Sunday 10 January 2016

Tips Menghindari Kulit Terbakar Sinar Matahari (Sunburn)




Rata-rata kulit orang Asia kita mudah sekali menjadi gelap ketika banyak mengalami paparan sinar matahari. Dampak ini sangat terlihat bagi seseorang yang banyak beraktivitas di luar ruangan, dengan resiko mengalami 'terbakar' sinar matahari (sunburn).

Menurut dr. Radityo Anugrah, SpKK, dari Barned Skin Care, orang Asia pada umumnya memang lebih mudah untuk menggelap bila terpapar sinar matahari seharian. Hal tersebut tidak berlaku bagi orang-orang bule, tapi juga dapat menagalami sunburn, sebagaimana dirilis detikHealth (10-1-2016).


Adapun beberapa tips menghindari sunburn, adalah:

  • Menggunakan alat bantu seperti payung atau pakaian pelindung tubuh dari paparan sinar matahari langsung
  • Menggunakan krim tabir surya (sunblock) untuk meminimalkan penggelapan kulit
  • Melakukan pencegahan sunburn dari dalam, dengan mengonsumsi antioksidan vitamin C agar produksi pigmennya tidak terlalu gelap
  • Gunakan krim pemutih kulit, apabila kulit telah terlanjur menggelap, dengan terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter
  • Membiarkan kulit melakukan siklus regenerasinya sendiri. Biasanya siklus regenerasi pada kulit akan berlangsung setiap dua minggu sekali. Dan inilah cara yang paling dianjurkan, karena aman dan tanpa efek samping.


No comments:

Post a Comment