Sunday 17 January 2016

Blue Pond Hokkaido, Kolam Ajaib Berubah-rubah Warna






Tahukah Anda, jika ada sebuah kolam ajaib yang dapat berubah warnanya sesuai cuaca ? Ya, Kolam Biru atau yang lebih terkenal dengan sebutan Blue Pond Hokkaido, adalah kolam ajaib tersebut. Kolam ini terletak di tepi kiri sungai Bieigawa, bagian Tenggara kota biei di Hokkaido, Jepang.

Blue Pond Hokkaido hanya berjarak sekitar 2,5 kilometer di sebelah Barat Laut dari sumber mata air panas di kaku gunung Tokachi. Jika Anda penasaran dengan keajaiban kolam tersebut, maka Anda dapat mengunjunginya pada musim semi, musim panas, dan musim gugur. Untuk menuju ke lokasi kolam, Anda harus menempuh jalan kaki melewati hutan-hutan 5 sampai 10 menit dari area parkir kendaraan.


Sejarah terbentuknya Blue Pond Hokkaido

Blue Pond Hokkaido sebenarnya tidak terbentuk dengan secara sengaja. Letusan gunung Takachi pada tahun 1988, telah menyebabkan terbentuknya kolam ajaib tersebut. Sebagaimana pernah dimuat oleh VivaNews, Blue Pond Hokkaido saat ini merupakan destinasi wisata paling favorit bagi wisatawan yang berkunjung ke negeri Sakura.

Keindahan kolam Blue Pond Hokkaido semakin terlihat lengkap dengan suasan sejuk lingkungan alam sekitarnya. Di sekeliling kolam tampak batang-batang pohon rindang yang muncul dari permukaan air kolam yang bening.






Keajaiban warna kolam Blue Pond Hokkaido

Terjadinya warna biru pada kolam Blue Pond Hokkaido memang belum dapat dijelaskan secara pasti. Akan tetapi, banyak orang yang mempercayai bahwa warna biru tersebut sangat mungkin disebabkan kandungan alumunium hidroksida  yang terdapat pada air kolam. Fenomena alumuniaum hidroksida ini mencerminkan panjang gelombang cahaya biru yang lebih pendek, sebagaimana fenomena yang terjadi pada lapisan atmosfer bumi, yang membuat kita melihat langit terlihat biru.

Keajaiban kolam ini adalah perubahan warna yang terjadi mengikuti cuaca yang sedang berlangsung (sebagaimana tampak pada gambar di atas). warna yang terlihat pada permukaan kolam juga sangat indah. Kolam ini dapat terlihat berwarna biru turquoise atau hijau zamrud pada saat tertentu. Anehnya, walaupun warna biru terlihat pada permukaan kolam, akan tetapi warna biru tersebut tidak ditemukan di dalam air kolam tersebut.

Anda tertarik berkunjung ?



























No comments:

Post a Comment