Saturday 9 January 2016

Mau Panjang Umur, Ngemil Kacang Aja !






Bagi masyarakat kita, kacang adalah makanan camilan yang tak asing lagi. Ada banyak variasi dalam menikmati kacang, ada kacang rebus, kacang oven, kacang goreng, kacang telur, kacang atom, dan sebagainya. 

Tak hanya itu, Anda juga dapat memilih beberapa jenis kacang untuk camilan. Akan tetapi dari sekian banyak jenis kacang, ada beberapa yang populer dan banyak dikonsumsi orang selain dari kacang tanah, yaitu kacang mede dan kacang almond. Kabar baiknya adalah kedua jenis kacang tersebut dapat menambah panjang umur atau mengurangi resiko kematian.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Gastroitestinal Cancer Center di Boston, Amerika Serikat, yang telah dimuat dalam Journal of Medicine, sebagaimana dirilis oleh newsmaxhealth.com, menyimpulkan bahwa:

  • Seseorang yang mengonsumsi 100 gram kacag secara rutin dapat mengurangi resiko kematian hingga 20 %, dibandingkan mereka yang mengonsumsi camilan yang tidak sehat
  • Semakin banyak jumlah porsi kacang yang dikonsumsi secara rutin, maka resiko kematian juga semakin turun
  • Konsumsi kacang juga diyakini sangat berhubungan dengan rendahnya resiko kematian yang diakibatkan oleh penyakit kanker, penyakit pernapasan dan penyakit jantung

Lebih lanjut, Dr. Charles Fuchs, direktur Gastrointestinal Cancer Center, menambahkan bahwa hasil peneltian selama 30 tahun tersebut tidak menyimpulkan bahwa semua jenis kacang dapat mengurangi resiko kematian. Hanya kacang mede dan kacang almond yang direkomendasikan oleh para peneliti. Itupun, juga harus memperhatikan proses pengolahannya. Kacang yang sehat adalah kacang yang diolah tanpa minyak atau hanya melalui proses pemanggangan. 

Jadi, jika ada camilan yang sehat, kenapa harus memilih camilan yang lain ? Tinggal 'kriuk', maka Anda dapat terhindar dari penyakit kanker, penyakit jantung dan penyakit pernapasan. Ditambah lagi, bonus umur panjang. Aamiin.






No comments:

Post a Comment