Sunday 20 September 2015

Plugin WordPress yang Wajib di-Install untuk Blog Anda







Salah satu yang menjadi daya tarik para blogger terhadap cms WordPress adalah fasilitas plugin. Plugin WordPress sangat mudah dipasang, bahkan oleh blogger pemula sekalipun. Alat ini akan sangat berguna untuk optimasi kinerja pada blog Anda. Memang ada banyak sekali plugin pada WordPress, tapi menurut hemat penulis, sebaiknya Anda tidak meng-install lebih dari 10 plugin saja. Hal ini bertujuan untuk menghindari overload pada blog Anda, yang berujung malah menurunnya kinerja blog.



Secara garis besar Plugin WordPress dapat dirangkum dalam 3 fungsi:
  • Plugin untuk menambah kecepatan kinerja blog
  • Plugin untuk menjalankan fungsi SEO pada blog
  • Plugin yang berfungsi mengamankan blog Anda
Ketiga fungsi di atas, hanya penggolongan berdasarkan fungsi saja. Artinya, plugin-plugin tersebut recommended secara minimalis. Anda dapat menambahkan plugin yang lain, sepanjang untuk optimasi kinerja blog. Berikut Plugin-plugin yang dapat Anda gunakan:


 1. Plugin Jetpack by WordPress.Com

Bagi pengguna wordpress.com yang baru beralih ke wordpress.org self hosting pasti akan merasakan sedikit kebingungan. Dimana pada blog wordpress gratisan dulu opsi pengaturannya sudah lengkap, mulai dari share button sampai site stats blog. Anda tak perlu khawatir, dengan adanya plugin Jetpack Anda bisa mensetting dasbor maupun tampilan blog sama seperti pada blog wordpress yang gratisan. 

2. Plugin Google XML Sitemaps

Fungsi dari Google XML Sitemap pada blogmemiliki fungsi  agar tulisan  Anda yang terbaru cepat diindex oleh search engine Google. Dengan adanya sebuah plugin pada blog wordpress, tulisan terbaru kita akan otomatis ter-up date oleh Google. Agar Anda bisa memasang Google XML Sitemap, tidak hanya bisa memasang plugin saja, tapi harus bisa mengaturnya di Google webmaster tools.

3. Plugin WordPress SEO by Yoast

Plugin WordPress SEO ini adalah salah satu plugin SEO yang paling recommended oleh para master SEO selain All in Pack SEO. Selain berfungsi untuk optimasikan blog kita di Search engine, plugin ini juga menuntun Anda bagaimana agar postingan artikel Anda lebih SEO friendly. Anda dapat melihat SEO indikator untuk melihat seberapa friendly-nya artikel Anda untuk search engine.

4. Plugin Permalink Finder

Plugin Permalink Finder ini untuk mengatasi problem banyaknya artikel blog  yang tidak bisa terdeteksi oleh Google. Jika Anda tanpa sengaja merubah Permalink blog  yang sudah lama ter-index. Akibatnya artikel Anda yang terbaca oleh Google adalah artikel dengan URL yang terdahulu. Hal ini mengakibatkan jika di-klik maka muncul statemen not found. Dengan plugin Permalink Finder, URL yang dianggap not found akan di redirect ke URL baru sehingga dapat terbaca lagi.




5. Plugin Tweet Old Post

Media sosial berupa Twitter merupakan salah satu sarana yang paling sering digunakan untuk mendulang pengunjung ke situs blogger. Dengan menggunakan Plugin Tweet Old Post, akan  membantu Anda secara otomatis men-share tulisan-tulisan lama dalam blog ke time line twitter yang terhubung. Anda juga bisa mengatur penggunaan Has tag  dan banyaknya tweet otomatis perjam.

6. Plugin Open ID

Plugin Open ID sangat disarankan bagi Anda yang menyukai aktivitas blogwalking. Terutama jika blog yang Anda kunjungi berplatfom blogspot. Banyak yang menganggap, komentar dengan Open ID lebih SEO friendly daripada dengan name dan URL blog. 

7. Plugin Google Adsense

Plugin Google Adsense berguna bagi yang sudah memiliki akun Google Adsense (GA).  Anda dapat menggunkan plugin ini guna mempermudah pemasangan kode script iklan. Singkatnya, kegunaan plugin ini untuk menampilkan iklan di tempat-tempat strategis seperti di bawah post atau di atas judul post dan lain sebagainya.

8. Plugin Share Button by AddThis

Tombol Share sangat penting, karena tombol ini berguna untuk mempermudah pengunjung untuk men-share artikel yang dirasa bermanfaat untuk diketahui banyak orang. Tentu saja hal itu membawa manfaat untuk blog Anda, otomatis saat tulisan Anda banyak di-share, semakin baik pula ranking  blog Anda di mata search engine.

9. Plugin WordPress Importer

Plugin WordPress Importer adalah plugin yang paling penting bagi blogger yang ingin migrasi dengan menyalin semua konten dari blog wordpress gratisan atau blogspot ke wordpress berbayar. Syaratnya tentu harus ada file backup dari blog lama. Untuk blog gratisan akan mudah membuat back up nya. Tapi hati-hati, Plugin WordPress Importer tidak bisa me-restore data Anda dalam media library alias gambar.


10. Plugin Akismet

Untuk keamanan blog Anda, plugin yang tak boleh ketinggalan adalah plugin anti spam. Plugin akismet ini biasanya otomatis ada secara default, setelah Anda meng-install WordPress. Fungsi Plugin Akismet adalah untuk mencegah komentar spam oleh mesin robot.





















No comments:

Post a Comment