Saturday 26 September 2015

Inilah, Orang-orang Kaya di Dunia yang Kurang Dikenal




Lazimnya, kekayaan menjadi simbol kekuatan ekonomi seseorang. Dengan kekayaan harta yang melimpah, maka sesorang akan menjadi populer dan dipandang sebagai kaum elite, atau seseorang yang memiliki derajat sosial yang tinggi di mata masyarakat. Seseorang juga dapat memberikan pengaruh terhadap masyarakat bahkan negaranya melalui pundi-pundi kekayaan yang ia miliki.

Sebut saja tokoh super kaya seperti Bill Gates, Larry Ellison, atau pun Jeff  Bezos, adalah  nama yang sangat populer, yang wajahnya kerap menghiasai surat kabar, televisi dan media cetak lainnya. Akan tetapi tidak semua orang yang kaya raya pada level dunia, banyak dikenal orang.

Berikut ini adalah 5 orang super kaya yang tidak dikenal banyak orang:

1. Aliko Dangote

Pria ini merupakan pengusaha yang kaya raya dari Nigeria. Dia bahkan disebut-sebut sebagai orang terkaya Afrika namun jarang ada orang yang tahu. Keberadaannya pun "tenggelam" oleh para tokoh super kaya dari Eropa dan Amerika. Namun jangan salah, total kekayaan Dangote ini  ditaksir mencapai USD. 17,1 miliar atau setara  Rp. 237 triliun.
Dangote menjadi orang super kaya semenjak perusahaan produksi gulanya "go public" di bursa saham Nigeria. Selain itu, dia juga mempunyai bisnis pabrik semen dan tebu. Namun kedua bisnis ini dihentikan karena dia ingin fokus pada bisnis produksi gula.
Dangote memulai karirnya semenjak pria ini berusia 21 tahun. Dia menjadi seorang pedagang investasi dengan meminjam uang dari pamannya. Kemudian dia mengembangkan usahanya dengan mendirikan Dangote Group. Perusahaan kini juga melayani investasi di industri tekstil, minyak dan gas, serta manufaktur garam dan real estate.

2. Sammy Ofer
Meskipun dia baru saja meninggal, namanya masih layak disebut sebagai salah satu orang terkaya dunia. Sammy Ofer adalah warga Tel Aviv, Israel. Sammy lahir di Rumania dan tinggal di Monako. Dia dan keluarganya mempunyai kontrol penuh akan perusahaan pelayaran global. Dia juga menanamkan investasi di bidang real estate dan perbankan.
Keluarga Ofer adalah pemegang Zim melalui Israel Corp, yaitu perusahaan jasa pengapalan dan kilang bersama dengan Israel Chemicals. Harga saham Israel Corp naik dua kali lipat pada tahun 2009 silam dan perusahaan terus berkembang semenjak saat itu. Keluarga Ofer juga memegang saham Royal Caribbean yang bergerak di bidang kapal pesiar mewah. Kerajaan bisnis Sammy Ofer kini diambil alih oleh Eyal Ofer yang nilainya mencapai USD. 9,3 miliar.

3. Reinhold Wurth

Wurth merupakan pengusaha asal Jerman dengan kekayaan mencapai USD. 7,3 miliar. Saat pria ini berusia 19 tahun, Wurth mengambil alih bisnis grosir ayahnya, Wurth Group. Kini, perusahaan mampu mencetak penjualan USD. 12,5 miliar atau setara dengan Rp. 101 triliun.
Mungkin Anda juga tidak mengenal Wurth Group. Padahal, perusahaan ini juga mempunyai saham di perusahaan energi surya dan perbankan. Putri Reinhold Wurth, Bettina baru baru ini mengambil alih Wurth Group sebagai kepala dewan pengawas holding company tersebut.
Reinhold Wurth kini memilih pensiun dan bersantai menikmati kekayaannya. Dia telah memiliki lisensi pilot dan sering menerbangkan pesawat sendiri. Dia juga penikmat seni sejati  dan memiliki koleksi seperti karya Picasso dan Edvard Munch.

4. Jorge Paulo Lemann

Jorge Paulo Lemann memiliki kekayaan total mencapai USD. 26 miliar atau senilai Rp. 362 triliun. Pria asal Brazil ini berprofesi sebagai bankir yang sukses. Bersama kedua partnernya di dalam bisnis perbankan yakni Marcel Telles dan Carlos Sicupira, Lemann memegang kendali saham di InBev, yang bermarkas di negara Belgia.
Selain itu ia merupakan pemegang saham mayoritas pada Lojas Americanas, yaitu perusahaan yang bergerak di bidang ritel di Brasil. Dia juga seorang founder Banco Garantia pada tahun 1971, dan terbukti sukses menjadi investasi pertamanya. Kemudian dia menjual perusahaan ini tahun 1998 dengan nilai mencapai USD 675 juta.

5. Kjeld Kirk Kristiansen

Kristiansen merupakan salah satu orang super kaya di dunia yang jarang dikenal orang. Padahal, total kekayaan pria yang tinggal di Denmark ini mencapai USD. 9,5 miliar atau setara Rp. 132 triliun.
Kristiansen adalah cucu dari pendiri perusahaan Lego. Dia pernah menjalankan perusahaan tersebut selama 25 tahun, namun ketika perusahaan mengalami kerugian besar, dia mengundurkan diri pada tahun 2004 silam.
Namun demikian, dia masih menjadi wakil ketua dan pemilik tunggal Lego. Dia tidak menyerah dan mulai merestrukturisasi perusahaan dengan menjual beberapa aset Lego seperti empat taman hiburan Legoland. Perusahaan Lego akhirnya kembali hidup. Lego kini masih menjadi salah satu perusahaan terbesar pembuat mainan. Perusahaan raksasa ini kembali sukses dalam meraup untung.

No comments:

Post a Comment