Thursday 24 September 2015

Tips Meraih Prestasi di Tempat Kerja







Pemahaman pertama yang harus Anda pahami dalam bekerja adalah bahwa setiap pekerjaan itu adalah amanah sekaligus sebuah kehormatan. Tidak semua orang dapat memperolehnya dengan mudah. Sebagai seorang karyawan, Anda harus memahami bahwa Anda telah terpilih secara khusus, dengan menyisihkan kompetitor lainnya, serta telah dipercaya perusahaan untuk mengembangkan perusahaan tempat Anda bekerja. Lalu bagaimana caranya agar Anda berprestasi di tempat kerja ? Berikut 4 tips untuk meraih prestasi di tempat kerja:

1. Berusahalah mencintai pekerjaan

Melakukan pekerjaan yang Anda cintai, tentu sangatlah mudah. Akan tetapi, kadang Anda berada dalam posisi harus mencintai pekerjaan yang sedang Anda jalani. Logika sederhananya adalah ketika Anda melakukan suatu pekerjaan dengan perasaan senang dan cinta, maka hasil pekerjaan tersebut akan optimal, bahkan mencapai hasil yang gemilang.

Begitu juga saat Anda mencintai pekerjaan sehari-hari. Anda akan memperoleh hasil yang memuaskan secara lahir dan batin. Rasa cinta itu akan membuat Anda tabahdan bersabar apabila hasil yang Anda harapkan belum juga tercapai. Kenapa hal tersebut dapat terjadi ? Ini terjadi karena Kecinttan Anda bukan hanya pada tataran gagasan semata, akan tetapi Anda juga mencintai apa yang sedang Anda kerjakan. banyak contoh orang yang sukses adalah mereka yang mencintai profesinya. Satu hal, yang perlu Anda ingat: bahwa kadang perasaan cinta itu tidak dapat datang dengan sendirinya. Anda harus mengusahakan sendiri perasaan cinta terhadap pekerjaan.

2. Berusahalah menikmati pekerjaan

Hal yang harus Anda lakukan berikutnya adalah berusaha menikmati pekerjaan Anda. Menikmati pekerjaan juga merupakan cara ampuh untuk dapat meraih prestasi di lingkungan kerja. Jika Anda masih kesulitan beradaptasi dengan lingkungan, atau Anda belum benar-benar menikmati pekerjaan Anda, maka tidak ada salahnya Anda mencoba beberapa tips ini:
  • Niatkanlah bekerja sebagai bentuk ibadah. Dengan begitu Anda akan termotivasi untuk menikmati pekerjaan, karena menyadari pekerjaan tersebut didasari keinginan luhur sebagai ibadah kepada Allah SWT, dengan cara mencari nafkah untuk kebutuhan keluarga
  • Menciptakan suasan kerja yang nyaman. Suasana nyaman ini akan tercipta jika Anda tidak menganggap sesama rekan sebagai kompetitor. Ajaklah mereka bekerja sama dalam satu tim untuk mencapai target kerja yang telah ditetapkan perusahaan
  • Tetap berpegang pada target kerja. Ini berarti bahwa Anda akan berusaha menikmati proses dalam mencapai target yang telah Anda tetapkan sendiri
3. Berusahalah mensyukuri pekerjaan

Apapun posisi dan pekerjaan yang sedang Anda tekuni saat ini adalah proses dari kehidupan Anda. Maka dari itu syukurilah. Itu adalah langkah awal untuk meraih prestasi di lingkungan kerja Anda. Memang bersyukur di saat kita mendapat banyak rejeki tentu sangatlah mudah. Akan tetapi bagaimana jika kita disuruh bersyukur di saat ekonomi kita sedang sulit ?

Jika Anda berusaha melatih diri untuk tetap bersyukur, walaupun sedang dalam situasi sulit, maka itu kan menambah kualitas pribadi Anda. Kualitas pribadi ini yang akan menjadi modal dalam meraih prestasi kerja. Karenanya, pada kondisi papun berusahalah untuk bersyukur kepada Allah SWT.

4. Berusahalah hingga mencapai batas kemampuan Anda

Cara yang terbaik untuk berprestasi di lingkungan kerja adalah dengan berusaha, terus berusaha dan tetap berusaha, hingga Anda mengetahui batas kemampuan Anda. Semakin meningkat pencapaian (progress) yang Anda capai, maka akan semakin berguna Anda di mata perusahaan. Puncaknya adalah Anda mampu berprestasi di lingkungan kerja.






















No comments:

Post a Comment