Monday 18 January 2016

Ternyata, Tidur Nyenyak Dapat Mengoptimalkan Daya Ingat





Pernahkah Anda merasa kesulitan untuk mengingat atau menghafal sebuah informasi penting ? Atau Anda mudah lupa terhadap rencana kegiatan yang akan Anda lakukan pada esok harinya ? Pastilah secara umum, Anda pernah mengalaminya.

Sebuah studi telah menyimpulkan bahwa untuk mengoptimalkan daya ingat, Anda dapat melakukannya dengan tidur yang nyenyak. Aktivitas tidur, selain bertujuan untuk memulihkan kondisi badan yang lelah karena aktivitas seharian, juga mangoptimalkan daya ingat seseorang, terutama tidur nyenak pada malam hari.

Sebagaimana diuraikan Jeanne Duffy, salah seorang peneliti dari Brigham and Women's Hospital, study ini dilakukan dengan melibatkan 14 orang relawan. caranya, kepada masing-masing relawan diberikan 20 foto orang beserta nama orang yang terdapat dalam foto. Selanjutnya dalam waktu 12 jam kemudian, para relawan ditunjukkan kembali foto-foto tersebut kembali secara acak dan diminta untuk mencocokkannya .

Dari hasil penelitian tersebut, disimpulkan bahwa pada saat para relawan diberikan waktu lebih banyak untuk istirahat yang cukup, maka ia akan memiliki kemampuan untuk mencocokkan foto lebih baik, jika dibandingkan ketika para relawan.

Lebih lanjut para peneliti, sebagaimana telah dipublikasikan dalam jurnal Neurobiology of Learning and Memory, para peneliti menganjurkan orang untuk tidur malam yang cukup, jika menginginkan daya ingatnya meningkat secara optimal. Secara spesifik, Kemampuan otak akan meningkat terutama dalam hal menyimpan berbagai informasi baru yang kita terima.

Dalam keterangan pamungkasnya, Jeanne menambahkan bahwa tidur yang cukup sangat penting untuk mempelajari informasi-informasi baru. Hal ini juga sekaligus menjelaskan bahwa semakin tua usia seseorang, biasanya semakin tinggi pula resiko gangguan tidurnya. Hal inilah yang kemudian membuat masalah memori menjadi berkembang.

No comments:

Post a Comment