Thursday 24 September 2015

Tips Menggali Bakat Alami Anda







Pernahkah Anda berpikir betapa dahsyatnya jika seseorang mampu menggali bakat alaminya, lalu ia mengasah bakat tersebut ? Orang-orang hebat semacam Bil Gates, Christian Ronaldo atau Prof. Habibie adalah segelintir contoh dari dahsyatnya bakat alami yang diasah oleh pemiliknya. Dengan ketekunan luar biasa, mereka mengasah bakat alami dan mendapatkan hasil yang bahkan di luar dugaan mereka sendiri. 

Jika Anda berada dalam lingkungan kerja, coba sesekali perhatikan sekeliling Anda. Anda mungkin akan melihat ada orang yang betah duduk berlama-lama di depan komputrtnya. Bahkan saking lamanya, Anda jadi bertanya-tanya, kapan orang itu makan atau minum, atau kapan orang itu menjalankan aktivitas yang lain.

Mungkin Anda juga bertanya-tanya ketika ada teman Anda yang justru menghabiskan waktu liburnya untuk mengutak atik motor bututnya. Inilah, yang saya maksud, bahwa setiap orang memiliki passion-nya masing-masing. Akan tetapi selalu ada kesamaan pada mereka atau diri Anda. Anda tak akan merasa nyaman melakukan aktivitas di luar minat dan bakat Anda. Dengan perasaan tak nyaman itulah, maka pekerjaan Anda tak bisa optimal.

Kenapa aktivitas di luar bakat dan minat seseorang tak dapat mencapai hasil optimal ? Inilah penjelasan sederhananya; Bahwa setiap manusia dalam mengembangkan potensi dirinya dipengaruhi oleh 2 hal, yaitu:
  1. Faktor Nature, atau yang sering disebut bakat alami yang terdapat dalam DNA atau ada secara hormonal
  2. Faktor Nuture, atau latihan untuk mengasah bakat alami untuk mengoptimalkannya
Anda tak perlu merisaukan faktor Nature, karena sesungguhnya yang harus Anda lakukan adalah melatih diri Anda tak ubahnya dengan bawaan Anda sejak lahir. Semakin cepat Anda sadar untuk menemukan minat dan bakat Anda, semakin beruntunglah Anda. Karena dengan langkah awal tersebut, Anda tinggal mengasah dan mengoptimalkan bakat serta minat Anda. Selanjutnya Anda akan mudah memilih peran dan pekerjaan yang cocok untuk diri Anda.

Tips dalam mengoptimalkan potensi Anda adalah:
  • Memaksimalkan seluruh kekuatan Anda
  • Perbaiki seluruh kelemahan Anda
  • Berlatih, berlatih dan teruslah berlatih
Lalu jika Anda belum juga menemukan bakat alami Anda, berikut ini saya sampaikan 4 Tips menggali bakat alami Anda:

1. Mengenali Keahlian Anda

Pernahkah Anda mempelajari sesuatu yang benar-benar baru, dan ternyata Anda sangat mudah untuk menguasainya ? Atau Anda mengerjakan suatu pekerjaan lebih cepat daripada orang lain yang lebih dahulu mempelajari pekerjaan yang sama ? Jika jawaban untuk kedua pertanyaan tersebut adalah "Iya" maka bisa jadi itulah bakat alami Anda yang terpendam, dan sedang memanggil untuk Anda asah dan latih secara optimal.

2. Mengenali Ketertarikan Anda

Anda juga dapat mengenali bakat dari seberapa besar Anda tertarik pada suatu aktivitas atau pekerjaan. Sering kali hal-hal yang menarik perhatian Anda selalu berkorelasi dengan bakat alami yang Anda miliki. Hal ini bisa dikatakan sebagai suatu pola konsisten dalam kehidupan, dan bukan hanya pelampiasan kesenangan atau hobi semata.

3. Mengenali Kepuasan Anda

Pernahkah Anda mengingat apa saja yang membuat Anda merasakan kebahagiaan dan kepuasan dalam bekerja ? Aktivitas atau pekerjaan apa yang membuat Anda begitu hanyut dan tak ingin segera berhenti saat mengerjakannya ? Inilah salah satu tanda bakat alami Anda. Dalam keadaan terhanyut, sesorang menjadi sangat fokus terhadap apa yang ia kerjakan. Gelombang otak saat itu sama dengan gelombang otak ketika seseorang tengah tertidur lelap.

4. Mengenali Kebiasaan Anda

Pernahkah seseorang memuji Anda sebagai karyawan yang sangat teliti dan merupakan tenaga pemasar yang hebat ? Atau Anda dipuji sebagai penulis artikel yang baik ? Maka janganlah sekali-kali meremehkan hal tersebut. Itu adalah informasi mengenai bakat alami yang ada pada diri Anda. Pujian itu dapat menuntun Anda untuk menemukan bakat yang sebelumnya belum Anda ketahui dan Anda sadari.


















No comments:

Post a Comment