Sunday 27 September 2015

Tips Membuat Buku dengan Tema Lifestyle







Gaya hidup (lifestyle) kaum urban sarat akan warna dan keunikan untuk dikupas dalam bentuk buku. Bukan hanya oleh penulis profesional, saat ini banyak selebriti dunia juga tertarik menuangkan pengalaman dan pendapatnya  tentang gaya hidup. Beberapa tema yang diangkat dalam buku jenis ini juga sangat beragam. Ada yang berkisah tentang kuliner, fashion, kesehatan, kecantikan, keuangan dan pengembangan diri.

Bayangkan ilustrasi berikut: Seorang wanita muda, dibalut busana rancangan desainer ternama, menenteng branded hand bag seharga ratusan juta, keluar masuk butik di mall, makan di resto fine dining, lalu menghabiskan sisa harinya dengan kongkow bersama ladies dan socialites yang lain. 

Gambaran gaya hidup sperti ilustrasi di atas, sejatinya memang banyak terjadi di kota-kota besar. Dibalik gaya hidup glamour para sosialita, tersimpan banyak cerita. Sebagian besar bahkan bertolak belakang dengan yang terlihat oleh masyarakat umum. Fenomena gaya hidup inilah yang saat ini banyak menarik para selebriti dan publik figur untuk dikupas ke dalam buku. Kenapa selebriti dan publik figur ? Ya, karena merekalah yang paling dekat dan bahkan menjalani gaya hidup tersebut. 

Mereka dengan mudah menulis buku tersebut dengan gaya penulisan bercerita dan mengalir apa adanya. Pada beberapa kalimat memang dibuat agak menyentil agar para pembaca tak merasa bosan dan tambah penasaran. Tetapi secara umum, ulasan lifestyle harus berprinsip: No judgement. Semua kesimpulan dan penilaian dikembalikan kepada pembaca. 

Walupun terkesan fun dan enjoy, namun kenyatannya penulisan buku lifesyle tidak selalu mudah. Tak jarang penulis harus belajar dan memahami betul topik yang sedang ditulis. Topik kuliner misalnya, mereka juga menghadirkan chef papan atas sebagai nara sumber. Selain itu, penulis juga harus benar-benar mengikuti siklus tren masakan yang berjalan sangat cepat.

Berikut tips dari Nadia Mulya dan Joy Roesma (penulis buku Foodie and the City) dalam menulis buku lifestyle pada Jawa Pos (26-9-2015):
  • Terdapat Gimmick. Pada buku mereka, Foodie and the City, gimmick diletakkan pada awal sebagai penarik pembaca. Contohnya: terdapat kuis tentang tipe foodie yang manakah Anda ?
  • Tambahkanlah ilustrasi. Penambahan ilustrasi tidak hanya sekedar pelengkap tulisan, tetapi membuat cerita lebih hidup dan memberikan experience yang kian menarik untuk pembaca.
  • Gaya Tulisan harus terkesan bandel dan menyentil pembaca untuk berpikir. No judgement. Sampaikanlah keadaan yang terjadi pada masyarakat tanpa menghakimi
  • Kuasailah topik agar penulisan lebih mengalir dan tidak ruwet. Ini juga menjadi daya tarik sebuah trend book.
  • Pahamilah karakter pembaca, dengan cara memperluas koneksi bersama orang-orang yang in touch denga tema lifestyle yang diangkat. Cari tahu kebiasaan mereka saat membaca sebuah buku.



Beberapa selebriti dunia juga berlomba dalam berbagi informasi seputar gaya hidup modern. Ada yang berupa buku, ada pula yang menyampaikan lewat website lifestyle. Bagi mereka, gaya hidup yang menarik tidak hanya dilakukan sendiri, tapi juga harus dibagikan ke publik. Mereka antara lain adalah:
  • Gwyneth Paltrow, yang memiliki website bernama Goop. Dalam website-nya, Paltrow memaparkan tips gaya hidup mulai resp masakan, fashion, health, beauty, hingga art. Situsnya ini ditujukan bagi orang-orang yang membutuhkan referensi atau pengetahuan seputar gaya hidup sehat maupun trend terkini.
  • Jessica Alba, yang menuangkan pengalaman dan pendapatnya mengenai gaya hidup sehat lewat buku The Honest Life. Dalam buku tersebut, Alba memaparkan diet sehat, penataan rumah yang ramah lingkungan, konsep eco beauty, hingga kegiatan fun yang bisa dilakukan bersama anak.
  • Georgina Wilson, model asal Filipina,  yang menjadi host Asia Next Top Model season 3. Berkolaborasi denga Sollen Heusaff, keduanya menulis buku berjudul Besties. Buku yang dibagi ke dalam beberapa chapter tersebut, membahas tentang fashion, kesehatan, kecantikan, keuangan dan pengembangan diri.
  • Kim Hyo-yeon, anggota girlband Korea Selatan SNSD. juga menerbitkan buku lifestyle yang berjudul Hyo Style. Buku yang terbit pada tanggal 3 Juli lalu tersebut berisi tentang pandangan dirinya tentang penampilan dan kecantikan. Dia juga memberikan saran mengenai item yang harus dimiliki pembaca untuk menunjang penampilan.


















No comments:

Post a Comment