Friday 1 January 2016

Tips Menghadapi Kecemasan Berkepanjangan




Seiring dengan bertambahnya usia seseorang, semakin banyak pula tekanan hidup yang ia hadapi. Mulai dari masalah pekerjaan, masalah keluarga, status sosial, dan sebagainya. Beberapa orang diantaranya dapat mengalami gangguan mental, berupa kecemasan saat malam harinya (evening anxiety).

Menurut seorang ahli kesehatan mental dan panic disorder, Katharina Star PhD, Gangguan kecemasan pada malam hari (evening anxiety) tersebut disebabkan karena mereka tidak mampu mengolah mental dan pikiran, sehingga mengalami kecemasan berkepanjangan.

Nah, jika kebetulan Anda sering mengalaminya, maka harus segera diatasi dengan beberapa tips sebagaimana dirilis About Health berikut ini:


1. Lakukan perubahan mindset Anda.

Yang paling penting dalam mengatasi permasalahan kecemasan berkepanjangan adalah dengan cara mengubah mindset seseorang. Hal ini disebabkan karena orang yang mengalami kecemasan hingga malam hari cenderung berpikir bahwa semua permasalahan, termasuk berbagai permasalahan di masa yang akan datang, harus diselesaikan sekarang juga.

Akibat cara berpikir (mindset) yang salah seperti ini, selain akan menguras tenaga dan menimbulkan stress, juga akan membuat Anda tak dapat mensyukuri kehidupan. Maka janganlah memaksakan diri Anda dengan menyelesaikan segala permasalahan masa depan dengan masa kini. Gunakanlah masa kini untuk fokus pada pekerjaan yang ada.


2. Gunakan metode self talk

Tips sederhana ini terbukti sangat manjur untuk meredam kecemasan berkepanjangan. Dengan berbicara pada diri sendiri (self talk), maka beban pikiran Anda akan dapat berkurang. Lebih lanjut Katharina Star menganjurkan untuk penderita kecemasan berkepanjangan agar mengatakan pada dirinya sendiri bahwa semua akan baik-baik saja. Katakan pda diri sendiri bahwa masalah-masalah tersebut dapat dapat diselesaikan besok hari.


3. Jangan suka membawa permasalahan kantor ke rumah

Terjadinya kecemasan berkepanjangan bisa juga disebabkan permasalahan di kantor yang Anda bawa pulang ke rumah. Hal ini tentu akan membuat kecemasan bertambah, karena Anda harus menyelesaiakan permasalahan tersebut di saat jam istirahat dan berkumpul dengan keluarga tercinta.


4. Lakukan relaksasi

Untuk meredakan kecemasan yang berkepanjangan, tenangkan diri Anda denga melakukan relaksasi. Lakukanlah segala hal yang Anda sukai seperti:
  • Sesi pemijatan spa yang menyehatkan tubuh dan pikiran
  • Menikmati siaran televisi favorit Anda di rumah
  • Mengalihkan kepenatan dengan beraktivitas menyenangkan lainnya


5. Lakukan olah raga secara rutin

Tips yang paling menyehatkan adalah menyalurkan sebagian kecemasan Anda dengan melakukan olah raga secara rutin. Hal ini akan membuat tubuh Anda tidak saja bugar dan sehat, tetapi fokus terhadap kecemasan Anda dapat dialihkan pada hal yang bermanfaat. Lakukan oalh raga secara rutin dan camkanlah dalam pikiran Anda bahwa masalah besok bukan untuk hari ini.


6. Berkumpul dengan orang-orang terdekat

Niatkanlah selalu, sepulang dari kantor Anda akan mendapatkan 'hadiah' berupa berkumpul kembali dengan orang-orang terdekat yang menyayangi dan selalu menunggu di rumah. Yakinkan pada diri Anda sendiri, bahwa saat ini Anda telah berbahagia.























No comments:

Post a Comment