Saturday 26 September 2015

Tips Melatih Otak Anda agar Semakin Brilian



Mungkinkah seseorang yang makin berumur, bisa memiliki otak yang semakin brilian ? Anda akan mendapati jawabannya secara lengkap, plus bagaimana cara melatih otak agar menjadi brilian dalam buku "Otak Ideal, Makin Berumur Makin Brilian." Buku karangan Toshinori Kato yang diterbitkan Qanita bulan September 2015 ini, berisi himpunan pengetahuan tentang bagaimana melatih otak Anda.
Pengalaman bertahun-tahun yang digeluti Toshinori Kato dalam meneliti lebih dari 100.000 citra otak bayi sampai dengan penelitian otak manusia hingga berusia 100 tahun, dituangkan dalam bukunya ini. Inti dari buku ini adalah mengajak Anda untuk belajar melatih:
  • Zona otak motorik
  • Zona otak pendengaran
  • Zona otak penglihatan 
Sejatinya, otak memiliki mekanismenya sendiri untuk menyimpan informasi atau meminati suatu hal. Maka, dengan mengetahui cara kerja dan mekanisme dari otak itulah, seseorang dapat mengoptimalkan kemampuan otaknya untuk dapat mencapai suatu hal (target) yang ingin dicapainya.
Berikut saya sampaikan beberapa cara atau tips yang  efektif dan efisien untuk melatih kemampuan belajar otak Anda secara optimal dan sekaligus menjadi otak brilian serta mempunyai kemampuan IQ berbintang seperti yang dikutip oleh Sotfpedia, Minggu (6/9/2015).diantaranya adalah :

1. Jangan paksa otak Anda belajar dalam waktu yang lama sekaligus


Memaksakan kerja otak dengan belajar dalam durasi yang panjang akan menghambat otak Anda menjadi brilian. Seringkali seseorang, atau anak-anak usia sekolah, menghabiskan malam yang panjang untuk belajar dalam menghadapi ujian keesokan harinya.

Padahal sebenarnya, otak lebih suka belajar secara bertahap atau sepotong sepotong dan dengan durasi waktu yang hanya sebentar saja. Sehingga lebih baik belajar selama 30 menit saja, tetapi dilakukan beberapa kali dalam sepekan, daripada belajar semalaman suntuk atau seharian penuh. 

2. Jangan paksa otak Anda, jika sudah mengantuk


Memaksakan belajar pada saat mengantuk berat adalah suatu hal yang tidak tepat. Jika Anda tidak bisa meninggalkan kebiasaan lama Anda, maka paksakan kebiasaan buruk Anda dengan cara diganti pada pagi hari, semisal pukul 04.00 atau 05.00 pagi.
Hal ini disebabkan karena secara alamiah,  ketika malam hari, otak telah lelah oleh rutinitas yang dikerjakan seharian dan membutuhkan istirahat. Belajar pada malam hari justru dapat berdampak negatif pada penalaran dan memori Anda.
3. Otak lebih suka mengingat atau mempelajari hal-hal yang bersifat pointers
Jika Anda ingin mempunyai otak brilian serta IQ berbintang, maka buatlah poin-poin secara general dari masalah itu jika Anda ingin mengingat atau menghafal suatu hal. Bukan mengingatnya secara spesifik kata per katanya.
4. Otak cepat terpacu jika Anda menetapkan tujuan yang jelas dan spesifik
Tips paling akhir yang bisa membuat otak Anda menjadi brilian, dan memiliki IQ berbintang adalah menetapkan tujuan Anda secara lebih spesifik dan jelas. Hal tersebut dikarenakan nantinya otak Anda akan menghindari hal-hal yang sifat menggangu (distraksi) pada pikiran Anda, dari hal-hal yang tidak diperlukan selain dari tujuan yang telah ditetapkan.

No comments:

Post a Comment