Tuesday 29 September 2015

Cara Mudah Meraup Dollar Menggunakan Affiliate Marketing






Jika Anda seorang blogger, maka tentu Anda sangat paham, bahwa ada banyak cara untuk meraup dollar melalui dunia maya atau on line. Sangatlah wajar jika salah satu motivasi seorang blogger adalah mendapatkan sistem monetisasi dari apa yang ia tulis. Nah, pada artikel saya kali ini, akan coba saya ulas bagaimana cara mendapatkan uang atau dollar melalui sistem afiliasi (affiliate marketing).

banyak orang yang mengartikan Affiliate Marketing adalah identik dengan Internet Marketing. hal ini didasari fakta bahwa kegiatan ini dilakukan melalui media internet. Dalam hal ini, marketing sendiri memiliki definisi: penjualan/order/transaksi dan lain sebagainya, yang pada intinya adalah kegiatan atau aktivitas jual beli barang maupun jasa.

Tapi sebelum kita bahas affiliasi-nya, akan lebih bijak kita persiapkan dulu blog Anda, yang akan menjadi sarana monetisasi. Berikut syarat-syarat yang perlu Anda pertimbangkan untuk sebuah blog yang 'layak' untuk sistem monetisasi:
  • Konten pada blog Anda telah memiliki post atau artikel yang cukup
  • Blog Anda telah memiliki traffic yang cukup tinggi (lebih baik lagi, jika traffic tersebut Anda dapatkan melalui search engine atau mesin pencari)
  • Blog Anda memiliki topik (niche) yang menarik, Contoh: Kesehatan, Komputer, Otomotif, Cerita Misteri, Kecantikan, Bisnis dan lain-lain
  • Blog Anda terdaftar dan dapat ditelusuri search engine, seperti Google, Yahoo atau Bing
  • Blog Anda memiliki ranking Alexa yang baik
Okey, kita lanjutkan soal affiliasinya. Kegiatan Affiliate Marketing dapat Anda simpulkan: bertemunya si pemilik suatu barang atau jasa (Merchant) dengan si penjual barang atau jasa tersebut. Metode ini pertama kali dipraktekkan oleh Amazon, yang pada awalnya hanya berjualan buku-buku pada tahun 1996. Ide ini muncul, karena Amazon mencari metode yang cepat untuk menjualkan buku-bukunya. Maka didapatlah metode affiliasi ini.

Keuntungan metode affiliasi:
  1. Merchant memberikan keuntungan bagi Anda berupa tidak adanya batasan waktu. Arinya, sampai kapanpun Anda masih ingin bekerja sama dengan pihak merchant maka Anda masih berhak atas keuntungan yang diperoleh
  2. Bersifat free alias gratis. Jika Anda mengikuti semua penawaran program affiliasi di internet, maka Anda akan mendapatkannya secara cuma-cuma.
 Cara kerja metode affiliasi:
  •  Merchant menawarkan program affiliasi kepada siapapun untuk menjualkan barang-barangnya, dengan imbalan bagi hasil atas jerih payah si penjual
  • Anda selaku penjual biasanya memiliki sebuah atau lebih  web site atau web blog untuk media penawaran barang-barang dari merchant kepada konsumen, dengan kriteria yang sejenis atau sama. Contoh: Jika web blog Anda tentang Tutorial Komputer, maka Anda memiliki kesempatan untuk ikut program affiliasi dengan Amazon dan menjualkan buku-buku tentang komputer
  • Setelah terjadi sebuah transaksi yang legal dan sah, maka Anda selaku penjual berhak mendapatkan keuntungan seperti yang telah dijanjikan merchant.
  • Keuntungan yang akan Anda peroleh, biasanya bersifat akumulatif, yang harus terpenuhi besaran nilainya secara kuantitatif
  • Setelah mencapai target yang ditetapkan, maka merchant akan mengirimkan hak Anda berupa uang ke rekening Anda di bank, jasa Paypal, melalui cek, transfer tunai, dan lain sebagainya.
Beberapa syarat dalam menjalankan affiliasi:
  1. Anda wajib tergabung dengan merchant yang memberikan program affiliasi
  2. Anda wajib mengikuti aturan main yang telah ditetapkan mereka
  3. Anda memiliki kemampuan untuk menawarkan produk dan menjualnya
  4. Anda telah memiliki web site atau web blog sebagai media
  5. Lakukanlah promosi secara berkala dan tentukanlah pola penjualan yang terbaik untuk mengoptimalkan usaha Anda.



































No comments:

Post a Comment