Wednesday 23 September 2015

Tips Bijak Memilih Produk Reksadana







Perilaku manusia sangat dipengaruhi lingkungannya. Di saat lingkungan sesorang bergerak sangat cepat dan dinamis, maka orang tersebut juga akan berperilaku yang sama. Saat ini kita tengah hidup di lingkungan dan zaman instan. Semua ingin serba cepat. Mulai mie instan, kopi instan, berita yang real time, jodoh instan lewat biro perjodohan, hingga perkawinan yang berujung perceraian instan.

Tak berbeda dengan kehidupan sehari-hari, Dalam dunia investasi juga terpengaruh dengan pola pikir serba instan tersebut. Kebiasaan serba instan juga menjadi momok bagi dunia finansial, karena memicu para investor atau pelaku usaha untuk menilai performa perusahaan hanya dalam jangka pendek.

Tengoklah kelakuan mereka, sedikit penurunan saja pada nilai aset sebuah perusahaan, akan menjadi penilaian atau persepsi negatif bagi para manajer investasi. Meskipun jika mereka mau berpikir cermat dan bijaksana, performa perusahaan tersebut sangat baik dalam jangka waktu panjang. Kenapa saat ini para investor bereaksi lebih cepat ? Tentu ini disebabkan karena cepatnya akses pemberitaan perusahaan dan likuiditas yang besar di dunia finansial.

Efek yang lebih memprihatinkan adalah munculnya para spekulan pasar. Para spekulan memutar portofolio secara membabi buta, demi meraih keuntungan secara instan. Padahal apa yang mereka lakukan dapat mengorbankan perkembangan nilai aset dalam jangka panjang. Fenomena lain, demi mengejar keuntungan saat ini, kadang para trader tersebut justru kehilangan potensi keuntungan yang lebih besar dalam jangka waktu berikutnya. Kenapa hal ini bisa terjadi ? Karena ia kalah dalam hal prediksi saat menghadapi mesin yang bisa mengeksekusi perintah pembelian atau perintah penjualan saham dalam jumlah yang besar dalam hitungan se-persekian detik.

Menghadapi permasalahan tersebut di atas, banyak para pelaku usaha atau investor yang mengalihkan uangnya ke produk Reksadana. Jenis investasi ini, bagi sebagian orang dinilai lebih aman (karena nilai investasinya cenderung naik dari masa ke masa) dan memiliki prospek keuntungan yang lebih tinggi. Hanya saja, produk investasi ini, sangat tidak cocok bagi yang menginginkan keuntungan secara instan, karena Reksadana adalah investasi finansial jangka panjang (di atas 5 tahun).

Tips bijak dalam memilih produk Reksadana:
  • Pilihlah Perusahaan Asset Management yang telah terpercaya dalam mengelola investasi Reksadana
  • Pilihlah produk Reksadana dengan model investasi yang Anda pahami, memiliki performa keuangan yang baik serta dapat melayani kebutuhan para pemegang saham dengan sebaik-baiknya
  • Perusahaan Asset Management yang baik, selalu berorientasi keuntungan jangka panjang. Apabila harga saham turun dalam jangka pendek, ia justru akan melihatnya sebagai kesempatan untuk menambah jumlah saham
  • Perusahaan Asset Management yang baik, tidak selalu mengikuti trend pasar. Ia harus berpegang teguh pada metode investasi yang telah teruji
  • Perusahaan Asset Management yang terpercaya, adalah yang membeli saham ketika valuasi harga sudah rendah, menghindari perusahaan dengan kinerja buruk serta memilih perusahaan yang memiliki prestast terbaik
  • Prinsip yang harus dipegang dalam produk investasi Reksadana adalah memberi Anda keuntungan jangka panjang dengan meminimalisir resiko bagi klien-nya.


















No comments:

Post a Comment