Wednesday 23 September 2015

Nikmatnya Berbisnis sesuai Hobi



Dalam dunia bisnis dan industri, bayak sekali tokoh yang sukses menjadi milyuner, karena berbisnis sesuai dengan hobinya. Anda dapat menyebut contoh dari para tokoh tersebut, seperti Kolonel Sanders, founder KFC yang hobi memasak. Adapula Soichiro Honda, founder pabrik otomotif "Honda" yang hobi pada permesinan dan otomotif, Konosuke Matsushita, founder Panasonic, dan lain sebagainya.

Coba Anda perhatikan kisah sukses mereka. Hobi yang tadinya hanya sekedar iseng-iseng dan sekedar melampiaskan kegemaran, ternyata dapat menghasilkan profit yang luar biasa, jika dilakukan dengan ketekunan dan rasa bahagia dalam menjalaninya.

Contoh yang lain, Anda dengan mudah mendapati kisah sukses para musisi ternama dunia. Sebagian besar dari mereka telah mengalami kehidupan yang sulit, sebelum mereka meraih puncak popularitas. Kisah-kisah mereka secara umum tentang bagaimana misalnya mereka harus rekaman dengan komputer pribadi, karena tak punya uang untuk menyewa studiao yang biaya sewanya hanya 200 ribu per-shift, saat itu. Kemudian mereka juga harus berjuang kesana-kemari sekedar mencari pinjaman uang untuk menyewa studio rekaman. Lalu dengan kegigihan dan keuletan yang luar biasa, mereka secara bertahap dapat membangun studio rekaman sendiri, dan bahkan sampai memiliki label rekaman yang lumayan besar.

Berikut beberapa contoh hobi yang dapat menjadi lahan bisnis untuk Anda:

1. Hobi Menulis

Jika Anda memiliki hobi menulis, maka Anda dapat mengirimkan tulisan Anda ke berbagai media massa untuk mendapatkan honorarium dari setiap tulisan yang dimuat. Selain itu jika Anda mampu menulis sebuah buku, Anda dapat menawarkannya ke perusahaan penerbitan buku. Dari penerbitan itu, Anda bisa mendapatkan royalti dari penerbit per-enam bulannya, atau sekalian Anda bisa menjual naskah Anda ke penerbit.

2. Hobi Traveling
Anda termasuk penyuka traveling ? Suka jalan-jalan atau mendaki gunung ? Anda dapat menjadikan hobi tersebut sebagai kegiatan bisnis rental kendaraan, outing, biro wisata dan lain-lain. Dengan dilandasi kecintaan terhadap traveling, maka bisnis ini akan terasa menyenangkan

3. Hobi Otomotif

Bagi Anda yang gemar pada dunia otomotif, maka Anda dapat memilih bisnis jual beli kendaraan atau aksesori kendaraan, spare part, atau bahkan bengkel perbaikan kendaraan. Bahkan jika Anda telah tergabung dalam komunitas pecinta kendaraan tertentu, maka Anda akan mendapat banyak informasi yang akan menunjang bisnis otomotif Anda.

4. Hobi Nonton

Anda suka menonton film dari VCD atau DVD ? maka jadikanlah kesukaan Anda itu untuk membuka lapak persewaan atau penjualan VCD atau DVD. Tapi ingat, jangan menjual yang bajakan, karena selain melanggar hukum, biasanya kaset bajakan berkualitas rendah.

5. Hobi Nge-blog

Berangkat dari hobi nge-blog, Anda dapat meraup dolar dari aktivitas ini. Tentu untuk mendapatkan advertisement sebagai sarana mendapat uang, tidaklah mudah. Menjadi blogger yang sukses, membutuhkan keuletan, konsistensi dan pengetahuan yang luas. Dengan segala modal tersebut, ditambah ketrampilan menulis, maka Anda dapat menjadikan hobi ini sebagai mata pencaharian atau lahan bisnis Anda.

Dan masih banyak lagi ...



















No comments:

Post a Comment