Friday 18 September 2015

Kolonel Sanders, Impian yang Terwujud





Ini adalah kisah sukses dari Henryville, Indiana, Amerika Serikat, 125 tahun yang lalu. Kisah sukses ini adalah tentang Kolonel Harland Sanders pendiri waralaba terbesar di dunia, Kentucky Fried Chicken (KFC). Kolonel Sanders mewujudkan impiannya saat ia telah berumur 66 tahun.  Anda pasti tak pernah menyangka bahwa pensiunan Angkatan Darat Amerika ini, pernah tak memiliki uang sepeser pun kecuali dari tunjangan hari tuanya yang semakin menipis. Untuk menghadapi permasalahannya, Kolonel Sanders yang memiliki keahlian memasak telah berusaha menawarkan resep masakannya ke lebih dari 1.000 restoran di negaranya. Berbagai penolakan demi penolakan telah ia alami. Hingga berkat keuletan dan kegigihannya, ia telah menjadi simbol dari dunia kewirausahaan.



Masa Kecil Sanders

Dilahirkan pada tanggal 9 September 1890, Sanders telah banyak mengalami kesusahan dalam hidupnya. Ayahnya meninggal saat ia berusia 6 tahun. Sanders kecil pun akhirnya harus menjaga adiknya yang masih berusia 3 tahun. Selain itu, karena ibunya tak mampu bekerja, ia juga mendapat tugas memasak untuk keluarganya. Maka sejak usia 7 tahun, Sanders telah pandai memasak.

Beberapa profesi yang pernah dijalani Sanders muda adalah:
  • Bekerja di area pertanian di daerah Greenwood, Indiana, pada usia 12 tahun
  • Bekerja sebagai tukang parkir di New Albany, Indiana saat berusia 15 tahun
  • Bekerja sebagai petugas pemadam kebakaran
  • Sempat belajar ilmu hukum melalui korespondensi dan berpraktik di pengadilan
  • Sales asuransi
  • Operator kapal Feri
  • Penjual ban kendaraan bermotor
  • Operator bengkel di daerah Corbin.
Awal kesukesan Sanders

Menginjak usia 40 tahun Snders, mulai memasak untuk orang-orang yang bepergian jauh dan singgah di bengkelnya di daerah Corbin. Saat itu, memang Kolonel Sanders tak memiliki restoran. Ia memanfaatkan ruang makan bengkel untuk melayani masakan bagi para pengunjung. Kemudian ia memutuskan pindah ke seberang jalan dekat penginapan karena tak lagi dapat menampung para pengunjung yang datang. Rumah makan tersebut mampu menampung 142 orang pengunjung.

Karena merasa telah memiliki resep ayam goreng yang banyak disukai 
orang, Sanders membuka usaha waralabanya yang pertama tahun 1952. Perjuangan yang ia tempuh sangat berat untuk membangun bisnisnya di usianya yang tidak lagi muda. Ia harus menyeberangi beberapa negara bagian di Amerika untuk mengunjungi restoran-restoran yang ada. Pada setiap kunjungan, ia memasak ayam goreng di restoran tersebut, dan apabila mendapat respon positif, maka ia akan menawarkan kerja sama waralaba dengan pemilik restoran.

Hingga pada tahun 1964, Kolonel Sanders sudah mempunyai lebih dari 600 outlet waralaba ayam goreng di seluruh Amerika dan Kanada. Kemudian pada tanggal 17 Maret 1966, Perusahaan Kentucky Fried Chicken (KFC) miliknya telah menjadi perusahaan terbuka. Hingga tahun 1969, Sanders telah membukukan lebih dari 3.500 waralaba.  





KFC terus berkembang pesat, hingga saat ini lebih dari satu miliar ayam goreng hasil resep sang kolonel ini dinikmati orang setiap tahunnya. Bisnis Kolonel Sanders telah mearmbah di 80 negara seluruh dunia. Hingga usianya menginjak 90 tahun Sanders masih aktif mengembangkan bisnisnya.

 Kolonel Sanders meninggal dunia pada tahun 1980. Saat itu ia baru saja menyelesaikan perjalanan satu tahun kunjungan ke restoran-restoran miliknya, dengan jarak tempuh 250.000 mil. Sang kolonel memang telah tiada. Akan tetapi ia meninggalkan pesan  yang akan menginspirasi wirausahawan seluruh dunia, yaitu:
" Impian meraih sukses tidak harus di masa kecil. Impian bisa juga di saat usia senja."
































No comments:

Post a Comment