot 'menembakkan' terlalu banyak pesan. Maka yang terjadi selanjutnya adalah otot akan mengalami kontraksi dengan cara yang sangat tidak nyaman bagi Anda.

Sebagaimana dilansir oleh Prevention  pada Jum'at 25 September 2015, garrison menambahkan, bahwa duduk atau terbaring dalam waktu yang lama, termasuk saat Anda sedang tertidur pulas, dapat memicu gangguan saraf seperti itu. Itulah sebabnya Anda akan sering mengalami kram pada malam hari. 

Hal yang masih menjadi pertanyaan, studi terbaru yang dilakukan Garrison dan timnya, menyimpulkan bahwa kram nokturnal pada malam hari, lebih sering terjadi saat musim panas. Selanjutnya Garrison berasumsi bahwa penyebab kram nokturnal di musim panas, adalah karena seseorang mendapat lebih banyak paparan sinar matahari. Oleh karena itu, kram yang terjadi juga dipengaruhi asupan makanan (nutrisi) yang mengatur pertumbuhan dan perbaikan serat otot.


Adapun beberapa fakta mengenai kaki kram pada malam hari adalah sebagai berikut:

  • Pertumbuhan dan perbaikan serat otot yang berlebihan, juga dapat mengirimkan pesan tertentu kepada otot bagian belakang yang berakibat pada kram
  • Pada usia 50 tahun ke atas, kram akan lebih umum terjadi pada seseorang
  • Hal ini dikarenakan, pada usia 50 tahun ke atas, seseorang akan mulai kehilangan sel-sel saraf yang mengirimkan pesan dari otak ke otot. Akibatnya, sel yang tersisa harus bekerja lebih keras lagi
  • Pada umumnya, kram di malam hari tidak berbahaya, apalagi Anda tahu penyebabnya
  • Akan tetapi, jika kram terjadi terus menerus, bisa jadi terdapat kesetidak imbangan elektrolit atau gangguan neuromuskuler seperti amytropic lateral scelerosis (ALS)
  • Untuk memastikan pemicu kram tersebut, sebaiknya dicek ke dokter

Adapun cara mengatasi kram pada malam hari adalah sebagai berikut:
  • Anda dapat meminimalisir kram di malam hari dengan cara peregangan betis, paha belakang, dan paha depan sebelum tidur
  • Peregangan dilakukan minimal 3 menit sebelum Anda tidur
  • Untuk mengurangi rasa sakit, silahkan Anda turun dari tempat tidur dan berjalanlah selama satu menit
  • Gunakanlah obat gosok hangat untuk merelaksasi otot yang kram.



No comments:

Post a Comment