Monday 16 November 2015

Sering Mengeluh Sakit, Berakibat Mudah Sakit Beneran




Sebuah studi yang melibatkan 360 orang sehat berusia 18 hingga 55 tahun, dilakukan oleh para peneliti Camegie Mellon University, yang dipublikasikan oleh Psychosomatic Medicine, Pada hari Senin (16-11-2015), menyimpulkan bahwa: Jika seseorang menilai rendah tingkat kesehatannya, maka akan berakibat kepada sistem imunitas yang dimiliki bertambah buruk. Artinya, mereka yang sering mengeluhkan kesehatannya, akan lebih rentan terkena selesma.




Studi tersebut dilakukan dengan cara meminta relawan untuk menilai kesehatan dirinya sendiri, dengan 5 kategori:

  • luar biasa
  • sangat baik
  • baik
  • biasa saja
  • buruk
Tahap selanjutnya, mereka dipapar dengan virus selesma. Para peneliti kemudian memonitor para peserta selama 5 hari untuk mengetahui apakah para relawan terkena selesma. Hasilnya: sepertiga relawan positif terkena selesma.

Dari catatan para peneliti, diketahui bagi para relawan yang menjawab bahwa kesehatannya sangat baik, baik dan biasa saja, ternyata dua kali lebih mungkin terkena selesma, daripada relawan yang merasa kesehatannya luar biasa. Hal tersebut menyimpulkan bahwa relawan yang merasa kesehatannya luar biasa, dapat memprediksi dengan baik bagaimana tubuhny bereaksi setelah terpapar selesma.

Salah seorang peneliti, bernama Prof. Sheldon Cohen menjelaskan bahwa penilaian kesehatan diri sendiri dapat berdampak apakah seseorang akan sakit atau tidak setelah terpapar virus penyebab selesma. Setelah menilai kesehatan dirinya dan dipapar virus, rupanya manusia akan 'menyetel' tubuhnya menjadi lebih peka terkait sensasi, perasaan dan gejala terkait penyakit tertentu.

Intinya, setiap orang yang percaya dirinya memiliki kekebalan tubuh yang kuat, akan merasa kuat dalam menagatasi gejala penyakit. Akan tetapi, jika Anda sering mengeluh: "wah badanku lagi tidak enak nih," maka tubuh Anda akan cenderung 'menyerah' dan rentan untuk sakit beneran.

Bagaimana pendapat Anda ?

No comments:

Post a Comment