Thursday 14 January 2016

Hasil Riset: Minuman Manis Menambah Lingkar Perut





Bayangkan di saat Anda merasa haus di tengah siang hari bolong. Pasti segelas minuman soda dengan es batu sangat menyegarkan kerongkongan Anda. Memang benar minuman manis dan bergula tinggi lebih nikmat dan menyegarkan dibandingkan air putih biasa. Namun tahukah Anda, terlalu sering mengonsumsi minuman manis akan menambah lingkar perut Anda ?


Bagaimana lingkar perut bertambah besar ?

Lingkar perut akan bertambah besar saat bertambahnya lemak perut (visceral fat) yang berada pada bagian tengah tubuh dan 'membungkus' organ internal seperti hati dan pankreas, serta mempunyai peran mempengaruhi fungsi hormon seperti insulin. Nah, gamgguan pada insulin ini, akan mempengaruhi bertambahnya resiko penyakit jantung dan penyakit diabetes tipe 2.

Penelitian yang dilakukan Caroline S. Fox dari Framingham Heart Study of The National Heart, Lung and Blood Institute telah berhasil menemukan korelasi antara konsumsi minuman manis dengan kondisi tubuh. Dari hasil penelitian tersebut, para peneliti menemukan bahwa rata-rata orang akan mengalami penambahan lemak perut bagi yang suka minuman manis atau berkadar gula tinggi. Akan tetapi penambahan lemak perut akan meningkat drastis pada mereka yang meminumnya setiap hari atau terlalu sering.

Penelitian ini menggunakan data dari 1,000 responden dewasa di Framingham Heart Study di Framingham, Massachusetts. Dalam penelitian tersebut, para responden dimintai keterangan  tentang frekuensi konsumsi minuman manis, termasuk minuman dalam kemasan ataupun minuman bersoda (berkarbonasi).

Penelitian tersebut dilakukan dengan cara meminta para responden menjalani pemeriksaan untuk mengukur jumlah dan volume jaringan lemak perutnya. Kemudian, sekitar eanm tahun kemudian, mereka diminta menjalani pemeriksaan lagi.

Maka setelah diadakan pemeriksaan kedua kalinya, rata-rata volume lemak visceral mereka meningkat sebesar 658 sentimeter kubik. Nah, bagi responden yang diketahui sering mengonsumsi minuman manis mempunyai jumlah peningkatan yang lebih tinggi, yaitu sebesar 852 sentimeter kubik. 

Diakui, bahwa secara kuantitatif, perbedaan penambahan lingkar perut mungkin sangat kecil. Akan tetapi ini sudah cukup untuk meningkatkan resiko metabolik pada tubuh. Sehingga Caroline menyarankan untuk keamanan kesehatan Anda, sebaiknya lebih banyak mengonsumsi air putih dan susu, demikian sebagaimana dikutip dari Reuters.











No comments:

Post a Comment